Cara Memulai investasi Kripto Untuk Pemula

Ada banyak jenis Kripto di pasar yang memiliki nilai fundamental yang berbeda. Investor harus menyadari bahwa mata uang kripto bisa sangat menarik dan menguntungkan hari ini tapi tiba-tiba saja bisa hilang kemudian hari, yang bisa membuat investasi sia-sia dan tidak menguntungkan. Itulah mengapa memiliki strategi sangat penting untuk berinvestasi dalam mata uang kripto agar anda mengetahui bagai mana sebaik mungkin mengelola risiko.
Investor kripto pemula mungkin mempertimbangkan beberapa elemen seperti misalnya biaya transaksi, jenis kripto yang tersedia di platform, sumber daya pendidikan yang tersedia, dan fitur lain yang mungkin sesuai dengan minat dan tujuan mereka.

Ada banyak transaksi pertukaran kripto yang bisa dipilih. TradeStation, Coinbase, eToro dan Gemini, adalah beberapa platform yang menawarkan kemudahan akses serta aman dalam melakukan transaksi Kripto.
Lalu sebenarnya gimana sih cara untuk mulai berinvestasi di Kripto?

1. Tentukan Exchange

Jika anda ingin berinvestasi dengan mata uang kripto anda akan melakukan aktivitas jual beli aset di “exchange”. Exchange berperan seperti halnya marketplace, yaitu tampat yang mempertemukan pembeli dan penjual sampai transfer aset kripto.

Penyimpanan bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), atau aset kripto lain ini dilakukan di ‘wallet’. Jika kita memiliki uang kertas, biasanya kita menyimpan uang tersebut di dompet, namun lain halnya dengan aset kripto, penyimpanan bitcoin atau aset kripto lain dilakukan secara digital. Dan exchange telah menyediakan wallet atau investor bisa punya wallet sendiri.

Transaksi aset kripto (koin) nantinya terjadi di antara sesama member exchange, maka dari itu harga jual koin antar exchange ini bisa berbeda – beda. Investor bisa memantaunya setiap saat di internet agar mengetahui dimana harga koin yang paling kompetitif.

Untuk pilihan exchanger, yg paling populer di Indonesia kamu bisa memilih “Tokocrypto“. Tokocrypto adalah perusahaan dalam naungan exchanger paling besar di dunia Binance dan kamu bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan tidak hanya dengan menyimpan aset kripto di dalam akun Tko kalian

2. Pilih Kripto yang Ingin Anda Investasikan

Bitcoin bukan satu-satunya mata uang digital di dunia ini. Pada nyatanya, ada sekitar lebih dari 7.500 kripto yang ada saat ini.
Berikut adalah beberapa contoh kripto yang paling banyak diperdagangkan hari ini:

  • Bitcoin (BTCUSD): Untuk saat ini, Bitcoin masih merajai pasar dan masih dapat diperjualbelikan.
  • Ethereum (ETH): Crypto paling populer kedua berdasarkan kapitalisasi pasar hasil dari inovasi yang terus menerus berkembang. memungkinkan pencatatan kontrak pintar ke blockchain.
  • Dogecoin (DOGE): Lucunya, Dogecoin dibuat dalam waktu kurang dari 2 jam — Banyak yang meragukan koin ini pada awalnya. Meskipun demikian, DOGE telah mencapai kapitalisasi pasar $85 miliar, saat ini banyak yang menyoroti DOGE dan menjadi bahan perbincangan di internet.
  • Binance Coin (BNB): BNB merupakan koin milik Binance, yang meraih transaksi jual beli koin terbesar di dunia (Binance.US adalah versi khusus AS). BNB menjadi populer karena acceptance yang luas dan kemampuannya untuk mengurangi biaya perdagangan Binance.

Mana kah yang harus Anda beli? Kripto sangat spekulatif dan mudah berubah sehingga memilih kripto yang tepat akan tergantung pada mana yang Anda yakini. Misalnya, apakah menurut Anda Ethereum lebih menjanjikan dan lebih mendunia daripada Bitcoin?

