10 Cara Menjadi MC Yang Pede Dan Menyenangkan

Percaya Diri Di Depan Orang

Ada pepatah mengatakan bahwa “Every beginning is difficult” setiap permulaan itu sulit. Yaps ! ku kira begitu, termasuk ketika menjadi seorang Master Of Ceremony atau MC. Menjadi seorang Master Ceremony ( MC ) bukanlah hal yang mudah, jika kamu hanya bermodal penampilan saja, itu tidak cukup. Butuh skill yang harus di asah terus menerus sehingga kamu bisa menjadi seorang MC yang profesional. Seperti yang kita tahu seorang MC berperang sangat penting dalam sebuah acara, bukan hanya sebagai pembaca rundown namun juga seorang MC harus bisa menyenangkan dalam membawa acara dari awal hingga akhir agar para penonton tertarik untuk mengikuti acara hingga selesai.
Selain itu, tentunya seorang MC juga harus mempunyai rasa percaya diri yang tinggi. Rasa percaya diri ini sangat penting ketika berhadapan di depan orang banyak saat membawakan acara, Seseorang dengan tingkat percaya diri yang tinggi akan lebih santai dan lancar saat berbicara di hadapan umum. Kira-kira hal apa saja sih yang harus dilakukan untuk menjadi seorang MC yang percaya diri dan menyenangkan itu ? Dan inilah 10 cara menjadi seorang MC yang percaya diri dan menyenangkan, ikuti juga link berikut untuk membaca 10 Cara Mengatasi Grogi Ketika Bicara Di depan Umum :

1. Taklukan Rasa Malu

Untuk menjadi seorang MC yang percaya diri kamu harus bisa menaklukan rasa malu kamu, kamu harus bisa melawan rasa malu kamu. Gimana caranya menaklukan rasa malu itu ? kamu harus fokus sama kelebihan kamu jangan fokus sama kelemahan kamu. Kalo kamu fokus sama kelemahan kamu, selamanya kamu tidak akan punya rasa percaya diri ketika menjadi seorang MC. Sebaliknya, jika kamu fokus pada apa kelebihan kamu, kamu fokus pada skill yang MC yang kamu miliki maka otomatis rasa percaya diri itu akan terus tertanam di dalam diri kamu.
Malu adalah alasan utama yang membuat kebanyakan orang takut berbicara di depan umum. Oleh karena itu, jika kamu ingin tampil percaya diri, lawanlah rasa malu tersebut dan anggap semua orang itu sama. Tidak peduli apa jabatan yang dimiliki orang-orang di depan kamu, bicaralah sesuai dengan konteks. Ingatlah bahwa hadirin yang hadir adalah manusia sama seperti kamu. Jadi, mengapa malu untuk berbicara kepada mereka?

2. Komunikatif dan Interaktif

Seorang MC yang menyenangkan biasanya pandai dalam berkomunikasi. Kamu harus asah skill komunikasi kamu ketika berada di atas panggung. Selain komunikatif, seorang MC yang menyenangkan terlihat dari bagaimana caranya dia berinteraksi dengan audiens. Ini sangat penting sekali, karena kita sebagai makhluk sosial akan sangat merasa senang sekali jika ada interaksi yang kuat antara sesama manusia, pun termasuk antara kamu sebagai MC dan audiens. Apalagi jika kamu seorang MC yang bisa membuat sebuah interaksi yang menghibur bagi audiens, tentunya itu akan sangat menyenangkan sekali.
Saya sering melakukan ini ketika menjadi seorang Master Of Ceremony. Pada saat saya mengawali acara, saya biasanya bertanya-tanya terlebih dahulu kepada audiens. Bukan hanya untuk menciptakan interaksi, tetapi juga untuk memcahkan suasana. Ini sangat berpengaruh sekali pada fokus audiens tersebut. Biasanya saya bertanya nama, dari mana asal dan juga aktifitasnya. Untuk menambah suasana cair di awal acara , biasanya saya memberikan hadiah atau doorprize bagi para peserta yang di ajak interaksi oleh saya. Ini akan sangat membuat anda sebagai seorang MC disenangi oleh audiens. Jarang sekali ada sebuah acara yang diawali dengan bagi-bagi hadiah.
So, jadilah MC yang interaktif dan komunikatif, maka anda akan dianggap sebagai seorang MC yang menyenangkan bagi banyak orang.

3. Tatap Mata Audiens

Menatap mata audiens ialah cara terampuh, jika kamu merasa tidak percaya diri ketika berada di atas panggung, kamu bisa lakukan hal ini. Menatap mata audiens ketika kamu menjadi MC akan sangat meningkatkan tingkat rasa percaya diri kamu, Dengan menatap atau melawan tatapan audiens, pesan yang kamu sampaikan pada audiens akan terasa kuat. Ini adalah cara yang mudah mudah susah, kamu harus memberanikan diri melawan tatapan audiens. Hindari tatapan tanpa arah ketika kamu berbicara di depan umum itu akan semakin membuat kamu tidak percaya diri. Lawanlah tatapan mata audiens, dengan begitu kamu akan tampak percaya diri di mata audiens.
Saat berbicara di depan umum, sebaiknya lakukan kontak mata. Jangan melihat ke bawah atau atas karena itu menandakan bahwa kamu tidak percaya diri. Melakukan kontak mata akan membuat Kamu berkomunikasi dengan nyaman. Selain itu, kontak mata juga memberi kesan bahwa Kamu menghargai orang-orang yang diajak berbicara.
Pada awal saya menjadi seorang MC saya sama sekali tidak berani menatap mata audiens, karena itu sangat membuat saya malu, namun lama kelamaan saya menjadi terbiasa dan akhirnya menjadi senjata saya untuk bisa menaklukan audiens.

