10 Proyek DIY Khusus Area Kamar Mandi

0
14
10 Proyek DIY Khusus Area Kamar Mandi
10 Proyek DIY Khusus Area Kamar Mandi

Kamar mandi adalah tempat Anda menyegarkan diri. Sayangnya, banyak pemilik rumah yang mengabaikan dan memutuskan untuk tidak menghias apa pun tempat tersebut. Sebenarnya, kamar mandi juga makin menarik dan dapat menyenangkan pandangan saat Anda berada di sana, meski hanya beberapa menit saja. Oleh karenanya, jika Anda penggemar berat dari gaya pedesaan yang biasa diterapkan di rumah, inilah 10 proyek furnitur pedesaan DIY untuk kamar mandi Anda. Berikut ulasannya untuk Anda.

10. Ubah Bingkai Tempat Tidur menjadi Rak Serbaguna

Ubah Bingkai Tempat Tidur Menjadi Rak Serbaguna
Ubah Bingkai Tempat Tidur Menjadi Rak Serbaguna

Memasang rak di atas bak mandi tentu sangat efektif karena Anda akan membutuhkan tempat tersebut untuk menampung kebutuhan mandi dan handuk yang mudah dijangkau. Sebenarnya, Anda bisa menemukan banyak tutorial tentang cara membuat rak yang terpasang di dinding. Tapi, ide DIY berikut akan sangat mudah dilakukan, sehingga Anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah.
Untuk membuat rak ini, Anda perlu mendapatkan bingkai tempat tidur lama dari gudang Anda atau membelinya di pasar loak terdekat. Kemudian, tambahkan papan yang didukung oleh braket kayu sebagai rak untuk menampung sabun, sampo, dan bahkan tanaman hias untuk memperindah kamar mandi Anda. Selanjutnya, bor lubang di kedua kurung sehingga Anda bisa menggeser dowel bundar satu inci di sana. Kemudian, cat semua permukaan dengan warna putih. Selanjutnya Anda juga bisa mengampelas sedikit permukaan rak untuk menciptakan tampilan yang using untuk menciptakan gaya pedesaan dengan lebih baik.

9. Rak Kamar Mandi dari Palet Kayu

Rak Kamar Mandi Dari Palet Kayu
Rak Kamar Mandi Dari Palet Kayu

Jika Anda memiliki kamar mandi mungil, perabot yang berfungsi ganda akan menjadi pilihan terbaik bagi Anda, seperti halnya rak ini. Rak ini terbuat dari palet kayu tua, yang terkenal karena fleksibilitasnya ketika datang ke ide dekorasi rumah. Ini menyediakan ruang penyimpanan yang cukup tepat dipasang di atas bak mandi, sehingga Anda dapat menggantung pekebun, handuk, atau bahkan beberapa perlengkapan mandi di sana.
Hal baik lainnya dari ide ini adalah Anda juga bisa menjadikannya sebagai pembatas yang memisahkan bak mandi dari lemari. Karena palet kayu memiliki beberapa bilah yang membentuk kantong di sisi lain, Anda dapat menyimpan kertas toilet dan majalah di dalamnya. Jadi yang perlu Anda lakukan untuk membuatnya adalah menyiapkan palet kayu, mengampelasnya untuk menghilangkan serpihan, dan memasangnya di bak mandi.

