10 Cara Mengatasi Grogi Ketika Bicara Di depan Umum

Percaya Diri 1

Taukah kamu guys , kenapa sih kita bisa grogi ? Grogi terjadi karena efek dari rasa takut yang muncul dalam diri kita. Terkadang ketika kita naik ke atas panggung, selalu saja muncul rasa takut, takut salah, takut di ejek, takut lupa apa yang mau kita bicarakan dan takut yang lainnya. Rasa grogi itu muncul secara alamiah, tidak bisa di hilangkan begitu saja, bahkan ketika kamu merasa sudah berpengalaman berbicara di depan umum, Rasa grogi itu akan terus muncul.
Pada saat kita merasa grogi, otomatis badan kita akan terasa gemetar, itu disebabkan karena ketika rasa grogi itu muncul maka saluran oksigen dan saluran darah kita akan menyempit. Maka dari itu efek yang ditimbulkan ialah adanya getaran pada tangan kita atau kaki kita, dan itu pastinya akan mengganggu sekali ketika kamu berbicara di depan umum. Pastinya kamu tidak mau kan, hal itu terjadi, maka dari itu saya akan berikan 10 cara mengatasi rasa grogi ketika bicara di depan umum :

1. Well Prepare

Persiapan yang baik dan persiapan yang matang akan membuat kamu siap sepenuhnya dan merasa percaya diri ketika kamu akan tampil berbicara di depan umum. Siapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan penampilan kamu nanti, baik itu materi yang akan kamu bicarakan dan juga baju yang akan kamu gunakan pada saat kamu akan berbicara. Ada pepatah mengatakan bahwa “Well preparation is the best part of the show” persiapan yang baik ialah salah satu bagian terpenting dalam sebuah pertunjukan. Maka dari itu penting sekali agar kamu menyiapkan semuanya, karena sekali lagi, persiapan yang matang akan membuat kamu merasa percaya diri dan tidak akan grogi, karena kamu sudah merasa siap sepenuhnya untuk menaklukan panggung.

2. Datanglah 1 Jam Sebelum Acara Dimulai

Ini penting sekali kamu lakukan agar kamu bisa beradaptasi dulu dengan tempat yang akan menjadi panggung kamu, biar kamu bisa rasakan dulu atmosfir atau suasana tempatnya. Dengan datang lebih awal pastinya kamu punya waktu lebih untuk bisa beistirahat dulu pada saat kamu sampai di lokasi, dan otomatis itu akan sangat berpengaruh sekali pada penampilan kita dibanding kamu misalnya datang dan langsung naik ke atas panggung.
Datang lebih ke awal ke lokasi acara memberikan kamu kesempatan untuk bisa berbincang-bincang santai dulu dengan panitianya, menggali lebih dalam informasi tentang acaranya. Dan juga salah satu cara terbaik untuk mengurangi rasa grogi ialah dengan kamu datang lebih awal ke lokasi acara, kamu bisa mengobrol terlebih dahulu atau berkenalan dengan audiensnya, itu sangat ampuh untuk bisa mencairkan suasana ketika nanti kamu bicara di atas panggung dan tentunya akan mengurangi rasa grogi kamu.

3. Rileks

Ketika kamu akan tampil, usahakan buatlah dirimu rileks dan nyaman, itu akan sangat bisa mengurangi rasa grogi kamu. Bagaimana caranya agar kamu terasa rileks pada saat akan tampil ? Buatlah dirimu tertawa sebelum kamu naik ke atas panggung, bisa dengan kamu menonton video lucu di youtube atau bisa juga kamu bercanda dengan pantia ketawa-ketawa kecil itu akan membuat kamu merasa tenang dan pastinya mengurangi ketegangan. Kamu bisa juga pakai cara sederhana untuk membuat kamu rileks ialah dengan mengunyah permen karet sebelum kamu tampil.

4. Imajinasi Diri

Salah satu hal terpenting untuk membuat kamu merasa tidak grogi ialah kamu bisa membayangkan diri kamu di atas panggung sebelum kamu naik ke atas panggung. Ini berguna untuk mengurangi rasa grogi kamu. Kamu bisa bayangkan bagaimana percaya dirinya kamu di atas panggung, ketika kamu berbicara di atas panggung semua orang terpukau dengan kalimat-kalimat kamu, dan semua orang memberikan tepuk tangan yang meriah ketika kamu selesai berbicara di atas panggung. Bayangkan itu semua sebelum kamu naik ke atas panggung maka itu akan mengurangi rasa grogi kamu.

5. Tarik Nafas Panjang

Cara terampuh untuk mengatasi rasa grogi ialah dengan kamu menarik nafas panjang. Saya sering melakukan ini, ketika saya grogi seketika itu saya menarik nafas agar saya merasa lebih tenang dan santai. Ini adalah cara tercepat agar kamu bisa mengurangi rasa grogi kamu. Coba dan rasakanlah.

6. Gerakan Tangan

Pada saat kamu sudah berada di atas panggung dan kamu merasa grogi, selain menarik nafas yang panjang, kamu juga bisa menggerakan tangan kamu agar kamu tampak merasa lebih rileks. Dengan menggerakan tangan kamu akan merasa santai karena rasa grogi kamu tersalurkan pada gerakan tangan kamu itu. Sebaliknya, jika kamu tidak menggerakan tangan, maka grogi itu akan semakin menjadi dan tangan dan kaki kamu akan bergetar hebat. Tidak mau kan terlihat seperti itu ?

7. Meminta Tepuk Tangan Audiens

Pada saat saya merasa grogi di atas panggung biasanya untuk mencairkan suasana, saya meminta tepuk tangan audiens agar saya merasa lebih semangat. Contohnya seperti ini, “Baik, sebelum saya memperkenalkan diri, boleh saya dengar tepuk tangannya agar lebih semangat ..?” Nah ketika audiens tepuk tangan dan tepuk tangan itu terdengar oleh saya, maka secara otomatis itu akan mengurangi rasa grogi saya.

8. Make Something Joke

Ini cara lain dari meminta tepuk tangan tadi. Untuk mengurangi rasa grogi biasanya saya membuat sesuatu joke sebelum saya memulai masuk pada materi yang akan saya bicarakan. Ini juga sangat ampuh karena saya sering mencoba cara ini. Ketika kamu membuat joke di awal dan kamu mendengar audiens tertawa, maka itu akan menjadi sebuah feed back positif untuk kamu menjadi lebih semangat dan tidak grogi lagi.

9. Melangkahkan Kaki

Pada saat kamu akan berbicara atau menyampaikan materi misalnya, kamu bisa coba langkahkan kaki kamu ke depan atau ke belakang. Ini berguna lagi-lagi agar rasa grogi kamu tersalurkan. Usahakan ketika kamu berdiri di atas panggung kamu tidak hanya berdiri pada satu titik atau satu posisi, namun cobalah untuk bergerak ke samping kanan atau kiri panggung, atau bisa saja kamu maju ke tengah-tengah audiens.

10. Tersenyum Lebar

Tidak ada cara ampuh untuk menghilangkan rasa grogi dengan sekejap, kamu hanya bisa menguranginya. Salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi rasa grogi ialah dengan tersenyum lebar, berikan senyuman terbaik kamu ketika kamu berada diatas panggung. Ini berguna untuk membuat hati kamu tenang dan juga membuat kamu tampak percaya diri. Dengan tersenyum , orang-orang tidak akan merasa bahwa kamu sedang merasa grogi, maka pada saat kamu pertama kali naik ke atas panggung cobalah untuk menatap mata audiens dan kamu berikan senyum yang indah pada audiens.

Leave a Comment