10 Proyek DIY, Transformasi Kabinet Kayu Makin Bergaya

0
433
10 Proyek DIY, Transformasi Kabinet Kayu Makin Bergaya
10 Proyek DIY, Transformasi Kabinet Kayu Makin Bergaya

Lemari adalah salah satu furnitur yang digunakan untuk menyimpan berbagai keperluan dan mudah ditemukan di ruang rumah Anda, baik di dapur untuk menyimpan peralatan makan atau bahan makanan, di ruang tamu sebagai pajangan, di kamar tidur untuk menyimpan pakaian, di kamar mandi untuk meletakkan peralatan mandi, dan lain sebagainya. Sebagian besar, lemari tersebut terbuat dari kayu. Ketika menjadi usang, lemari tampak gelap dan mulai tidak menarik lagi. Maka, apakah Anda bisa melakukan sesuatu pada lemari kayu Anda tersebut?
Melakukan penyegaran pada lemari atau kabinet kayu adalah pekerjaan yang benar-benar dapat mengubah suasana dan memberikan efek yang bagus di ruangan Anda. Selain murah, Anda juga dapat melakukan proyek DIY untuk melakukan pengubahan itu dengan cara yang mudah. Jika Anda sedang mencari inpirasi berkaitan dengan kegiatan tersebut, berikut 10 proyek transformasi kabinet kayu DIY, yang patut Anda dicoba.

10. Segarkan Kabinet Lama

Kabinet Yang Lelah Dipakai Untuk Menyegarkan
Segarkan Kabinet Lama
Advertisement

Kabinet mini ini sebelumnya terlihat kecil dengan gaya kuno. Tetapi ketika telah dicat dan diperbaiki, kabinet itu menjadi makin apik dan dapat mencuri perhatian siapa pun yang melihatnya. Jika Anda memiliki lemari mini yang serupa dan ingin mengubahnya, pertama, potong semua sisipan pintu dan ampelas seluruh bagiannya. Lalu tambahkan pangkalan di bagian bawah kabinet untuk memasang kaki lemari. Anda dapat menggunakan model toppers tiang pagar seperti ini. Kemudian, pasang kenop baru pada lemari. Setelah itu, daripada menggunakan kaca di pintu baru, mengapa Anda tidak mencoba kawat ayam seperti ini? Setelah mengganti pintu, saatnya Anda mengecat kabinet kayu dengan warna yang lebih fresh.

9. Pertahankan Bagian Backsplash

Tahan Kabinet
Pertahankan Bagian Backsplash

Memberikan sentuhan baru di lemari dapur adalah salah satu hal paling transformatif yang dapat dilakukan untuk memperindah dapur Anda. Untuk menghemat waktu, Anda juga tidak perlu mengganti bagian backsplash. Jadi, fokuslah pada perbaruan kabinet dari segi warna. Misalnya, Anda bisa mengubah dan memperbarui dapur dengan warna yang lebih gelap untuk tampilan modern atau warna lebih terang untuk tampilan yang lebih alami dan indah. Dan jika Anda ingin mengubah tampilan kabinet dapur Anda tersebut, pertimbangkan hal-hal berikut dengan cermat.

  • Satu, perhatikan gaya kabinet. Mentransisikan kabinet ke gaya modern akan mudah disesuaikan dengan gaya shaker, tetapi tidak akan sesuai untuk gaya katedral atau melengkung karena tampilan tersebut sudah mencerminkan gaya tradisional.
  • Dua, pikirkan waktu dan energi yang Anda miliki sebelum Anda memutuskan untuk mengubah kabinet dapur menjadi lebih terang atau gelap. Mempertahankan kabinet warna yang lebih terang dari yang dibutuhkan saat ini tentu membutuhkan banyak pekerjaan, sedangkan mempertahankan warna yang lebih gelap justru lebih mudah.
  • Tiga, pilihlah warna yang kekinian, jika Anda ingin terlihat modis dan tidak ketinggalan zaman, seperti merah atau kuning.
  • Keempat, mengecat kabinet itu adalah pilihan yang tepat, jika Anda ingin menjual kembali kabinet, jika target pasar Anda adalah yang lebih muda dan modern.
BACA JUGA:  10 Hal Yang Tidak Bisa Anda Temukan Selain di Ciputra Waterpark Surabaya

8. Gaya Klasik ke Modern

Gaya Klasik Ke Modern Pada Lemari Di Kamar Mandi
Gaya Klasik Ke Modern Pada Lemari Kamar Mandi