4. Berikan Senyuman Terbaik

Selain dengan menatap mata audiens ketika berbicara, cara terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu ialah dengan kamu tersenyum pada saat kamu mengawali pembicaraan di depan umum, ini akan sangat berpengaruh sekali pada rasa percaya diri kamu dan mood kamu ketika tampil di depan umum. Selain itu dengan tersenyum kamu juga bisa menstimulan audiens untuk ikut tersenyum juga sehingga suasana menjadi cair. Rasa percaya diri yang tinggi bisa terbentuk dari senyuman kamu sendiri atau bisa juga bersumber dari senyuman orang lain yang di berikan untuk Kamu.
Apalagi jika kamu bisa membuat audiens tertawa lepas, maka itu akan sangat menjadi moodboster sekali untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu. Untuk lebih lengkpanya simak point selanjutnya 🙂

5. Menjadi Humoris

Seorang MC yang menyenangkan ialah seorang MC yang cerdas dalam membuat sebuah jokes. Jadilah seorang MC yang humoris maka kamu akan banyak disenangi oleh orang-orang. Saya merasakan betul dari teori ini, biasanya jika ada satu orang yang mampu membuat tertawa banyak orang, maka sudah bisa di pastikan orang itu akan banyak disenangi oleh orang lain, kenapa ? karena menurut penelitian tertawa itu ialah candu, jadi ketika kamu sebagai seorang MC berhasil selalu membuat tertawa orang-orang audiens, maka kehadiran kamu akan selalu di nantikan oleh orang-orang.
Sebagai seorang MC yang humoris, selain kamu akan banyak di senangi oleh orang lain, orderan job MC kamu pun akan semakin banyak, karena biasanya orang-orang lebih suka atau lebih banyak mencari MC yang pintar melawak daripada hanya sekedar bagus dari segi hal penampilannya dan juga penyampaian kata-katanya.
Ini adalah kata kunci jika kamu ingin menjadi seorang MC yang menyenangkan banyak orang. Menjadi humoris akan mendekatkan kamu kepada banyak orang. Orang-orang akan lebih welcome atau terbuka terhadap seseorang yang mempunyai kepribadian humoris. Beda halnya jika kepribadianmu sombong, tertutup dan selalu serius maka orang-orang akan tidak suka kepada kamu. Jadilah seorang MC yang humoris, yang pintar sekali dalam membuat lawakan pada berbagai situasi, itu akan menjadi bekal kamu untuk kamu bisa bersaing dengan MC-MC yang lainnya.

6. Memakai Pakaian Terbaik

Rasa percaya diri itu terbentuk bukan hanya berasal dari dalam diri kamu, namun juga bisa juga berasal dair apa yang kamu kenakan pada saat menjadi seorang MC. Saya sering sekali menemukan MC-MC yang mereka terlihat tidak percaya diri karena mengenakan pakaian yang tidak nyaman dan cocok dengan kepribadiannya. Biasanya itu tuntutan panitia. Saya pun demikian jika saya memakai baju yang tidak nyaman atau misalnya terlalu besar, itu sangat berpengaruh sekali pada tingkat percaya diri saya, dan menjadikan saya sedikit minder.
Maka dari itu penting sekali untuk kita memilih dan mengenakan pakaian yang sesuai dan terasa nyaman dengan diri kita, itu akan sangat memberikan energi rasa percaya diri yang signifikan pada diri kita. Memakai pakaian terbaik ialah hal yang wajib saya lakukan ketika saya akan menjadi seorang MC, jika saya presentasikan maka pemilihan pakaian memiliki nilai sebsar 45% dalam memberikan rasa percaya diri kepada saya ketika saya menjadi seorang MC.

7. Selalu Rendah Hati

Jadilah seorang MC yang humble atau rendah hati. Ketika kamu diatas panggung sebagai seorang MC, bukan berarti kamu bisa seenaknya mem-bully penonton dengan seenak hati. Ketika kamu berada diatas panggung bukan berarti kamu bisa menjadi angkuh di atas sana, tetaplah menjadi seorang MC yang low profile , dengan rendah hati orang-orang akan respect ke kamu, dan seorang MC yang rendah hati itu akan selalu disenangi atau menyenangkan banyak orang.
Ini penting sekali, jika kamu ingin karir MC mu panjang di dunia hiburan, maka pastikan kamu agar bisa selalu menghormati dan menghargai orang lain, baik itu audiens, partner MC kamu ataupun panitia. Percayalah kamu tidak akan menjadi rendah ketika kamu bersikap rendah hati, semakin rendah hati seseorang maka akan semakin di hormati, dan juga semakin di senangi banyak orang.
Kita akan selalu senang jika bertemu dengan orang yang selalu rendah hati, kepribadian ini biasanya bawaan dari lahir. Namun saya pernah melihat bahwa sifat ini juga bisa terbentuk dari lingkungan kita. Berbicara soal rendah hati, sekali lagi ini akan sangat berrmanfaat sekali untuk karir kamu sebagai MC, jadilah MC yang menyenangkan dengan rendah hati kepada setiap orang.