BACA JUGA:  10 Cara Membuat Bangku Penyimpanan Sepatu yang Praktis

8. Bak Mandi dengan Nampan

Bak Mandi Nampan
Bak Mandi Nampan

Ide berikutnya adalah menciptakan area sederhana yang akan membuat Anda betah berlama-lama di bak mandi yang penuh busa, sambil menyelesaikan pekerjaan atau hanya sekadar minum teh. Jika Anda sedang tidak ada kegiatan di akhir pekan ini, pastikan Anda membuat nampan sederhana tersebut untuk meletakkan sabun, minuman, dan apa pun yang dapat mendukung kegiatan sederhana Anda di sana.
Untuk membuat baki ini sangat mudah. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memotong dua potong kayu selebar 1 inci dari papan 1″ x 6″ x 3”. Setelah itu, potong papan yang tersisa dengan lebar bak mandi Anda. Setelah itu, pasang strip 1”di bagian bawah papan. Pastikan pas di dalam bak tetapi menempel di dinding sehingga baki tidak akan bergeser. Selanjutnya, bor dua lubang di setiap tepi baki untuk memasang pegangan. Lalu, cat baki dengan warna natural. Setelah cat kering, masukkan tali ke lubang tadi dan ikat simpul di setiap ujungnya.

7. Rak Apung Sederhana

Rak Apung Sederhana
Rak Apung Sederhana

Adanya ruang penyimpanan yang cukup, sangat bermanfaat untuk setiap kamar kecil, termasuk di kamar mandi kecil. Untuk itu, ada baiknya Anda membuat rak mengambang DIY ini, tanpa mengorbankan ruang yang berharga lainnya di kamar mandi Anda.
Untuk membuat rak ini, Anda hanya perlu mendapatkan dua papan dan memotongnya sesuai ukuran yang Anda harapkan. Lalu ampelas permukaan papan, kemudian oles papan dengan menggunakan dua lapis poliuretan. Selanjutnya, gantung rak dengan mengencangkannya ke braket-L yang telah disekrup ke dinding.

6. Tangga Pemegang Handuk

Tangga Pemegang Handuk
Tangga Pemegang Handuk

Memanfaatkan ulang benda yang tidak digunakan, seperti tangga yang Anda dapatkan dari ruang penyimpanan, bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi limbah sembari merapikan kamar mandi Anda dengan murah. Anda bisa mengampelas tangga kayu tua dari atas ke bawah, lalu mengecatnya dengan seksama. Namun, jika Anda tidak memilikinya, tapi sangat menginginkan tempat handuk ini, Anda dapat membuat tangga dari awal. Mungkin butuh lebih banyak waktu, tetapi percayalah bahwa ini sangat mudah dibuat.
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan papan dowel 2-6” dan 1-6”. Potong batang dowel menjadi 4 bagian untuk membuat anak tangga. Kemudian, borlah satu putaran dangkal di papan menggunakan ¾” paddle bit di setiap anak tangga. Lalu masukkan setiap batang pena ke putaran dangkal dan kencangkan dengan sekrup panjang. Setelah batang telah terpasang ke papan, dapatkan papan lain dan sekrupkan ke sisi lain batang. Dan untuk hasil akhir, cat tangga dengan warna kenari gelap dan lapisan lilin yang dapat menempel dengan sempurna.

BACA JUGA:  Kopi Lokal Rasa Internasional di Kafe Tanamera Coffee Surabaya

5. Lemari dengan Fungsi Ganda

Lemari Dengan Fungsi Ganda
Lemari Dengan Fungsi Ganda

Memiliki kamar mandi yang luas adalah berkah. Ini memungkinkan Anda untuk memasukkan furnitur apa pun yang Anda suka, termasuk lemari dengan fungsi ganda ini. Furnitur ini dapat menyimpan segala perlengkapan mandi Anda sekaligus menyediakan meja yang lebih luas untuk meletakkan kebutuhan perawatan yang digunakan secara teratur. Untuk membuat lemari tersebut, Anda perlu menyiapkan papan kayu dengan ukuran:
• 1 x 4 panjang 4 x 8 kaki
• 1 x 3 panjang 8 x 8 kaki
• 2 x 4 sheet plywood 3⁄4”
• 2 x 4 lembar kayu lapis 1⁄4”
Kemudian, potong papan menjadi 1 bingkai muka tengah, 4 kusen pintu, 4 sisi kusen pintu, 8 panel pintu, 4 bingkai depan / belakang, 8 kaki, 4 bingkai samping, dan 8 panel samping.
Pertama, pasang kaki dengan menempelkan dua potong kaki hingga membentuk 90 derajat. Kemudian, rakit sisi rakitan dan bingkai wajah. Setelah itu, rakit bangkai kesombongan dan kusen pintu. Sekarang, saatnya untuk memasang panel pintu ke kusen pintu. Pasang perangkat keras pintu, dan pasang panel samping ke bangkai. Selanjutnya, pasang bagian bawah kayu lapis setelah dipotong sesuai ukuran. Kemudian, potong panel belakang dan pasang ke meja rias. Terakhir, terapkan penyelesaian yang Anda inginkan.