Menghadirkan sisi menarik lain di kamar mandi adalah cara yang patut Anda terapkan. Sedangkan salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengubah lemari yang biasa Anda lihat di kamar mandi dengan gaya yang lebih modern. Anda juga tidak harus mengeluarkan uang lebih untuk membuat yang baru. Karena dengan hanya mengecat dan mengganti model pintu, tentu sudah cukup untuk membuat kesan ruangan berbeda dari sebelumnya.
Jika Anda ingin mendapatkan tampilan yang lebih modern di lemari yang biasa dilihat di kamar mandi, mulailah dengan melepas pintu dan semua perangkat keras yang terpasang di sana. Kemudian, bersihkan meja rias dan pintu dengan alkohol dan oleskan primer, lalu bersihkan dengan kain lembab. Kemudian, cat lapisan primer kedua, biarkan kering, dan bersihkan kembali untuk mendapatkan meja rias yang halus dan siap untuk dicat.
Selanjutnya, ubah gaya pintu menjadi gaya modern dengan menutupinya dengan papan kayu tebal. Caranya, ukur papan dan potong sesuai ukuran pintu. Setelah itu, ampelas papan dan paku papan kayu ke pintu tersebut. Kemudian, gunakan cat semprot untuk mendapatkan tampilan baru seperti yang Anda harapkan. Selanjutnya, tempatkan pintu, pasang perangkat keras pintu kembali, dan pasang pula kenop baru pintu lemari tersebut.

7. Mengganti Kabinet Dapur dengan Aksen Beadboard

Mengganti Kabinet Dapur Dengan Aksen Beadboard
Mengganti Kabinet Dapur dengan Aksen Beadboard

Mengganti kabinet adalah solusi tepat untuk peningkatan kabinet dapur Anda. Ide ini akan memberi tampilan baru. Cukup dengan mengganti pintu kabinet dan bagian depan laci, dan melapisi bagian luar kotak kabinet, dengan penerpan warna yang berbeda, maka dapur makin terlihat cantik dan menawan.
Seperti yang bisa Anda cermati pada gambar tersebut, pintu kabinet dengan gaya shaker putih dengan aksen beadboard dan pintu kabinet yang serba putih membuat dapur terlihat makin bersih dan berseri. Jika Anda tertarik untuk menerapkan ide ini di dapur Anda, silakan lepas semua peralatan di kabinet dapur, lalu mulailah mengecat atau mengaplikasikan warna baru di kabinet dapur. Setelah cat mengering, pasang pintu dan perangkat keras baru di sana. Akhirnya, dapur Anda juga makin terlihat segar dengan tampilan baru tersebut.

BACA JUGA:  Mudahnya Membuat Dekorasi Pintu Kamar Tidur DIY

6. Makeover Kabinet Dapur Makin Elegan

Makeover Kabinet Dapur Makin Elegan
Makeover Kabinet Dapur Makin Elegan

Lemari di dapur ini sebelumnya terlihat sudah tua. Karena dibangun pada tahun 80-an dan tidak pernah direnovasi, suasana di dalamnya juga terlihat suram. Jika Anda memiliki kasus yang sama, mari lakukan proyek makeover ini. Pertama, mari beri sentuhan warna baru dengan menerapkan warna abu-abu yang elegan. Kemudian, ubah gaya pintu kabinet dari panel terangkat menjadi pintu kabinet “pengocok”. Terakhir, gantilah meja kabinet dengan blok kayu cokelat seperti gambar.

5. Makeover Lemari Mini

Makeover Pada Kabinet Dapur
Makeover Lemari Mini

Untuk ide Anda hanya perlu kreatif dengan melukis dan menggambar peralatan dapur sederhana untuk menambah kesan imut tambahan di kabinet dapur lama Anda. Sebelum menerapkan ide tersebut, Anda perlu membersihkan kabinet dengan kain lembab untuk menghilangkan debu, karat atau kotoran yang menempel di sana, lalu ampelas seluruh kabinet dengan kertas ampelas. Kemudian, selotip pegangan dan bagian atas kayu dengan selotip pelukis untuk mencegah terkenanya noda cat seprot. Kedua, aplikasikan lapisan primer dan cat kabinet dengan cat angin lautan biru. Ketiga, untuk membuat garis-garis, atur selotip hingga membentuk suatu desain yang ingin Anda tampilkan di sana. Kemudian, semprotkan warna cat emas metalik di pintu lemari. Keempat, setelah kering, lepaskan seloptip, lalu tempelkan sisa area yang tersisa dengan gambar peralatan bewarna hitam. Langkah terakhir, letakkan lemari baru tersebut di salah satu sudut dapur Anda, lalu lihatlah kesan berbeda di dapur Anda tersebut!

