7 Cara Mengatasi Flu Tanpa Meminum Obat

0
58
Brunette Sneezing In A Tissue
Brunette Sneezing In A Tissue

Spesial.net – Musim kemarau sedang beralih menuju musim penghujan, masa pancaroba seperti inilah membuat tubuh rentan sakit, salah satunya penyakit flu. Dan meminum obat adalah salah satu solusi. Tetapi, pada artikel ini penulis akan memberi alternatif mengatasi flu tanpa harus meminum obat. Berikut 7 cara mengatasi flu tanpa meminum obat.

  1. Jahe dan Kunyit
Manfaatjahemerahcom
manfaatjahemerah.com

Dilansir dari situs hellosehat, kombinasi jahe dan kunyit sangat cocok untuk mengatasi flu. Menurut seorang gizi asal Tiongkok, Neka Pasquale bahwa kunyit memiliki kandungan anti radang, anti mikroba dan anti oksidan, dan jahe memiliki senyawa gingerol yang diyakini memaksimalkan proses penyembuhan flu. Selain itu, rasa hangat dari jahe membantu melegakan tenggorokan dan meredakan mual.

Cara membuat ramuan jahe dan kunyit sangat mudah. Haluskan 3 ruas jahe dan 3 ruas kunyit yang telah dibersihkan menggunakan blender. Campurkan gula, setengah potong buah jeruk, dan cuka apel secukupnya untuk memberi rasa. Lalu tuangkan ke dalam gelas. Bila perlu tambahkan lada hitam secukupnya.

  1. Madu
Tribunewscom
tribunews.com

Sudah menjadi rahasia umum jika madu memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Madu sangat baik untuk mengatasi flu, selain menaikan sistem imun tapi juga memiliki gula alami yang mengatasi radang tenggorokan.

  1. Sup Ayam
Tribunnewscom
tribunnews.com

Mungkin anda bingung alasan sup ayam masuk ke dalam list ini. Tetapi, pada kenyataannya kandungan lemak dalam sup ayam cocok untuk mengatasi peradangan. Tentunya sup ayam yang dimaksud bukanlah sup ayam yang dimasak menggunakan bumbu instan, melainkan sup ayam yang air kaldunya didapat dari saripati ayam itu sendiri. Gunakan tambahan rempah seperti ketumbar dan lengkuas serta beberapa orang mengganti dengan jahe guna mendapatkan rasa hangat.

  1. Bawang Putih
BACA JUGA:  Inilah 5 Spot Skydiving Terbaik di Indonesia
Nakitaid
nakita.id

Berdasarkan penelitian, bawang putih memiliki kandungan senyawa minyak allicin yang ampuh mengatasi flu, dikarenakan memiliki antivirus yang mampu mencegah sakit dan juga mempercepat durasi sakit. Cara mengonsumsi dapat dimakan secara mentah atau meminum suplemen bawang putih.

  1. Vitamin C
Thirzaskincom
thirzaskin.com

Vitamin C memang berperan dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Karena pada dasarnya, kecepatan penyembuhan penyakit bergantung oleh kuat atau tidaknya sistem imun tubuh. Semakin kuat sistem imun tubuh semakin cepat juga proses penyembuhan, dalam konteks ini virus influenza.

Vitamin C dapat didapatkan dari pil vitamin, tetapi penulis menyarankan mengonsumsi vitamin C alami, seperti buah-buahan jeruk, stroberi, tomat dsb. Jika anda tidak menyukai atau sulit menelan buah bulat-bulat, maka anda dapat membuat jus buah-buah tanpa es, dan anda dapat menambahkan madu untuk menambahkan rasa manis alami.

  1. Teh Hijau
Idntimescom
idntimes.com

Teh hijau mengandung antioksidan yang baik menangkal radikal bebas dan meningkatan sistem imun tubuh. Mengonsumsi teh hijau secara rutin baik untuk relaksasi, terutama menghirup aroma teh sambil melihat hujan dari dalam kamar. Tetapi, dikarenakan teh hijau mengandung kafein yang jika mengonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan sulit tidur.

  1. Tidur Cukup
Parentingcoid
parenting.co.id

Terakhir dan menjadi pamungkas, yaitu tidur yang cukup. Setelah melakukan tahap-tahap di atas, tidak lengkap jika anda kurang istirahat terutama tidur malam. Durasi tidur malam yang normal adalah 6-8 jam. Kekurangan tidur malam akan melemahkan sistem imun tubuh. Selain memerhatikan durasi tidur malam, anda juga perlu memerhatikan jam tidur. Jam terbaik untuk tidur adalah sebelum pukul 10 malam. Setelah itu lengkapi dengan tidur siang satu hingga dua jam untuk istirahat yang optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here