Surga Tersembunyi di Desa Nakanojo, Jepang

0
267
Expatguidejp
Expatguidejp

Spesial.net – Jika anda teringat dengan negara Jepang maka yang terbayangkan adalah kecanggihannya. Keadaan serba modern di Jepang serta gemerlap teknologi, masih menyisakan kondisi alam yang masih asri. Salah satu desa bernama Nakanojo ini mendapatkan predikat desa terindah di Jepang dikarenakan kondisi alam yang masih asri. Desa ini berlokasi di perfektur Gunma memiliki luas 439,28 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 17.030 orang per Februari 2015. Lokasi geografis desa ini berada di dataran tinggi, 400 meter di atas permukaan laut dengan dikelilingi pegunungan setinggi 1000 meter. Selain pemandangan yang begitu hijau, desa ini dialiri sungai Azuma.

Untuk mencapai daerah ini anda memiliki dua opsi, yaitu mengendarai mobil dan juga kereta api. Terdapat beberapa lokasi wisata di desa ini, seperti kolam air panas alami terluas, Shima Onsen di utara desa dan Shima Onsen yang memiliki nama lain “empat puluh ribu”, dimaksudkan air panas ini dapat menyembuhkan empat puluh ribu penyakit. Sedangkan kolam air panas lainnya adalah Sawatari Onsen.

Penduduk desa Nakanojo biasanya mengadakan tiga festival dalam satu tahun, yaitu Torioi Matsuri, Nakanojo Matsuri dan Ise Machi Matsuri. Tori-oi Matsuri adalah perayaan yang diramaikan dengan menabuh bedug besar untuk menakuti burung-burung pengganggu sawah atau juga sebagai pemancing keberuntungan dan biasanya diadakan di musim dingin. Kemudian, Nakanojo Matsuri, perayaan yang diadakan pada musim panas bulan Agustus dan Ise Machi Matsuri, perayaan yang biasanya diiringi oleh tarian Yagibushi. Secara garis besar, tarian ini berupa peserta mengenakan topi, kemudian menari dengan sangat energik hingga diakhiri oleh masing-masing peserta melemparkan topinya.

BACA JUGA:  10 Fakta Mengenai Taman Bungkul Sebagai Taman Terbaik di Asia Tahun 2013

 

Distrik Isama

Salah satu distrik atau area yang berada di desa Nakanojo ini dikelilingi pegunungan. Memiliki pemandangan desa yang indah, dan masih banyak pesawahan dan daerah-daerah hijau lainnya. Dikarenakan dikelilingi daerah pegunungan inilah, cuaca disini begitu sejuk. Jika anda menyempatkan berkunjung kesini, maka anda akan dimanjakan dengan suasana pedesaan Jepang yang asli. Masih banyak pula rumah-rumah dari kayu khas Jepang, bernama Rumah Tomizawa. Rumah ini atau dikenal sebagai pabrik tenun sutra Tomioka juga sempat dinobatkan sebagai warisan dunia tahun lalu. Dahulu rumah Tomizawa ini memang menjadi daerah peternakan di zaman Edo. Tetapi sekarang rumah tersebut sudah beralih fungsi menjadi Isama Studio Park dan sekolah Gotanda.

Kashiwayaorg
kashiwaya.org

 

Distrik Kuni

Distrik atau area lainnya di  sekitar desa Nakanojo ini yaitu Kuni, berada di ketinggian 600 – 2300 mdpl. Memiliki pemandangan desa yang luas, area ini terkenal dengan peternakan ulat sutranya. Area ini juga terkenal dengan danau Nozori dan pengairan berlumut Chatsubomi-nya.

Danau Nozori ini dihabitati oleh lebih 300 jenis tanaman jenis alpine, seperti Glaucidium, Dicentra, dan lainnya. Selain menikmati indahnya danau Nozori, anda dapat melanjutkan perjalanan dengan mendaki ke gunung Machizaken. Di gunung ini mengalir air dari sumber air panas. Karena sering dialiri oleh air dari sumber panas itulah, batu-batu lembab tersebut ditumbuhi lumut, namun begitu tertata indah dan dikenal sebagai lumut Chatsubomi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
kashiwaya.org

 

BACA JUGA:  Wisata Hiking di Gunung Takao Kota Tokyo

Kolam Air Panas Shiryaki

Meskipun disebut kolam air panas, sebenarnya kolam Shiryaki ini berupa pengairan seperti sungai yang mengalir air panas atau dapat dibilang pemandian air panas bebas atau gratis. Sensasi berendam disini lebih cenderung segar, mungkin karena langsung berhadapan dengan pegunungan. Tetapi disini anda tidak dapat menemukan ruang ganti pakaian, hanya tersedia satu kamar mandi di seberang jalan. Anda juga dapat mengadakan pesta barberque di pinggir sungai atau kolam sambil mendengarkan suara-suara alam dan juga untuk anda yang memiliki hewan peliharaan, anda dapat membawanya.

Wikimediaorg
wikimedia.org

 

PENULIS               : Feila Tan

EDITOR                 : Nuri Ramadhan

SUMBER              : wikipedia.com, voyapon.com, kashiwaya.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here