Cara Membuat Kerupuk Udang yang Enak dan Renyah

0
422
Kerupuk Udang
Kerupuk Udang

SPESIAL.NET – Kerupuk udang merupakan cemilan paling popular yang sangat disukai semua orang. Selain enak dimakan sebagai pendamping nasi, cemilan ini juga enak dimakan langsung. Bahkan tak jarang makan kerupuk ini sambil nonton TV membuat orang tak sadar jika sudah menghabiskan beberapa toples.

Kerupuk udang merupakan jenis kerupuk yang paling mahal dibandingkan kerupuk lainnya. Hal ini tak lepas dari bahan baku yang tidak murah maupun proses pembuatannya yang tidak mudah. Bahkan ada jenis udang mahal yang digunakan untuk membuat kerupuk ini sehingga harganya lebih mahal lagi.

Tips Membuat Kerupuk Udang Mentah yang Kaya Rasa

Membuat kerupuk udang mentah sendiri di rumah tentunya merupakan kebanggaan, apalagi jika rasanya sangat disukai anak-anak dan keluarga. Selain menyenangkan, kerupuk buatan sendiri tentunya lebih higienis dan lebih sehat. Bahkan anda bisa menambah rasa sesuai selera yang lebih unik.

Kerupuk Udang
Kerupuk Udang

Penasaran ingin mencoba membuat sendiri resep kerupuk udang mentah di rumah? Namun sebelumnya sebaiknya perhatikan dulu beberapa tips agar kerupuk yang anda bikin berkualitas, renyah, dan memiliki rasa yang sangat terasa udangnya.

1. Pilih Bahan Yang Berkualitas

Bahan utama pembuatan kerupuk ini adalah udang. Untuk menghasilkan kerpuk yang berkualitas sebaiknya pilih udang segar yang ukurannya sedang saja. Selain mudah dibersihkan dan dikupas, udang seperti ini juga akan memberikan rasa yang lebih baik dan enak. Begitu juga untuk bahan tepungnya pilih jenis tepung tapioka yang kondisinya bagus dan kering serta tidak apek.

BACA JUGA:  Resep Puding Lezat Makanan Ringan yang Mudah Dibuat

2. Cara Mengadon

Dalam pengolahan adonan, pastikan agar adonan kerupuk benar-benar kalis dan tidak lengket. Buat agar adonan yang dibuat merata dengan sempurna agar hasilnya renyah dan tidak keras.

3. Cara Mengukus Adonan Harus Sempurna

Dalam mengukus adonan yang sudah diolah menjadi kalis pastikan agar benar-benar matang dan padat jika ditekan. Pengukusan biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama dan jangan terburu-buru.

4. Menggoreng Kerupuk

Tips penting agar kerupuk udang menjadi renyah sempurna adalah proses penggorenganyang perlu dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, goreng kerupuk dengan api kecil sampai setengah mekar lalu angkat dan tiriskan. Setelah itu kerupuk digoreng lagi dalam minyak panas sampai benar-benar mekar. Untuk hasil yang sempurna, jangan memasukkan banyak kerupuk dalam sekali goreng.

Cara Membuat Kerupuk Udang yang Baik

Setelah mengetahui bagiamna cara membuat keupuk udang yang baik, yuk langsung saja dsimak ulasannya di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi:

  • udang segar berukuran sedang 700 gram
  • tepung tapioka 500 gram
  • bawang putih yang dihaluskan 5 siung
  • telur 1 butir
  • garam 2 sdm
  • gula pasir 2 sdm
  • air 200 ml
  • minyak goring
  • daun pisang secukupnya

Sedangkan untuk cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Terlebih dahulu kulit udang dan buang bagian kepalanya. Cuci udang sampai bersih dan tiriskan.
  2. Setelah agak kering lalu udang digiling dengan blender hingga halus.
  3. Tuang gilingan udang ke wadah lain dan tambahkan tepung tapioka, bawang putih, garam, dan gula pasir. Lalu aduk sampai merata.
  4. Sambil terus diaduk tambahkan air sedikit demi sedikit
  5. Tambahkan telur dan uleni adonan dengan menggunakan tangan sampai menjadi kalis dan juga tidak lengket.
  6. Bentuk adonan menjadi gulungan memanjang lalu bungkus dengan daun pisang.
  7. Selanjutnya kukus sekitar 3 jam atau sampai matang. Setelah itu dinginkan.
  8. Iris adonan dengan ukuran tipis-tipis lalu dijemur langsung di bawah terik sinar matahari. Biasanya penjemuran dilakukan sekitar 1-2 hari sampai benar-benar kering dan menjadi kerupuk mentah.
  9. Simpan dalam bungkus plastik atau toples tertutup.
  10. Jika ingin menggoreng kerupuk udang, lakukan dengan api sedang hingga kerupuk mengembang. Tiriskan di atas kertas Koran agar minyaknya terserap.
  11. Masukkan toples yang rapat dan kerupuk udang siap disajikan.
BACA JUGA:  Dark Coklat dan Resep Cake yang Penuh Gizi

Itulah cara membuat kerupuk udang mentah yang enak dan renyah, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here