4. Bingkai Cermin ala Pedesaan

Bingkai Cermin Ala Pedesaan
Bingkai Cermin Ala Pedesaan

Bingkai cermin dapat mengubah gaya kamar mandi Anda. Cermin tanpa bingkai akan menawarkan nuansa modern, sementara cermin dengan bingkai kayu akan membawa pesona pedesaan ke dalam ruang. Jika Anda akan membuatnya, siapkan papan lama ½”. Lalu belah menjadi empat potongan dengan ukuran 3 ½”sebagai wajah cermin. Selanjutnya, potong empat papan lainnya menjadi 2½”untuk membuat spacer di belakang bingkai. Selanjutnya siapkan papan dengan ukuran 1¼”untuk membuat tepi luarnya. Selain itu, Anda juga membutuhkan beberapa titik gletser untuk memasang cermin ke bingkai dengan mudah. Kemudian tekan cermin ke bingkai menggunakan pisau dempul. Dengan begitu, cermin akan terpasang dengan aman.

BACA JUGA:  Berkenalan dengan Perfektur Putih di Jepang, Hokkaido

3. Stoples Mason Jar

Stoples Mason Jar
Stoples Mason Jar

Apakah Anda ingin segala peralatan perawatan yang biasa digunakan setiap hari tetap berada dalam jangkauan Anda? Jika iya, Anda bisa membuat stoples ini yang akan membuat peralatan tersebut rapi, terjaga, dan mudah Anda temukan. Caranya cukup simpel. Silakan sediakan stoples transparan dan sesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan Anda. Lalu pasang pada papan kayu bekas yang sudah Anda bersihkan sebelumnya. Setelah itu, pasang papan di dinding ruang perawatan Anda.

2. Pengait di Kamar Mandi

Pengait Di Kamar Mandi
Pengait Di Kamar Mandi

Jangan mengabaikan fungsi pengait di kamar mandi! Karena dengan pengait, Anda dapat menggantung handuk dan pakaian Anda di sana. Untuk membawa tampilan pedesaan ke dalam kamar mandi, Anda bisa mendapatkan papan lama dan memasang beberapa pengait di atasnya. Seperti pengait besi tempa yang akan menonjolkan gaya rumah pertanian di kamar mandi Anda dengan lebih baik.

1. Lemari Kamar Mandi dengan Cermin

Lemari Kamar Mandi Dengan Cermin
Lemari Kamar Mandi Dengan Cermin

Memiliki cermin ukuran penuh di kamar mandi adalah ide yang bagus karena dapat membantu Anda memeriksa kembali penampilan Anda sebelum meninggalkan kamar mandi. Untuk membuat kabinet ini, Anda bisa mulai dengan membuat pintu. Kemudian, Anda bisa membuat bingkai kabinet beserta rak-raknya. Lalu catlah semua permukaan dengan warna alam. Dan setelah cat kering, pasang cermin ke pintu.

Proyek-proyek furnitur pedesaan DIY yang telah Anda simak di atas, pasti telah memberikan ide yang cerdas untuk memperbaiki suasana di kamar mandi Anda. Selain sangat mudah dibuat, Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang yang lebih mahal untuk menyediakan perlengkapan yang diperlukan. Maka, tunggu apa lagi? Segera perbaiki furnitur di kamar mandi Anda dengan kreativitas yang Anda miliki!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here