Biar Gak Bangkrut Investasi Kripto, Ikutin ini!

Saat ini perkembangan investasi sudah sangat luas, bahkan telah digandrungi para usia muda. Salah satu investasi yang berhasil menarik minat para usia muda untuk mencobanya adalah investasi pada aset kripto. Ini selaras dengan apa yang disampaikan Inventure-Alvara melalui risetnya yang menemukan bahwa kripto telah menjadi kesukaan konsumen khususnya di kalangan milenial dan Gen Z.

Bappebti pun telah mengeluarkan sebuah data di mana ternyata terdapat 9,5 juta pengguna dengan volume transaksi sebesar Rp478,5 triliu pada pertengahan tahun 2021. Hebatnya lagi, pada riset yang dicoba terhadap 770 responden, ditemukan sekitar 20 persen di antaranya berkeinginan memiliki aset kripto.

Jumlah ini menjadikan kripto bertebgker pada posisi empat sebagai instrumen investasi yang ingin dimiliki di tahun 2020 mengalahkan ORI, valas, tabungan, emas, properti, dan asuransi.

Tapi, sama seperti instrument investasi lainnya, investasi pada aset kripto pun memiliki perhitungan dan strategi tersendiri agar dapat menghasilkan profit lebih dan dapat meminimalisasi kemungkinan risiko.

Tips terjun di kripto agar tidak bangkrut:

Join Platform Tokocrypto via Spesial

Gabung Tokocrypto untuk mendapatkan Bitcoin pertama kamu. Jika kamu belum bisa mendapatkan dana, kamu bisa tetap mempelajari bagaimana cara kerja investasi Bitcoin, ETH, Dogecoin dan sebagainya dengan mendaftar di platform ini

Join platform Pionex

Walaupun belum sebesar Binance, Pionex adalah salah satu exchanger dengan nama besar di dunia perkriptoan. Dengan bergabung kedalam platform Pionex kamu bisa mempelajari dan menggunakan bot gratis yg melakukan pembelian dan penjualan sesuai setting yg kamu inginkan

1. Mengatur pola pikir

Pola piker adalah salah satu faktor terpenting dalam menjalankan sebuah investasi, investasi apa pun itu. Menjadi kaya secara instan merupakan hal yang cenderung tidak mungkin terjadi.

Yang patut diingat adalah dalam prakteknya anda akan menjumpai beberapa masalah dan kesulitan. Tidak akan selamanya untung, maka dari itu penting bagi kita memiliki pola piker yang baik agar dapat selalu menyusun strategi dalam situasi apa pun.

2. Pelajari Risiko dan Tetapkan Tujuan

Mempelajari risiko merupakan bagian dari cara menghindari risiko itu sendiri, serta tetapkan tujuan mengenai akan berujung pada investasi longterm atau trading. Mengatur dana anda adalah hal yang krusial dilakukan.

Berikutnya anda harus mempelajari produk apa saja yang terdapat pada kripto yang layak untuk anda jadikan ladang investasi agar kemudian dana tidak sembarangan anda alirkan.

Usahakan agar menetapkan tujuan sedari awal mungkin. Jika anda hanya inign melakukan trading, maka anda harus teliti menyusun strategi take profit dan cutloss. Namun jika tertarik pada investasi longterm anda diharuskan mampu melihat jauh ke depan mengenai aset kripto yang ingin anda miliki melalui beberapa faktor pendukung.

Diperlukan kejelasan mengenai tujuan kita. Apakah trading atau investasi longterm. Karena ada beberapa orang yang berniat trading, namun ketika harga naik tidak dilakukan take profit karena beralasan akan dijadikan longterm investment, namun saat harga turun mereka menyesal sendiri.

3. Pakai Uang Dingin

Hukum menggunakan uang dingin dalam investasi pada aset kripto adalah wajib. Kenapa? Kripto termasuk dalam investasi yang cukup menggiurkan tapi juga memiliki risiko.

