Tips Melakukan Traveling Sendirian

0
61
Alone Backpack Bag 346767
Alone Backpack Bag 346767

SPESIAL.NET – Tips Melakukan Traveling Sendirian. Melakukan perjalanan atau traveling tidak selalu harus dilakukan beramai-ramai. Ternyata melakukan traveling sendirian juga menyenangkan. Bahkan beberapa orang ada yang lebih suka melakukannya sendirian karena tidak harus mengikuti keinginan yang lain.

Bagi Anda yang ingin liburan tapi belum menemukan teman seperjalanan, tidak ada salahnya mencoba untuk traveling sendirian. Merasa takut dan cemas itu wajar, tapi percayalah bahwa ini akan menjadi pengalaman yang indah untuk dikenang.

Sebelum melakukan traveling sendirian, ada baiknya Anda merencanakan dengan matang detail perjalanan Anda. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika ingin melakukan traveling sendirian.

1. Lakukan riset mengenai tujuan wisata Anda

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat yang baru, lakukanlah riset terlebih dahulu mengenai tempat tersebut. Dewasa ini, melakukan riset sebuah daerah atau negara tertentu sangatlah mudah dengan bantuan internet. Lakukanlah riset untuk mencari harga tiket menuju ke tempat tujuan Anda, akomodasi, tarif dan jam operasional transportasi umum di sana, rute dan harga tiket masuk tempat wisata, dan sebagainya.

2. Buatlah anggaran dan detail perjalanan Anda

Setelah melakukan riset, buatlah anggaran dan detail perjalanan Anda. Tentukan berapa lama Anda akan menghabiskan waktu di tempat tersebut. Buatlah rencana yang detail dari mulai Anda bangun hingga kembali ke penginapan setiap harinya. Rencanakan juga sarana tranportasi apa yang akan Anda pilih selama perjalanan.

3. Pelajari percakapan dasar dalam bahasa lokal

Mempelajari kosakata dasar dalam bahasa lokal seperti “halo”, “terima kasih”, “maaf”, dan sebagainya sangatlah penting jika Anda ingin traveling sendirian. Jika Anda memiliki waktu luang, Anda bisa mempelajari juga beberapa percakapan dasar yang pasti akan sangat membantu. Anda bisa belajar bahasa lokal tersebut dari internet. Banyak situs yang menyediakan belajar bahasa secara gratis.

4. Buat beberapa salinan kartu identitas Anda

Membuat salinan kartu identitas Anda sangatlah penting jika Anda akan melakukan perjalanan sendirian. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila tas atau dompet Anda hilang. Buatlah salinan dari KTP, paspor, atau kartu identitas lainnya. Simpan salinan tersebut di beberapa tempat, seperti di dalam koper, tas tangan, saku jaket, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Berkenalan dengan Perfektur Putih di Jepang, Hokkaido

5. Jangan membawa terlalu banyak barang

Saat bepergian sendirian, Anda tentu harus membawa semua barang bawaan Anda sendiri. Supaya tidak repot, jangan membawa terlalu banyak barang. Bawalah barang-barang yang sangat penting saja. Seringkali kita tergoda untuk membawa banyak barang, padahal barang-barang tersebut tidak terlalu diperlukan. Pelajari juga cara berkemas seringan mungkin agar barang bawaan Anda bisa muat di dalam tas atau koper.

6. Jangan lengah

Rich berpendapat, mendengarkan musik lewat headhphone saat berada di dalam bus, ruang tunggu atau berjalan-jalan di sekitar kota hanya akan membuat Anda hanyut dalam dunia sendiri. Anda bisa menjadi sasaran empuk bagi para pencopet. “Sangat penting untuk tetap waspada dan tidak terganggu dari lingkungan sekitar. Anda juga harus menahan diri dari mengenakan headphone mahal yang berpotensi menarik perhatian yang salah,” ucap dia.

7. Manfaatkan teknologi

Pastikan ponsel Anda selalu aktif dan tidak terkunci. Juga, selalu beli kartu SIM baru setiap mengunjungi negara baru, atau periksa apakah penyedia layanan seluler Anda menawarkan paket data perjalanan internasional yang bagus. Memiliki paket data memungkinkan kita melakukan panggilan telepon atau bertatap muka dengan teman saat kembali ke hotel. Ini membuat perjalanan seorang diri yang dilakukan menjadi nyaman dan aman. Oh iya, jangan lupa untuk selalu membawa charger portabel atau power bank agar saat baterai ponsel menipis, Anda tak perlu bingung.

Nah itu dia beberapa tips untuk Anda yang akan melakukan perjalanan sendirian agar aman dan nyaman. Jangan lupa untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya di tempat tujuan untuk mengenang traveling sendirian Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here