Aneka Keripik Jamur Yang Bergizi dan Bisa Untuk Bisnis Loh

0
423
Keripik Jamur
Keripik Jamur

SPESIAL.NET – Saat ini keripik jamur menjadi salah satu cemilan lezat yang mulai banyak dibuat dan dijual di berbagai toko dan supermarket. Bahkan dengan kemasan yang menarik, keripik unik ini juga banyak dijual sebagai oleh-oleh yang menarik. Apalagi hamper semuaa orang dari berbagai usia sangat menyukai cemilan ini.

Jamur merupakan jenis makanan yang harganya relatif murah namun penuh dengan kandungan gizi. Ada beberapa jenis jamur yang umumnya telah dikenal sebagai jamur konsumsi, diantaranya adalah jamur merang dan jamur tiram. Selain dibuat sayur, tumis, ataupun dibuat desert, jamur juga bisa dibuat menjadi aneka keripik yang renyah dan enak.

Keripik Jamur
Keripik Jamur
Advertisement

Pembuatan jamur menjadi keripik tampaknya belum banyak dilakukan. Keripik yang selama ini banyak dibuat dan dijual di berbagai warung diantaranya adalah keripik singkong dan aneka jenis makanan kaya karbohidrat, keripik kentang, maupun keripik pisang. Saat ini kita juga mengenal adanya keripik buah yang sering dijadikan makanan oleh-oleh khas daerah serta harganya yang relatif mahal.

Memilih Bahan Jamur

Begitu juga dengan beberapa jenis bahan makanan sayuran ataupun ikan yang juga mulai banyak dibuat menjadi aneka keripik. Diversifikasi makanan perlu terus dilakukan , terutama agar masyarakat tidak bosan dengan makanan yang ada. Apalagi untuk jenis-jenis makanan yang mengandung gizi tinggi, bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan, serta bahan baku yang melimpah dan murah.

BACA JUGA:  Ide Menu Buka Puasa Pedas dengan Resep Sambal Nikmat

Sebelum membuat keripik jamur, pilih jenis jamur yang akan dibuat, baik dari jenis jamur merang ataupun jamur tiram. Selain itu siapkan sejumlah bahan yang biasanya digunakan untuk membuat keripik, seperti bawang putih, ketumbar, garam, tepung, dan air bersih. Untuk banyaknya jamur yang akan dibuat keripik maupun ukuran bumbunya bisa Anda sesuaikan dengan selera maupun kebutuhan.

Langkah Pembuatan Keripik Jamur

Keripik jamur merupakan salah satu bentuk diversifikasi makanan bergizi yang sangat bermanfaat bagi yang mengkonsumsinya. Selain enak sebagai cemilan, keripik jamur juga cukup prospektif untuk dijadikan sebagai lahan bisnis makanan. Apalagi modal yag dibutuhkan untuk memproduksi cemilan ini tidak begitu besar dan cara membuatnya juga cukup mudah.

Untuk langkah pembuatan aneka keripik jamur adalah sebagai berikut :

  • Bersihkan jamur dan semua bahan yang akan digunakan.
  • Tumbuk dan haluskan semua bahan bumbu yang terdiri dari campuran bawang putih, ketumbar, dan garam, kemudian campur dengan air bersih.
  • Iris jamur menjadi potongan-potongan yang tipis, lalu campur dan rendam dalam bumbu yang telah dibuat selama kurang lebih 20 hingga 30 menit agar meresap.
  • Sambil menunggu, buat dan siapkan tepung dengan mencampurnya dengan air.
  • Jamur yang telah direndam dalam bumbu kemudian ditiriskan sambil ditekan agar tidak terlalu banyak mengandung air. Setelah itu masukkan dan lumuri dalam tepung hingga rata. Lapisan tepung sebaiknya jangan terlalu tebal agar rasa jamurnya dapat lebih terasa.
  • Lalu masak dan goreng hingga kering, namun sebaiknya dilakukan sedikit demi sedikit agar hasilnya lebih bagus. Setelah itu tiriskan. Untuk mempercepat penirisan, sebaiknya gunakan alas tempat meniriskan dengan kertas Koran yang mudah menyerap minyak hasil gorengan keripik jamur.
  • Bila telah cukup kering dan tidak terlalu panas, masukkan dalam stoples atau dibungkus dalam kemasan plastik bila ingin dijual. Aneka keripik jamur pun siap dikonsumsi ataupun dibisniskan.
BACA JUGA:  Kota Surabaya Memang Rajanya Nasi Sambal. Berikut Tempat Makan dan Resep Sego Sambal Surabaya.

Itulah tips dalam membuat aneka keripik jamur yang bergizi dan juga cukup prospektif untuk dijadikan sebagai sebuah bisnis, semoga bermanfaat dan menginspirasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here