4. Makeover Kabinet Kamar Mandi yang Murah

Ide Makeover Kabinet Di Kamar Mandi Dengan Murah
Ide Makeover Kabinet Kamar Mandi yang Murah

Ubah kesan kamar mandi Anda dengan proyek makeover kabinet dengan anggaran murah. Yang Anda butuhkan adalah cat kapur biru dan lilin gelap, kayu lapis untuk pelapis kabinet, dan kenop krom. Setelah bahan dan perlengkapan sudah siap, mulailah ampelas kabinet dan bersihkan meja rias, baik bagian dalam dan luar dengan air sabun. Kemudian, biarkan kering. Setelah kering, mulai cat kabinet dengan cat kapur warna biru. Setelah beberapa lapis cat kapur, gunakan satu mantel lilin gelap untuk warna antik yang akan memperindah tampilannya. Terakhir, pasang kenop kabinet chrome. Akhirnya, Anda pun akan memiliki hiasan baru yang makin membuat kamar mandi Anda makin menawan.

BACA JUGA:  Inspirasi Taman Cantik di Area Terbatas

3. Refacing Lemari Dapur dengan Veneer Kayu

Refacing Lemari Dapur Dengan Veneer Kayu
Refacing Lemari Dapur Dengan Veneer Kayu

Untuk proyek makeover kabinet dapur ini, Anda harus menutupi bingkai muka kabinet dengan veneer kayu self-sticking dan panel ujung dengan kayu lapis. Kemudian ganti pintu dan bagian depan laci lama dengan yang baru. Tentu Anda membutuhkan alat khusus untuk melakukan pekerjaan ini. Kemudian, gunakan slitter laminasi, untuk memotong strip veneer. Sedangkan untuk memberikan tekanan dan ikatan yang memadai, gunakan alat scraper veneer.
Langkah selanjutnya, inilah cara memperbaiki lemari. Mulailah dengan melepas pintu dan laci, lalu tutupi tepi depan kabinet dengan veneer kayu peel and stick. Kemudian, gantung pintu baru dengan engsel cangkir yang mudah disesuaikan dan mudah dipasang. Selanjutnya, pasang bagian depan laci baru ke laci tersebut. Setelah itu, selesaikan proyek ini dengan mengganti trim dan memasang perangkat keras baru di sana dengan hati-hati.

2. Perbarui Perangkat Keras

Perbarui Perangkat Keras
Perbarui Perangkat Keras

Tingkatkan kabinet dapur Anda hanya dengan mengecat dan memperbarui perangkat kerasnya. Anda tentu menyukai tampilan dua warna lemari putih di atas dan abu-abu di bawah. Apakah Anda juga tertarik membuatnya untuk kabinet dapur Anda? Langkah pertama, lepaskan pintu dan laci kabinet dari bingkai, lalu lepaskan perangkat keras. Lalu rekatkan kembali pintu dengan bingkai kabinet untuk membuat cat lebih sempurna. Selanjutnya, degloss kabinet untuk menghemat waktu karena Anda tidak perlu lagi mengampelas atau melepas kabinet. Oleskan mantel abu-abu, lalu, mantel putih. Saat kabinet kering, Anda bisa mulai mengaplikasikan top coat. Selanjutnya, pasang kembali pintu kabinet dengan baik dan benar. Terakhir, pasang tarikan dan kenop laci baru Anda di sana.

1. Lepaskan Pintu Lemari untuk Tampilan Baru

Lepaskan Pintu Lemari Untuk Tampilan Baru
Lepaskan Pintu Lemari untuk Tampilan Baru

Tips lain yang bagus untuk membuat tampilan baru di kabinet dapur Anda adalah dengan melepas beberapa pintu untuk mengekspos apa yang tersimpan di dalamnya. Dengan melakukan ini, Anda akan membuat tampilan istimewa tanpa pintu. Di sana Anda dapat memajang piring dan cangkir keramik mewah Anda di kabinet secara terbuka. Mudah, bukan?

Lemari kayu adalah furnitur sepanjang masa yang akan sesuai dengan desain interior ruangan mana pun, tetapi seiring waktu digunakan, kabinet kayu sering kali terlihat usang. Kondisi ini membuat ruangan Anda gelap dan suram. Maka, dengan menerapkan salah satu dari proyek makeover DIY ini Anda bisa mendapatkan tampilan baru dari kabinet yang lebih terlihat modern dan cerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here