5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Anda

0
84
Adventure Athlete Athletic 235922
Adventure Athlete Athletic 235922

SPESIAL.NET – 5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Anda. Tidak terasa kini kita sudah berada di penghujung tahun. Kebanyakan orang akan membuat resolusi untuk menyambut tahun yang baru. Dan biasanya salah satu hal yang akan masuk ke dalam daftar resolusi adalah perihal kesehatan. Menurunkan berat badan, rajin minum air putih, dan rutin makan buah adalah beberapa hal yang biasanya masuk ke dalam daftar resolusi kita.

Namun, tidak sedikit yang akhirnya menyerah untuk mewujudkan resolusinya. Padahal, menjaga kesehatan tidaklah harus menunggu tahun baru datang. Kita harus menjaga kesehatan setiap hari, apalagi dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah seperti saat ini.

Menjaga kesehatan diri sendiri bisa dimulai dengan melakukan hal-hal yang sederhana. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memesan catering makanan diet atau mengikuti kelas olahraga khusus. Nah, berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan.

1. Banyak minum air putih

Ini adalah kebiasaan yang mulai harus Anda lakukan sedini mungkin. Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan apabila kebutuhan minum Anda tercukupi, diantaranya tubuh Anda akan terhidrasi dengan baik dan sistem pencernaan pun akan lancar. Selain itu, air putih mampu meningkatkan metabolisme tubuh serta mencegah tubuh terkena infeksi. Minum air putih 8 gelas per hari atau setara 2 liter. Anda bisa membawa tumbler saat sedang bepergian. Selain untuk mengurangi produksi sampah plastik, membawa tumbler juga akan memudahkan Anda untuk bisa minum kapanpun Anda merasa haus.

2. Rutin berolahraga

Banyak manfaat yang akan Anda dapatkan apabila rutin berolahraga. Selain membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, berolahraga juga bisa membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Lakukan olahraga ringan seperti jogging, sit up, dan push up setidaknya 3 kali dalam seminggu.

3. Menyikat gigi dengan baik

Tripti Meysman, pendiri Citytooth, sebuah praktik kedokteran gigi yang berbasis di Minneapolis, AS, mengatakan bahwa mulut yang sehat juga berdampak pada kesehatan paru. “Bila ada bakteri di mulut, bakteri akan terhirup ke dalam sistem pernapasan Anda,” ucapnya. Inilah yang meningkatkan peradangan di paru-paru dan trakea, serta meningkatkan kemungkinan tertular infeksi pernafasan seperti pneumonia.

BACA JUGA:  Kenali Gejala Kolesterol Tinggi Sejak Dini Sebelum Terlambat

Anda harus menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari, yaitu setelah makan dan sebelum tidur. Cara ini mampu hilangkan plak dan kotoran lain yang menempel pada gigi. Jangan lupa juga untuk rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi setidaknya 1 kali dalam 2 bulan.

4. Membaca buku lebih banyak

“Saat membaca buku, Anda memiliki lebih banyak keterlibatan kognitif dan efek tersebut akan terus mengalir,” papar Becca Levy, seorang profesor epidemiologi di Yale School of Public Health. Lewat membaca buku, seseorang cenderung bisa menghilangkan stres dan mengurangi jumlah hormon stres kortisol. Menurunnya kortisol juga turut menurunkan tekanan darah.

5. Gunakan kaos kaki agar bisa tidur lebih cepat

Daniel Amen seorang spesialis gangguan otak mengatakan bahwa mengenakan kaos kaki sebelum tidur akan mengatasi masalah insomnia. “Sepasang sarung tangan tipis juga bisa membantu. Periset telah menemukan bahwa tangan dan kaki yang hangat merupakan cara terbaik untuk tidur cepat,” tambahnya.

Menurut National Sleep Foundation, penghangatan kaki atau tangan menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang dapat menjadi sinyal bagi otak bahwa ini sudah saatnya tidur. Begitu pembuluh darah terbuka di tangan dan kaki Anda, redistribusi panas ke seluruh tubuh Anda akan disiapkan untuk tidur.

“Jika anda merasa panas saat mengenakan kaos kaki, cobalah untuk melepasnya tanpa membuka mata,” saran Dr Amen.

Ternyata banyak bukan cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan? Ayo lakukan sedini mungkin agar terhindar dari penyakit yang berbahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here