Bukan Hanya Bali, 5 Destinasi Wisata di Indonesia Ini Bisa Membuat Anda Terpukau

0
66
Beach Boats Dawn 758742
Beach Boats Dawn 758742

SPESIAL.NET – Bukan Hanya Bali, 5 Destinasi Wisata di Indonesia Ini Bisa Membuat Anda Terpukau. Jika Anda memikirkan tempat yang indah untuk berlibur, pilihan pertama Anda biasanya jatuh pada Bali. Bali memang memiliki pesonanya sendiri yang membuat Anda ingin mengunjunginya lagi. Pada bulan Maret 2018 saja, Bali mendapat dua penghargaan sebagai tanda jika keindahan alam dan destinasi wisatanya telah diakui dunia. Situs ulasan dan panduan wisata asal Amerika Serikat, TripAdvisor, membagikan daftar 25 negara yang masuk dalam “Travellers Choice 2018”. Hasilnya, Indonesia berada pada peringkat pertama dengan Bali sebagai destinasi wisata terbaik di dunia.

Namun, ternyata ada beberapa daerah di Indonesia yang keindahannya tidak kalah dengan Bali. Keindahan beberapa daerah ini juga bisa membuat Anda terpukau dan membuat liburan Anda tidak terlupakan. Berikut ini beberapa daerah di Indonesia yang cocok menjadi tujuan liburan Anda, selain Bali.

1. Belitung

Penikmat film Indonesia pasti tidak asing dengan Belitung. Belitung menjadi latar dalam film Indonesia yang berjudul Laskar Pelangi. Bagi yang sudah menonton film tersebut, Anda pasti terpukau melihat keindahan pantai di Belitung. Beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Belitung di antaranya Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, Danau Kaolin, juga Museum Kata Andrea Hirata. Selain itu, Belitung juga terkenal dengan rasa kopinya yang lezat. Setelah pulang mengunjungi pantai di Belitung, sempatkan untuk mampir ke kedai kopi Kong Djie dan cicipi rasa kopinya yang nikmat.

2. Labuan Bajo

Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur juga menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia yang tidak kalah dari Bali. Labuan Bajo seringkali dikunjungi untuk memancing, namun saat ini justru Labuan Bajo sangat diminati oleh para wisatawan karena keindahannya. Salah satu destinasi wisatanya adalah Air Terjun Cunca Wulang.

3. Raja Ampat

Bagian timur Indonesia memiliki caranya sendiri untuk memikat hati para wisatawan. Salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi adalah Raja Ampat di Papua Barat. Manjakanlah mata Anda dengan pemandangan gugusan pulau karang yang kecil dan ditumbuhi pepohonan di Kepulauan Wayag yang terletak di Desa Waigeo Barat. Berbicara mengenai biota laut, Anda pun dapat menyapa pari manta, hewan cantik yang senang bersolek. Sebagai sebuah tempat wisata Indonesia yang menghadirkan paket lengkap mulai dari pemandangan eksotis dan juga kuliner yang menarik, sebaiknya Anda tidak pulang sebelum menikmati makanan khas di sana yang dapat dibilang cukup ekstrem. Penduduk di Raja Ampat dapat menyajikan Anda hidangan dengan ulat sagu yang dibakar seperti sate atau bahkan mengajak Anda untuk ngemil insonem (cacing laut). Seru, bukan?

BACA JUGA:  Tips Melakukan Traveling Sendirian

4. Wakatobi

Wakatobi merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara dengan panorama alam yang begitu memukau. Wakatobi sendiri merupakan akronim dari nama-nama pulau besar yang ada di sana: Wanci, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Dengan keindahan kehidupan bawah lautnya, Wakatobi akrab dikenal sebagai oleh para penyelam kelas dunia. Saat berada di sana, sempatkanlah berkunjung ke Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi, spot taman laut yang mempunyai beragam spesies dari 25 gugusan terumbu karang yang tersebar di seluruh daerah Wakatobi. Meskipun pesona bawah lautnya yang terkenal, Anda pun akan disajikan dengan seni dan budaya yang kaya, misalnya berbagai tarian seperti tarian perang suku Buton. Tinggal di Desa suku Bajo, yakni perumahan di atas laut juga akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

5. Kepulauan Seribu

Jika Anda memiliki budget terbatas, namun tetap ingin menikmati udara segar dan menjauh sejenak dari hiruk pikuk ibukota, Anda bisa berlibur ke Kepulauan Seribu. Di Kepulauan Seribu, terdapat sebuah tempat wisata bertajuk Taman Nasional Kepulauan Seribu yang tidak hanya dijadikan sebagai zona konservasi, tapi juga tempat wisata. Selain itu, Kepulauan seribu juga memiliki banyak pulau cantik yang sangat cocok dijadikan destinasi liburan akhir pekan, beberapa di antaranya adalah Pulau Kahyangan, Pulau Pabelokan, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena air lautnya jernih dan berpasir putih, tempat ini merupakan spot yang sangat cocok untuk menyelam, snorkeling, dan aktivitas air yang lainnya. Untuk mencapai Kepulauan Seribu, Anda harus menyeberang menggunakan kapal yang disediakan di Pelabuhan Ancol selama 3 jam perjalanan.

Ternyata banyak ya destinasi wisata di Indonesia yang tidak kalah indah dari Bali. Sudah menentukan mau liburan akhir tahun kemana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here