3. Tentukan Berapa Banyak Crypto yang Akan Dibeli

Mungkin 10%, tapi saya tetap tidak akan merekomendasikannya
Dari beberapa orang yang telah melakukan banyak uji coba pada investasi kripto, mereka akan berpikir mulai investasi dalam kisaran antara 0% dan 10% adalah kisaran yang aman. Walau pun mereka masih merekomendasikan 0%, tetapi jika Anda merasa yakin untuk mengambil lebih dari 0%, pastikan 10% adalah titik maksimal.
Pastikan semuanya aman dengan kata sandi peribadi di dalam Wallet
Wallet adalah software yang dapat digunakan untuk menyimpan kunci publik dan private dalam saluran cryptocurrency. Walet membantu anda mengatur kepemilikan mata uang digital, juga berinteraksi dengan jaringan decentralized finance.
Walet terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

3.1. Hot Crypto Wallets

Jenis wallet ini adalah tipe wallet kripto yang paling umum, alasannya adalah wallet ini mudah untuk dibangun dan juga mudah digunakan. Wallet ini biasanya terbentuk otomatis saat anda membuat akun di platform exchange kripto, platform DeFi, atau mengunduh wallet di ponsel anda.
Hot wallets biasa digunakan untuk kegiatan kripto sehari-hari seperti transaksi. Alasannya, dompet satu ini selalu terhubung ke internet, sehingga anda akan dengan mudah memindahkan aset kripto anda hanya dengan ketukan jari saja.

3.2. Cold Crypto Wallets

Berbeda dengan hot wallet, wallet jenis ini merupakan kebalikan dari hot wallets. Dengan kata lain, dompet ini sama sekali tidak terhubung dengan internet. Tapi, anda tetap bisa menghubungkannya ke internet jika anda ingin melakukan transaksi.
Dengan tidak terhubung secara daring menjadikan dompet ini dianggap lebih aman sebagai tempat penyimpanan aset kripto.

Ada dua jenis cold wallets yang bisa anda gunakan saat ingin menyimpan uang kripto. Kedua wallet tersebut memiliki bentuk fisik seperti USB flashdisk maupun kertas.

5. Maintain Investasi Anda

Langkah terakhir Anda adalah memelihara investasi kripto Anda. Anda dapat menghindari kesalahan transaksi dengan melakukan hal berikut ini:

  1. Selalu baca aturan dan berita terbaru mengenai kripto, agar anda tidak salah memilih langkah. Ini disebabkan karena kripto masih liar dan aturannya terus berkembang.
  2. Bergabung dengan komunitas kripto, baik mengikuti pelatihan atau pun bergabung via sosial media.
  3. Memantau pemerintah mana yang melarang kripto atau sebaliknya

Berikut beberapa langkah yang dilakukan dalam memulai investasi kripto. Tetap semangat dan jangan berhenti belajar mengenai Kripto!

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Just DCA your crypto investment

Related Posts

Langkah Mudah Sekaligus Tips Main Kripto untuk Pemula di Tahun Ini

Sebelum kita memulai investasi, investasi apa pun itu, sangat diwajibkan bagi kita untuk memahami terlebih dahulu bidang investasi apa yang akan kita tekuni termasuk investasi pada mata…

5 Pengalaman sukes investor Kripto

Aset kripto mulai membuming bersamaan dengan meningkatnya popularitas bitcoin. Kerennya, Elon Musk mulai menyediakan opsi pembelian Tesla menggunakan mata uang kripto tersebut. Lalu, apa sih sebetulnya yang…

7 Investasi Kripto Terbaik

Dengan ribuan kripto di pasar, mungkin sulit untuk membedakan antara proyek yang menjanjikan dengan potensi pertumbuhan jangka panjang serta pengambilan uang cepat. Dengan mempertimbangkan kapitalisasi pasar kripto,…

Biar Gak Bangkrut Investasi Kripto, Ikutin ini!

Saat ini perkembangan investasi sudah sangat luas, bahkan telah digandrungi para usia muda. Salah satu investasi yang berhasil menarik minat para usia muda untuk mencobanya adalah investasi…

Ternyata investasi Kripto menguntungkan, ini 5 faktanya

Kripto diincar banyak investor karena profit yang menggiurkan. Lantas, apa sih sebenarnya Kripto? Semua orang di seluruh dunia sudah familiar dengan apa itu kripto. Ada yang menggunakan…

Keuntungan Menulis Blog Dan Youtube Via Spesial.net

10 Keuntungan Spesial Menulis Blog untuk Channel Youtube Kamu

Konten-konten di Internet maupun media sosial selalu terhubung. Kalau kamu bangun pagi ini, terinspirasi untuk membangun channel YouTube, lalu mencari cara memaksimalkan views dan subscribers YouTube dari…