8. Kuasai Materi MC

Saat kamu akan menjadi seorang MC, menguasai materi adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan kamu sudah mengetahui secara detail tentang apa yang akan disampaikan. Kamu sudah mengetahui tentang seluk beluk acara yang akan kamu bawakan. Tanyakan itu pada panitia acara se-dalam mungkin, karena pada saat acara berlangsung , maka seorang MC lah yang harusnya mengetahui banyak hal tentang acara itu. Dengan persiapan yang matang atau dengan penguasaan materi acara yang mantap , maka kamu akan merasa percaya diri sepenuhnya.
Jika kamu masih pemula sebagai seorang MC, maka banyak bertanya ialah hal wajib yang harus kamu lakukan agar kamu memiliki bahan materi yang siap untuk kamu sampaikan pada saat kamu membawakan acara tersebut. Menguasai materi juga tidak hanya wajib di lakukan oleh seorang MC , seorang pembicara juga wajib melakukan hal ini agar apa yang di sampaikan bisa diterima baik oleh audiens.
Maka dari itu penting sekali untuk kamu sebagai seorang MC datang 1 jam sebelum acara agar kamu bisa brifing terlebih dahulu bersama paniti, kamu tanyakan hal-hal yang detail mengenai acara yang akan kamu bawakan. Saya pernah di cuekin sama panitia gara-gara saya banyak nanya soal acara hehehe… daripada saya nge-blank di atas panggung, lebih baik saya persiapkan materi sebaik mungkin dengan banyak bertanya ke panitia 😀

9. Latihan Berbicara Di Depan Cermin

Ini adalah kegiatan yang sering saya lakukan ketika awal-awal menjadi seorang MC. 2 hari sebelum acara dimulai, saya selalu latihan setiap waktu berbicara di depan cermin. Ini bermanfaat sekali untuk saya bisa melatih narasi ingatan saya dan juga melatih kosakata yang akan saya sampaikan nanti pada hari H. Selain itu, tentunya latihan berbicara di depan cermin akan sangat membuat kamu percaya diri, karena kamu bisa melihat mimik muka kamu sendiri pada saat berbicara.
Terkadang hal yang paling sulit dari latihan ini ialah, terkadang kita merasa cepat bosan. Saya sering mengalami hal ini, karena tidak ada feed back dari audiens dan merasa berbicara sendiri seperti orang gila hehehe.. maka Saya selalu merasa cepat jenuh dan bosan. Namun saya sarankan agar kamu mencoba cara ini, sekali lagi cara ini sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu ketika kamu akan tampil sebagai seorang Master Of Ceremony.

10. Keberanian

Untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri menjadi seorang MC ialah salah satu caranya dengan berani melakukan hal-hal yang belum pernah kamu lakukan di atas panggung. Misalnya dulu kamu pernah malu dan minder untuk mencoba materi-materi lawakan baru, maka untuk membuat kamu semakin percaya diri beranikanlah mencoba lawakan baru yang belum pernah sama sekali kamu coba di atas panggung. Termasuk ketika kamu belum pernah berani mencoba untuk tersenyum di depan orang banyak, maka beranikanlah untuk kamu tersenyum sesering mungkin di depan audiens. Ini akan sangat baik sekali untuk melatih mental kamu dalam meningkatkan kepercayaan diri kamu di atas panggung.
Mulailah membuka diri dengan memberanikan sesuatu yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Saya sering melakukan ini, termasuk dalam membuat jokes baru, saya selalu berani untuk mencobanya dan gagal, coba lagi dan gagal. Tidak apa-apa,. dengan begitu saya akan tahu bahwa jokes itu tidak lucu maka saya tidak akan membawakannya lagi atau saya buat yang baru. Semakin saya sering mencoba dan membernaikan diri untuk mencoba jokes baru, semakin melatih mental saya untuk mempunyai rasa percaya diri yang tinggi.
Keberanian akan selalu berbanding lurus dengan rasa percaya diri, jika kamu fokus dengan kelebihan kamu maka kamu akan cenderung lebih percaya diri. Pun halnya sama, ketika kamu berani untuk mencoba maka kamu akan percaya diri melakukannya.
Modal yang paling penting untuk menjadi seorang MC ialah rasa keberanian yang tinggi untuk mencoba, ketika kamu mempunyai keberanian untuk mencoba maka semakin tinggi juga rasa percaya diri kamu untuk melakukannya. Teruslah berani dan teruslah mencoba, maka mental itu akan terbentuk selamanya di dalam diri kamu. Semangat ! 🙂

Leave a Comment