Resep Cemilan Sehat dari Kedelai yang Lezat dan Nikmat

0
62
Nugget Kedelai
Nugget Kedelai

SPESIAL.NET – Buat anda yang suka ngemil, makan cemilan sehat bisa menjadi alternatif yang menyenangkan. Tanpa mengganggu kegemaran, aktivitas ngemil malah bisa membuat tubuh bertambah sehat. Mau tahu bagaimana resepnya?

Dibandingkan jenis makanan lainnya, kacang kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang kaya dengan nutrisi penting dan sumber protein maupun serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Kacang kedelai juga banyak mengandung vitamin dan mineral penting, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin K, zat besi, fosfor, mangan, folat, dan tembaga.

Yang menarik, kacang kedelai juga diketahui mengandung isoflavon, yaitu sejenis antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker. Kedelai juga rendah kadar indeks glikemiknya sehingga cukup aman dikonsumsi bagi yang mengidap diabetes. Kandungan serat dalam kacang kedelai juga bisa kenyang lebih lama sehingga baik untuk diet.

Cara Membuat Cemilan Sehat dari Kedelai

Kacang kedelai enak dimakan langsung. Namun kedelai juga cukup mudah untuk diolah menjadi aneka makanan ringan yang lezat, sehat, dan bergizi. Berikut ini beberapa resep cemilan sehat dari kacang kedelai yang mudah dibuat di rumah.

  1. Nugget Kedelai

Banyak orang yang menyukai nugget kedelai, termasuk anak-anak. Selain menjadi cemilan yang enak, makanan ringan ini juga bisa untuk lauk makan nasi. Penasaran? Yuk simak resepnya di bawah ini.

Nugget Kedelai
Nugget Kedelai

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nugget kacang kedelai meliputi:

  • kacang kedelai 1 cangkir
  • buah kering 1 cangkir (pilih sesuai selera)
  • madu ¼ cangkir
  • garam ¼ sdt
  • minyak goring 1 sdm

Sedangkan untuk cara membuat nugget kedelai adalah sebagai berikut:

  1. Terlebih dahulu kacang kedelai dipanggang sampai matang. Potong juga beberapa buah kering dalam bentuk kecil-kecil. Sisihkan.
  2. Panaskan wajan dengan minyak goring di atas api sedang dan tuangkan kacang kedelai bersama potongan buah kering dan masak hingga matang.
  3. Siapkan panci lainnya dan masukkan madu dan garam lalu diaduk sampai rata, lalu panaskan di atas api sedang sambil terus diaduk.
  4. Setelah campuran madu dan garam menjadi panas, masukkan adonan kacang kedelai dan buah yang sudah masak dengan cara sedikit demi sedikit. Aduk dengan rata hingga semua bahan terlapisi.
  5. Selanjutnya saat masih panas, pisahkan atau potong nugget sesuai selera. Dinginkan sebentar dan nugget kedelai siap disajikan.
BACA JUGA:  Kreasi Keripik Pisang Aneka Rasa yang Nikmat untuk Cemilan di Rumah

2. Es Krim Vanila Kedelai

Siapa sih yang tak mau es krim? Semua orang, dari anak-anak hingga orang tua sangat menyukai makanan dingin ini. Buat ibu yang ingin memberikan makanan ringan yang menyehatkan untuk anak-anak dan keluarga bisa mencoba resep es krim vanila kedelai yang mudah dibuat di rumah ini.

Es Krim Sehat
Es Krim Sehat

Bahan-bahan yang diperlukan terdiri dari :

  • kacang kedelai 1 cangkir
  • susu kedelai 2 cangkir
  • telur bagian kuningnya saja 4 butir
  • tepung maizena 1 sdt
  • ekstrak vanili 1 sdt
  • gula bubuk ½ cangkir

Sedangkan untuk cara membuat es krim vanila kedelai yang menyehatkan adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan mangkuk dan masukkan kacang kedelai, kuning telur, tepung maizena, gula lalu aduk sampai rata.
  2. Panaskan susu kedelai di atas api sedang hingga masak lalu tuangkan ke mangkuk adonan kedelai. Tambahkan pula ekstrak vanili ke dalamnya.
  3. Kemudian panaskan semua campuran tersebut sampai mengental.
  4. Setelah itu dinginkan dan masukkan ke dalam freezer kulkas selama 6 jam hingga mengeras menjadi es krim
  5. Saat disajikan, potong es krim ke dalam mangkok atau gelas dan tambahan toping seperti susu cair coklat atau yang lainnya sesuai selera.

Itulah resep cemilan sehat dari kedelai yang lezat dan mudah dibuat di rumah, semoga bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here