Dark Coklat dan Resep Cake yang Penuh Gizi

SPESIAL.NET – Sebenarnya apa itu dark coklat dan apa bedanya dengan jenis coklat lainnya? Buat anda yang kurang atau tidak begitu menyukai makanan coklat mungkin pertanyaan semacam ini pernah muncul dalam benak anda. Ini wajar saja. Bahkan kita yang setiap hari makan beras saja mungkin baru tahu jika ada jenis beras coklat, beras merah, ataupun beras hitam

Coklat atau cokelat adalah jenis makanan yang hampir semua orang suka. Dari anak-anak hingga orang tua banyak yang senang dengan makanan berwarna coklat ini. Cokelat merupakan hasil olahan makanan atau minuman yang dibuat dari biji kakao (Theobroma cacao). Namun umumnya coklat yang ada di pasaran kandungan kakaonya relatif rendah. Karena itu warna coklatnya lebih terang dan berbeda dengan dark coklat atau cokelat hitam yang warnanya memang lebih gelap.

Dark coklat dibuat dari kakao alami dengan kadar yang cukup tinggi, bahkan umumnya mencapai 65 persen. Karena itulah coklat jenis ini rasanya lebih pahit dibandingkan coklat biasa.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Dark Coklat

Meskipun pahit namun coklat hitam justru memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Hal ini karena sumber nutrisi penting memang terdapat dalam biji kakao. Semakin tinggi kadar kakao-nya maka makin tinggi juga nilai gizi dan manfaatnya untuk kesehatan.

Dark Coklat
Dark Coklat

Ada banyak nutrisi penting yang terdapat dalam dark coklat. Diantaranya senyawa polifenol yang cukup tinggi, magnesium, tembaga, dan zink. Cokelat hitam juga kaya dengan kalium, fosfor, dan zat besi. Bahkan dark coklat mengandung senyawa antioksidan flavonoid dari golongan katekin sebanyak 53,5 mg/100 gram atau empat kali lebih besar dibandingkan teh.

Jenis flavonoid coklat hitam berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan menstabilkan membran. Mengkonsumsi dark chocolate secara rutin juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, megnontrol kolesterol, dan menekan risiko penyakit jantung.

Resep Dark Coklat Cake

Nah, setelah mengetahui kandungan nutrisi dan manfaat dark coklat, yuk coba resep dark cocholate cake yang lezat dan bermanfaat untuk cemilan sehat buat keluarga di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • dark coklat bubuk 50 gram
  • susu cair 180 ml
  • mentega tawar 160 gram
  • tepung terigu protein rendah 120 gram
  • telur ayam 1 butir dikocok lepas
  • kuning telur 200 gram dikocok lepas
  • cokelat pasta 1 1/2 sdt
  • bumbu spekuk 1/2 sdt
  • putih telur 400 gram
  • cream of tartar 1 sdt
  • gula pasir 280 gram
  • garam 1/2 sdt

Bahan untuk filling antara lain:

  • krim kental 200 ml
  • dark cooking chocolate 250 gram dilelehkan,
  • rhum 1 sdm

Crumble:

  • almond 100 gram dipanggang
  • gula 100 gram
  • air panas secukupnya

Cara membuat kue coklat hitam adalah sebagai berikut:

  1. Lelehkan mentega tawar lalu tambahkan tepung terigu dan cokelat bubuk dan aduk hingga menjadi adonan yang kalis.
  2. Tambahkan bumbu spekuk dan aduk rata lalu diangkat.
  3. Setelah itu susu cair dihangatkan lalu masukkan sedikit demi sedikit ke dalam campuran telur sambil diaduk hingga rata. Tambahkan cokelat pasta dan aduk lagi hingga rata.
  4. Setelah itu masukkan campuran susu dan telor ini dalam campuran tepung terigu dengan cara sedikit demi sedikit sambil diaduk lalu sisihkan.
  5. Kocok putih telur, cream of tartar, dan garam hingga setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mengembang.
  6. Tambahkan juga campuran tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam kocokan putih telur sambil terus diaduk secara pelan.
  7. Selanjutnya tuangkan ke atas dua buah loyang yang telah diberi alas kertas roti tanpa dioles. Letakkan loyang yang berisi adonan di dalam loyang yang diberi sedikit air dan oven selama 45 menit dengan suhu kurang dari 160 derajat Celsius. Setelah matang lalu diangkat dan dinginkan.
  8. Untuk membuat Filling atau isian, panaskan krim lalu masukkan potongan dark cooking chocolate dan aduk hingga terlarut. Setelah hangat tambahkan rhum dan aduk rata. Selanjutnya masukkan dalam lemari es. Kocok hingga mengembang.
  9. Selanjutnya ambil cake dan oleskan bahan filling dan tumpuk dengan cake yang lain. Tutup filling di seluruh kue dan sisihkan.

Demikianlah informasi tentang manfaat dark coklat dan resep cake yang penuh gizi untuk sajian spesial di rumah.

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Cemilan lovers yg kadang-kadang juga suka nulis dan baca. Akrab dengan berbagai macam cemilan sejak usia dini mengubah dia menjadi sedikit terobsesi dengan makanan ringan dan topik yg terkait dengannya.

Related Posts

Silverkriscom

100 Tempat Wisata dan Kuliner Instagramable di Surabaya

Siapa sih yang tidak mengenal Kota Surabaya? Semua pasti mengenalnya terutama dengan julukannya sebagai Kota Pahlawan berkat peristiwa heroik 10 November 1945. Sebagai salah satu kota terbesar…

Menu Ramadhan

Menu Ramadhan dan Tips Penting yang Wajib Diketahui

SPESIAL.NET – Bagaimana sih mempersiapkan menu Ramadhan yang sehat tapi juga tidak ribet? Menu apa saja yang cocok dan tepat untuk berbuka maupun untuk sahur agar puasa…

Resep Buka Puasa Dan Sahur

Resep Buka Puasa dan Sahur yang Sehat, Bergizi, dan Simpel

SPESIAL.NET – Buat Anda yang sedang mencari resep buka puasa dan sahur yang sehat dan bergizi, sebaiknya simak artikel ini hingga tuntas. Selain menawarkan nutrisi yang penting…

Menu Sahur Praktis Untuk Sebulan

Menu Sahur Praktis Untuk Sebulan yang Enak dan Bergizi

SPESIAL.NET – Merencanakan dan mempersiapkan menu sahur praktis untuk sebulan bukanlah hal yang sulit. Untuk membantu Anda menemukan ide, postingan kali ini akan disajiakn inspirasi menu sahur…

Menu Makanan Buka Puasa

Menu Makanan Buka Puasa Sebulan yang Bisa Anda Siapkan

SPESIAL.NET – Merencanakan dan mempersiapkan menu makanan buka puasa ternyata gampang-gampang susah. Mungkin gampang karena ada banyak sekali pilihan menu yang bisa dipilih. Namun ternyata mengambil eksekusi…

Menu Untuk Sahur

Tips Bijak Memilih Menu untuk Sahur

SPESIAL.NET – Mempersiapkan menu untuk sahur sebenarnya tak jauh berbeda dengan menu untuk berbuka. Namun jika makanan buka puasa ditujukan untuk menyuplai nutrisi yang dibutuhkan tubuh setelah…