10 Ide Pintar Membangun Lanskap Halaman Belakang Impian

0
16
10 Ide Pintar Membangun Lanskap Halaman Belakang Impian
10 Ide Pintar Membangun Lanskap Halaman Belakang Impian

Menciptakan suasana yang indah di halaman belakang rumah Anda adalah cara cerdas untuk memanjakan diri di rumah. Itu adalah sesuatu yang bisa Anda nikmati setiap waktu. Anda bisa menghirup udara segar dan berjalan di area terbuka dengan lanskap pemandangan hijau yang akan membuat Anda betah di rumah. Untuk membuat halaman belakang impian Anda, terapkan ide yang akan membuat taman Anda makin cantik. Jika Anda sedang mencari inspirasi tersebut, berikut 10 ide cerdas cara membangun lanskap halaman belakang impian Anda.

10. Membuat Jalur Khusus

Membuat Jalur Khusus
Membuat Jalur Khusus

Memiliki halaman belakang yang kecil tidak boleh menjadi alasan bagi pemilik rumah untuk tidak memiliki pemandangan yang indah. Ada banyak ide cerdas yang dapat Anda terapkan untuk memperindah halaman belakang tersebut. Salah satunya adalah ide membuat jalur seperti ini.
Sebuah jalur memiliki kontribusi untuk membentuk halaman belakang menjadi tempat peristirahatan yang menyenangkan sambil berjalan menyusuri jalan setapak dan menikmati pemandangan yang ada. Daripada membuat jalur lurus, Anda bisa membuat jalan yang bercabang dua, yang bisa membuat halaman belakang kecil tampak luas.

9. Taman Vertikal dengan Rak

Taman Vertikal Dengan Rak
Taman Vertikal Dengan Rak

Taman vertikal tampaknya menjadi cara yang efektif untuk menghiasi ruang terbatas di taman Anda. Ide ini akan memaksimalkan area sempit dengan membangun beberapa rak yang disusun dengan menarik. Gagasan taman vertikal lainnya yang dapat Anda contoh adalah tanaman gantung dalam beberapa pot, menggantung keranjang atau memasang pekebun di dinding. Maka, trik ini tidak hanya memberi Anda lebih banyak ruang untuk menanam berbagai tanaman dan sayuran, tapi juga akan meningkatkan tampilan taman Anda.

8. Area Istirahat dan Bersantai

Istirahat Dan Santai
Area Istirahat dan Bersantai

Ketika Anda merasa ingin bersembunyi untuk sementara waktu, halaman belakang bisa menjadi tempat yang sempurna. Di sana Anda dapat meletakkan kursi dan meja sambil minum kopi. Ditambah dengan pagar tinggi dan pohon-pohon besar, Anda pun akan memiliki halaman belakang dengan privasi yang lebih hebat. Untuk memaksimalkan halaman tersebut, letakkan beberapa tanaman atau bunga di salah satu sudut halaman belakang itu. Disamping itu, ide membuat pintu di sana juga akan memberi akses mudah bagi Anda ketika akan meninggalkan halaman belakang, tanpa harus melewati pintu depan.

BACA JUGA:  10 Tempat Kuliner Terbaik Yang Ada di G Walk Citraland Surabaya

7. Jalan Setapak dari Batu

Jalan Setapak Dari Batu
Jalan Setapak Dari Batu

Batu adalah elemen alami yang bisa digunakan sebagai jalan setapak yang bagus. Dengan begitu, Anda dapat memiliki jalur batu yang indah dan menghadirkan suasana bersahaja di halaman belakang.
Tidak ada aturan tentang cara membuat jalur dengan batu. Maka siapkan batu pipih dan bangun sendiri untuk memperindah halaman Anda. Jangan lupa menyertakan tanaman dan bunga untuk membuat kombinasi jalan setapak yang Anda buat makin terlihat keren.

6. Memasang Dek

Memasang Dek
Memasang Dek

Menghiasi halaman belakang tentu membutuhkan beberapa ide yang cermat agar dapat menciptakan tempat ideal yang Anda impikan. Seperti di gambar ini, dek dapat meningkatkan tampilan kebun dengan menarik, jika tata letaknya di atur dengan pola yang rapi dan tidak asal-asalan. Selain itu, tanaman dan dekorasi di dalamnya juga terlihat memiliki pencahayaan yang baik sehingga membuat pemandangan indah kalau dilihat dari atas. Ada juga beberapa tempat duduk beton di mana Anda dapat bersantai menikmati malam bersama keluarga dan kerabat Anda dengan lebih dekat.

