3 Gunung di Indonesia dengan Spot Sunrise Terbaik Tahun 2018

0
66
Jarrahotelcom
Jarrahotelcom

Spesial.net – Melihat matahari terbit atau sunrise memang akan memberi semangat untuk memulai hari yang baru. Selain memberi semangat, sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan. Bahkan ada beberapa orang yang rela mencari spot sunrise, salah satunya pergi mendaki gunung demi mendapatkan momen terbaik. Seringkali anda melihat di social media seperti Instagram, beberapa postingan tentang momen berswafoto yang sangat indah saat sunrise. Maka dari itu, berikut adalah deretan gunung dengan spot sunrise terbaik versi spesial.net.

Gunung Kerinci

Bugatancom
Bugatan.com

Gunung Kerinci (gunung Kerintji) dikenal juga dengan nama lain, seperti gunung Gedang, Berapi Kurinci, Korinci dan Puncak Indrapura. Gunung yang merupakan tertinggi di pulau Sumatera ini berlokasi di provinsi Jambi memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Di tempat ini juga, anda dapat melihat tumbuhan asli Indonesia, bunga Raflesia Arnoldi. Selain bunga Rafflesia, terdapat juga deretan pohon cemara. Jika anda hendak mendaki ke gunung ini, sebaiknya berhati-hati dikarenakan terdapat beberapa hewan liar masih berkeliaran seperti gajah, badak, harimau, beruang madu dan bahkan macan tutul, dan lainnya.

Berikut juga beberapa tips mendaki gunung kerinci yang perlu anda perhatikan. Harus rela menaiki kendaraan umum dikarenakan perjalanan cukup panjang, menempuh sekitar 7-9 jam. Setelah tiba, sangat disarankan untuk beristirahat dahulu karena perjalanan sebelumnya cukup melelahkan ditambah jarak pendakian yang cukup jauh, maka dari itu lebih baik persiapkan fisik anda baik-baik terlebih dahulu.

Dikarenakan pendakian yang dipastikan akan menempuh waktu yang cukup panjang, persiapkan tenda untuk menginap. Berhati-hati saat mendaki harus diperhatikan. Pastikan anda sudah mengenal medan gunung dan tentunya cuaca saat pendakian. Anda lebih baik memilih saat cuaca relatif kering dibandingkan saat curah hujan sedang tinggi demi menghindari kemungkinan terburuk, seperti tergelincir. Dan jangan pergi mendaki sendirian.

Gunung Bromo

Bromo Sportoursimid
sportoursim.id

Gunung yang sudah populer di kalangan wisatawan domestik maupun luar negeri. Gunung berlokasi di Jawa Timur ini memiliki ketinggian 2.329 mdpl. Disini juga terdapat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Perlu diketahui bahwa nama Bromo diambil dari bahasa Sansekerta, Brahma, salah satu dewa utama di kepercayaan Hindu.

BACA JUGA:  Keakraban Korea Utara dan Korea Selatan Buah dari Korea Summit 2018

Sebelum anda mendaki gunung ini, anda perlu memerhatikan beberapa hal, seperti antisipasi terhadap suhu dingin. Suhu rata-rata di gunung berkisar 10o celcius, maka anda diharuskan menggunakan pakaian tebal. Utamakan menggunakan alas kaki seperti boot atau sepatu gunung dikarenakan medan gunung yang berbatu demi menghindari cedera atau alas kaki rusak. Jangan lupa untuk mempersiapkan fisik, istirahat dan makan yang cukup serta persiapkan tenda atau anda dapat menyewa tenda sejenis rainfly disini. Berbeda dengan gunung Kerinci, sudah terdapat banyak agen travel yang menawarkan fasilitas  travel menuju tempat ini sehingga mempermudah anda yang belum terbiasa mendaki.

Gunung Rinjani

Wisatadilombokcom
wisatadilombok.com

Salah satu gunung favorit untuk didaki di Indonesia. Gunung yang dijuluki memiliki pendakian gunung bintang lima ini berlokasi di Nusa Tenggara Barat. Terdapat beberapa alasan mengapa gunung Rinjani begitu populer karena memiliki spot yang sangat sangat cantik. Dihuni oleh flora dan fauna unik hasil perpaduan tipe Asia dan australia. Untuk melepas lelah, tidak ada ruginya untuk menikmati pemandian air panas alami disini. Belum lagi, anda dimanjakan dengan keindahan staklatit di goa Susu dan goa Payung Mas, tetapi pastikan anda tidak sembarangan menyentuh, melakukan vandalisme dan merusak staklatit yang ada disini demi menjaga keindahan dan kelestariannya. Kemudian, anda dapat menyegarkan pikiran dengan mendengarkan derasnya air terjun dan pemandangan hijau di gunung Rinjani ini.

=========

PENULIS                : Feila Tan

EDITOR                 : Nuri Ramadhan

SUMBER                : wikipedia.com, phinemo.com, pegipegi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here