Artinya, pergerakan harganya sangat volatile, jadi dapat melonjak dengan cepat dan dapat anjlok hanya dalam sekejap pula. Atau bahkan bisa rugi dikarenakan rugpull/scam (developer membawa kabur dana investor).

Jika dilihat dalam siklus 4 tahunan, Bitcoin mengalami crash pada tahun 2018. Lalu ada yang memprediksi bahwa pada tahun 2022, Bitcoin akan mengalami crash kembali.

Namun, terdapat pula beberapa pengamat yang justru memproyeksikan Bitcoin akan mencapai harga Rp 1 miliar per koinnya atau bahkan lebih dan mencetak ATH (all time high). Namun sesuai dnegan sifat sejatinya, tidak ada yang tahu pasti bagaimana nasib Bitcoin di kemudian hari.

Pastikan jika anda melakukan money management dengan cermat. Karena pada 3 bula pertama pada 2022 saja fluktuasi yang terjadi pada beberapa aset kripto popular cukup signifikan.

4. Lakukan Analisis Fundamental

Analisis fundamental kripto merupakan pendekatan yang dipakai oleh investor dalam menetapkan “nilai intrinsik” suatu aset.

Dengan mempertimbangkan beberapa faktor baik internal maupun eksternal, kita dapat mengambil kesimpulan apakah aset atau bisnis tersebut memiliki nilai yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Kemudian dihasilkanlah informasi yang dapat dijadikan acuan oleh para investor dalam mengambil keputusan.

Cara melihat aset kripto tidak dapat disamakan dengan cara melihat aset tradisional. Analisis fundamental pada saham dan kripto berbeda. Pada aset kripto, ada beberapa faktor yang dapat dijadikan analisis fundamental suatu aset kripto.

Kripto dari masa ke masa mengalami perubahan dan semakin canggih. Saat ini sudah banyak tersedia kripto yang di mana kita bisa melihat analisis fundamentalnya. Misalnya kripto yang mempunyai proyek game, metaverse dan yang lainnya.

5. Jangan Serakah dan FOMO

Maksudnya adalah jangan terlalu yakin pada suatu koin dikarenakan popularitasnya yang sedang baik sehingga membuat anda menanamkan semua dana anda pada suatu koin tersebut. Usahakan agar tetap membagi dana anda pada beberapa koin agar dapat meminimalisasi risiko jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Berikutnya, FOMO juga sesuatu yang harus anda hindari. FOMO akan berakibat fatal karena kita menanamkan dana tanpa perhitungan yang matang dan hanya ikut tren yang sedang terjadi di kalangan para investor.

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Just DCA your crypto investment

Related Posts

Langkah Mudah Sekaligus Tips Main Kripto untuk Pemula di Tahun Ini

Sebelum kita memulai investasi, investasi apa pun itu, sangat diwajibkan bagi kita untuk memahami terlebih dahulu bidang investasi apa yang akan kita tekuni termasuk investasi pada mata…

5 Pengalaman sukes investor Kripto

Aset kripto mulai membuming bersamaan dengan meningkatnya popularitas bitcoin. Kerennya, Elon Musk mulai menyediakan opsi pembelian Tesla menggunakan mata uang kripto tersebut. Lalu, apa sih sebetulnya yang…

7 Investasi Kripto Terbaik

Dengan ribuan kripto di pasar, mungkin sulit untuk membedakan antara proyek yang menjanjikan dengan potensi pertumbuhan jangka panjang serta pengambilan uang cepat. Dengan mempertimbangkan kapitalisasi pasar kripto,…

Ternyata investasi Kripto menguntungkan, ini 5 faktanya

Kripto diincar banyak investor karena profit yang menggiurkan. Lantas, apa sih sebenarnya Kripto? Semua orang di seluruh dunia sudah familiar dengan apa itu kripto. Ada yang menggunakan…

Cara Memulai investasi Kripto Untuk Pemula

Ada banyak jenis Kripto di pasar yang memiliki nilai fundamental yang berbeda. Investor harus menyadari bahwa mata uang kripto bisa sangat menarik dan menguntungkan hari ini tapi…