5. Bangun Area yang Ramah dengan Batu

Bangun Area Yang Ramah Dengan Batu
Bangun Area yang Ramah dengan Batu

Ini adalah contoh lain untuk mempercantik halaman belakang dengan batu. Lihatlah betapa mengesankan lanskap ini! Hampir seluruh tempatnya dibangun dengan batu-batu yang menciptakan tampilan estetis, seperti daerah pegunungan. Sedangkan bunga yang tertata rapi juga menjadi pasangan yang serasi dengan batu-batu tersebut. Adanya bangku atau sofa di dekat lubang api juga menjadi pelengkap yang sempurna saat sang tuan rumah sedang menghabiskan waktu di sana. Apakah Anda tertarik ingin membuatnya? Dengan melihat gambarnya saja, Anda bisa membayangkan bagaimana cara menerapkan ide ini hingga menjadi halaman yang sangat menarik.

BACA JUGA:  Wisata Vintage Melihat Gereja Kepanjen Peninggalan Belanda

4. Tambahkan Bonsai

Tambahkan Bonsai
Tambahkan Bonsai

Tumbuhan dan pohon adalah elemen penting yang tidak dapat dipisahkan ketika berbicara tentang upaya menciptakan lanskap di ruangan apa pun. Karena memiliki banyak manfaat, Anda dapat menanam bonsai di area outdoor sebagai alternatif tanaman yang lain.
Tanaman bonsai memang terlihat lebih kecil daripada tanaman pada umumnya. Tapi karena bisa hidup selama puluhan tahun atau bahkan ratusan tahun, tidak heran jika banyak orang sangat tertarik untuk memiliki tanaman ini. Selain memiliki nilai seni yang tinggi, tanaman ini juga dinilai lebih mahal dibandingkan tanaman biasa. Dan jiika Anda bisa membuatnya untuk mempercantik halaman belakang, mengapa tidak menamannya sebagai tambahan penghasilan juga?

3. Manfaatkan Sisi Miring

Manfaatkan Sisi Miring
Manfaatkan Sisi Miring

Ada beberapa kelemahan yang bisa menjadi tantangan bagi setiap pemilik rumah dengan area halaman belakang yang miring, tetapi ada juga keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan model halaman seperti itu dengan menerapkan ide ini. Untuk memanfaatkan area lereng tersebut, Anda dapat mengisinya dengan tanah dan kerikil atau batu. Kemudian hiasi dengan tanaman dan semak-semak untuk membuat taman kecil yang menarik. Pagar atau geladak juga dapat diterapkan untuk membagi dua area yang berbeda. Hasilnya, halaman curam telah berubah menjadi bukit bertingkat yang indah dan terlihat cukup menyenangkan.

2. Buat Naungan

Buat Naungan
Buat Naungan

Memiliki halaman yang langsung terpapar sinar matahari ibarat memakan buah simalakama. Areanya yang menerima banyak sinar matahari akan baik untuk pertumbuhan tanaman, tapi di lain sisi Anda juga akan merasakan panasnya sang raja siang. Jika Anda juga memiliki masalah seperti itu, memasang pagar dan pepohonan adalah langkah cerdas untuk mengatasi masalah tersebut. Anda juga dapat menambahkan fitur lain seperti payung besar tempat Anda berteduh dari sinar matahari. Beberapa jalan setapak dari batu juga dapat dipasang di sana, termasuk panel kisi kayu, dan fitur air yang akan melengkapi halaman belakang terasa lebih sejuk.

BACA JUGA:  Harga Tiket Waterboom Raksasa Caribbean Island Water Park dan Keunikannya

1. Miliki Ruang Terbuka

Memiliki Ruang Kosong
Memiliki Ruang Terbuka

Meninggalkan ruang kosong di halaman belakang adalah keputusan cerdas dalam menciptakan area halaman belakang tempat anak-anak Anda bisa bermain bebas. Anak-anak Anda dapat melakukan kegiatannya di sana tanpa khawatir mengenai atau menabrak tanaman dan benda-benda di sekitar, karena Anda sudah mengamankannya ke dekat pagar. Beberapa area kecil juga diberi kerikil dan batu untuk memisahkan area hijau lebih kontras. Ada juga kursi ayun tempat untuk menyempurnakan area bermain anak-anak Anda di area tersebut.

Dekorasi halaman belakang yang indah dapat dicampur dan dicocokkan untuk memenuhi preferensi Anda. Dan dari 10 ide cerdas di atas, Anda juga telah mendapatkan inspirasi untuk membangun lanskap halaman belakang dengan lebih menarik. Jadi, akankah Anda hanya akan berpangku tangan tanpa melakukan sesuatu yang indah di halaman belakang rumah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here