banner large

Apa itu Ethereum?

X
Share

Ethereum adalah cryptocurrency dan platform blockchain dengan fungsi kontrak pintar. Ini menyediakan mesin virtual terdesentralisasi yang dapat mengeksekusi skrip untuk menerapkan aturan bisnis yang ditegakkan sendiri untuk aplikasi apa pun. Mesin Virtual Ethereum membuat Blockchain Ethereum 100% trustless.

Bagaimana cara saya berinvestasi ETH?

Kamu bisa membelinya dari seseorang yang memiliki ETH atau menggunakan mata uang fiat Kamu untuk membeli ETH dari bursa. Setelah Kamu memiliki ETH di akun Kamu, Kamu kemudian dapat menggunakan pertukaran seperti Coinbase atau Gemini yang memperdagangkan dolar AS dan Bitcoin untuk mengubahnya menjadi cryptocurrency lain seperti Litecoin, Monero, dll. Untuk terlibat dengan Ethereum dan membangunnya, Kamu perlu tahu “solidity”. Untuk memprogram dalam soliditas, Kamu perlu memahami dasar-dasar Ethereum Virtual Machine (EVM) yang berbasis tumpukan (mesin berbasis tumpukan).

banner 300x250

Misalnya, angka pada tumpukan memiliki tipe data ” int “. Sebuah “int” memiliki 4 byte atau 32 bit dan bit yang paling signifikan dicadangkan untuk bit tKamu. Kamu dapat mendorong int ke tumpukan karena mereka terbiasa melakukan operasi Aritmatika/Logika. Mesin Virtual Ethereum akan mengeluarkan satu nomor dari tumpukan, melakukan operasi, dan mendorongnya kembali ke tumpukan sesuai kebutuhan. Jadi setiap kali Kamu menekan nomor pada tumpukan, itu akan melakukan beberapa operasi pada nomor teratas.

Ethereum memiliki bahasa pemrograman built-in yang disebut Solidity, yang memungkinkan Kamu memprogram menggunakan fungsionalitas Ethereum Virtual Machine (EVM). Jadi untuk melakukan apapun dengan Ethereum, Kamu harus belajar EVM dan kemudian belajar Soliditas. Untuk memprogram apa pun dengan EVM, Kamu harus tahu apa itu “alamat”. “Alamat” adalah informasi akun pengguna Kamu – kunci publik dan kunci pribadi Kamu. Ini memungkinkan Kamu untuk mengirim transaksi melalui jaringan Ethereum dan setara dengan dompet. Operator Ethereum Virtual Machine (EVM) menggunakan teknologi yang disebut “kontrak pintar” di mana mereka menentukan syarat dan ketentuan yang menentukan apakah suatu tindakan dijalankan. Saat ini, banyak kontrak pintar sedang dibangun yang membentuk industri baru seperti NFT, asuransi, perdagangan saham, dan pemungutan suara yang aman.

Di atas adalah ikhtisar singkat tentang Ethereum daripada penjelasan teknis mendalam tentang cara kerjanya.

Potensi masa depan ETH?

Seperti semua cryptocurrency, nilai ETH sangat fluktuatif. Potensi masa depan untuk Ethereum bergantung pada apa yang dibangun di atasnya dan teknologi apa yang dapat dibangun dengan menggunakannya. Saat ini, ada banyak perhatian dalam penggunaan Ethereum sebagai mata uang kripto untuk pertukaran dan pengiriman pembayaran ke seluruh dunia. Ada juga penelitian signifikan yang dilakukan untuk mengoptimalkan Ethereum agar berjalan sangat efisien pada kecepatan tinggi sambil tetap menjaga keamanan yang diharapkan orang dari rantai tempat mereka berada.

Bagaimana cara ETH dengan DCA?

Jawaban: Jika Kamu mempertimbangkan untuk berinvestasi di Ethereum, Kamu harus melakukannya dengan waktu dan usaha Kamu. Jika Kamu melakukannya, hal yang paling bijaksana untuk dilakukan adalah menginvestasikan sejumlah kecil portofolio investasi Kamu ke ETH sekarang dan membuang sebagian besar, sehingga Kamu memiliki cukup uang untuk membeli lebih banyak ETH saat dirilis. Saat nilai ETH naik, demikian juga hadiahnya untuk dipegang. Untuk memastikan kerugian investasi ETH Kamu, Kamu perlu memasukkan rata-rata biaya dolar ke dalamnya. Kunci untuk berinvestasi dalam cryptocurrency adalah membelinya dengan harga rendah, lalu menunggu nilainya naik.

Jual ETH untuk uang tunai (USDT/USDC/BIDR)?

Itu tergantung pada rencana Kamu dan di mana Kamu ingin menggunakan ETH Kamu. Jika Kamu hanya mencari keuntungan cepat tanpa mendapatkan nilai riil dari koin, Kamu bisa menjualnya sekarang. Jika Kamu ingin menggunakannya dalam proyek masa depan dan menjadi bagian dari membangun sesuatu yang pada akhirnya dapat mengubah dunia, teruslah berpegang pada itu dan tunggu nilainya naik.

ETH vs BTC, Apa investasi terbaik?

Jawabannya akan tergantung pada perspektif dan strategi investasi Kamu. Kamu harus menyadari bahwa kedua koin dapat memiliki pergerakan harga yang sangat berbeda dalam jangka pendek. Jika Kamu mencari untung dari pergerakan harga jangka pendek dan tidak keberatan mengunci sejumlah kecil modal Kamu, Ethereum mungkin merupakan pilihan yang baik. Jika Kamu ingin membeli ETH saat murah, atau menjualnya saat mahal, jawaban ini bukan untuk Kamu.

Haruskah saya berinvestasi di Bitcoin?

Jawabannya juga akan tergantung pada rencana Kamu untuk berinvestasi dalam cryptocurrency. Jangan berinvestasi dengan uang yang Kamu tidak mampu kehilangannya dalam jangka pendek karena jika Kamu kehilangannya, semua yang Kamu investasikan akan hilang. Kamu harus selalu berinvestasi dalam cryptocurrency dengan uang yang Kamu mampu untuk kehilangan dalam jangka pendek tanpa takut dibiarkan memegang tas tanpa ada kesempatan untuk mendapatkannya kembali.

Apakah ETH lebih baik dari Bitcoin?

ETH jauh lebih baik daripada Bitcoin. Bitcoin setelah mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada tahun 2017 jarang terjadi akhir-akhir ini. Sebagian besar cryptocurrency dihargai kurang dari 1/5 nilainya pada Januari 2018. Ethereum, di sisi lain, adalah salah satu koin paling berharga dibandingkan dengan koin ATL baru lainnya yang tersedia di pasar crypto saat ini. Namun, sepertinya tidak stabil seperti USD lama yang bagus, tetapi sekali lagi ini adalah masa depan jadi siapa yang tahu seberapa stabilnya nanti.

Jika Kamu mencari koin yang luar biasa untuk investasi jangka panjang dan tidak keberatan mengunci sejumlah kecil modal Kamu hari ini untuk mencapai pengembalian besar besok, maka pasti ETH adalah apa yang Kamu cari.

banner 728x90

DCA (Dollar-Cost Averaging) is one of the simplest trading strategies: According to the data, 90% of traders will get better returns if they use DCA instead of manually investing their funds. DCA is a strategy that allows the investor to buy the same dollar amount of investment at regular intervals. The purchases occur regularly at specified timeframes, regardless of the asset’s price at that moment.