3 Spot Wisata di Danau Toba Yang Tidak Boleh Dilewatkan

0
1179
Danau Toba 1024x768
Danau Toba 1024x768

Spesial.net – Jika anda berencana memilih wisata sambil melihat jernihnya air, maka danau Toba tidak boleh luput pada pilihan anda. Danau yang terletak di provinsi Sumatera Utara ini merupakan danau yang terbentuk oleh proses vulkanik dan merupakan danau terbesar di Indonesia. Danau yang kini sudah berumur ribuan tahun ini memiliki banyak spot yang sayang banget kalau anda lewatkan. Maka berikut spot-spot wisata yang ada di danau toba ini.

 

Mengarungi danau ala Titanic ­kapal pesiar danau Toba

Sportourism.id
sportourism.id

Pernah bermimpi untuk mengarungi derasnya laut tetapi belum kesampaian hingga saat ini? Mungkin kapal pesiar danau Toba satu ini bisa menjadi alternatifnya. Kapal yang diresmikan pada tanggal 28 Desember 2017 ini berukuran panjang 21,5 meter dan lebar 7 meter. Berbeda dengan kapal pesiar pada umumnya, kapal ini berbahan dasar kayu.

Desain yang sangat mencerminkan nuansa budaya Sumatera Utara ini memiliki dua patung besar manusia di depannya dan memiliki warna khas merah dan memiliki atap seperti rumah adat Sumatera Utara. Untuk menikmati layanan kapal pesiar yang satu ini, anda cukup merogoh kocek sebesar sejuta rupiah saja untuk satu jam pertama, dan jika anda merasa waktu penyewaan terlalu singkat, anda bisa menambah lagi satu jam berikutnya lima ratus ribu rupiah, hingga jam ketiga dengan tarif yang sama dan untuk jam keempatnya bonus alias gratis. Jadi total biaya yang anda harus keluarkan untuk empat jam penyewaan cukup dua juta rupiah saja.

BACA JUGA:  Menu Veitnam Drip Coffee Ala Ijen Cafe Surabaya

 

Silaturahmi ke desa Tomok dan desa Tuktuk Siadong

Sangat tidak afdol jika anda tidak mengunjungi desa wisata sekitaran danau toba. Salah satu tujuan kunjungan ini selain berwisata, tetapi sambil mengenal budaya asli desa yang ada disini. Terdapat dua tujuan yang bisa anda kunjungi, yaitu desa Tomok dan desa Tuktuk Siadong.

Tomok Mondristawan.blogspot.com
Tomok Mondristawan.blogspot.com

Desa Tuktuk merupakan desa wisata yang berada di pintu gerbang pulau Samosir. Disini anda bisa mempelajari berbagai hal tentang budaya asli Batak Toba. Terdapat beberapa spot yang bisa anda kunjungi selama berada di desa ini, seperti patung Sigale-gale, yaitu patung besar berbentuk manusia yang dapat menari-nari. Kemudian, berziarah ke pemakaman raja-raja kuno Batak serta mengunjungi museum Batak. Di museum ini anda bisa menyewa pakaian adat suku Batak untuk berfoto. Dan tentunya anda bisa menyempatkan diri berbelanja di sekitaran desa ini.

Tuktuk Raunraunyuk.blogspot.com
Tuktuk Raunraunyuk.blogspot.com

Desa Tuktuk Siadong merupakan desa yang cocok untuk yang ingin menikmati danau secara langsung karena terletak tepat di pesisir danau Toba. Disini terdapat beberapa atraksi wisata seperti jetski, waterbikes ataupun berenang. Untuk anda yang ingin menginap, tidak perlu khawatir karena sudah banyak hotel menengah ke atas dibangun disini.

Menikmati alam dari atas di gunung Sibuatan

Travelingyuk.com
travelingyuk.com

Untuk anda yang memiliki hobi mendaki, tentunya gunung Sibuatan tidak boleh anda lewatkan. Gunung tertinggi di Sumatera Utara ini dikenal juga dengan hutan lumutnya. Bagi pendaki, hutan lumut merupakan pemandangan yang menarik. Disini juga terdapat flora, seperti kantung semar, pandan Bali dan beberapa jenis anggrek.

BACA JUGA:  Rekomendasi Hotel di Semarang dengan Budget Khusus Untuk Backpacker

Gunung Sibuatan memiliki dua puncak, yaitu puncak barat dan puncak timur. Di puncak tertinggi yang ada di puncak barat ini terdapat sebuah batu pilar hitam setinggi 1,5 meter, bernama “Makumba”.

 

Beberapa spot yang ditulis di atas hanya beberapa spot dari sekian banyak spot menarik lainnya yang ada di danau Toba. Dan berkunjung ke tempat wisata di danau Toba akan menjadi pengalaman tersendiri yang tak terlupakan.

 

 

PENULIS               : Feila Tan

EDITOR                 : Nuri Ramadhan

SUMBER              : indonesia.tripcanvas.co, wikipedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here