Diet Ideal Untuk Menurunkan Berat Badan Ketika Memasuki Fase Menopause

SPESIAL.NET – Diet Ideal Untuk Menurunkan Berat Badan Ketika Memasuki Fase Menopause. Setiap wanita pasti ingin terlihat memiliki bentuk tubuh yang ideal, tidak peduli berapa usianya. Saat memasuki fase menopause, dimana terjadi transisi dari tahap reproduksi ke tahap non-reproduksi, serangkaian perubahan terjadi pada tubuh Anda, salah satunya adalah kenaikan berat badan. Itulah alasannya mengapa Anda perlu menemukan diet ideal untuk menurunkan berat badan. Mendapatkan berat badan ideal ketika memasuki masa menopause dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Kunci penting ketika Anda ingin menurunkan berat badan adalah menerapkan kebiasaan baru, yaitu pola hidup sehat, seperti tetap terhidrasi, rutin berolahraga, dan tentu saja mengonsumsi makanan bergizi agar tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Hal ini adalah dasar untuk metode diet apa pun. Tubuh Anda bekerja berdasarkan kebiasaan Anda. Jadi, jika Anda memiliki banyak kebiasaan buruk, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan hasil terbaik. Seperti kata pepatah, Anda adalah apa yang Anda makan.

Anda tidak harus menjalankan diet ketat atau menghilangkan makanan tertentu untuk menurunkan berat badan. Kunci diet sehat adalah membantu tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang berkualitas. Berikut ini adalah diet yang ideal dilakukan untuk Anda yang memasuki fase menopause. Dengan menerapkannya, Anda tidak hanya akan menurunkan berat badan, tetapi Anda pun akan mendapatkan manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Diet Ideal Ketika Memasuki Fase Menopause

  1. Kurangi konsumsi karbohidrat

Saat Anda pergi untuk belanja, ada baiknya untuk mengurangi produk-produk yang mengandung karbohidrat, seperti pasta, keju, mentega, makanan yang digoreng, dan sebagainya. Produk makanan tersebut bisa menyebabkan lemak menumpuk sehingga berkontribusi pada penambahan berat badan Anda. Sebagai gantinya, baiknya Anda menggantinya dengan biji-bijian utuh. Biji-bijian utuh seperti quinoa, chia seed, gandum, oat, flaxseed, dan sebagainya baik untuk wanita menopause. Kandungan vitamin B dan mineralnya dapat menurunkan risiko kematian dini pada wanita menopause dan mencegah munculnya sel kanker.

  1. Tambahkan lebih banyak sayuran ke dalam menu makan

Selama menopause Anda akan melihat banyak perubahan, termasuk selera makan, yang akan membuat diet Anda menjadi perjuangan berat. Sayuran mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, serat, hingga antioksidan. Mengonsumsi sayuran secara rutin bisa mencegah wanita menopause dari beberapa gangguan seperti hot flashes atau perasaan panas dari dalam yang membuat tidak nyaman dan mencegah kegemukan. Berikut ini beberapa sayuran yang baik untuk dimasukkan dalam diet penurunan berat badan Anda selama menopause:

  • Tomat
  • Wortel, kaya akan vitamin A, E, dan D
  • Selada, untuk salad dan semua jenis hidangan
  • Brokoli, sumber antioksidan terbaik
  • Bawang, dengan banyak protein, mineral, antioksidan, dan bahkan kalsium
  • Paprika, yang dapat ditambahkan ke hampir semua hidangan untuk memberikan rasa yang lezat
  1. Cukupi kebutuhan kalsium

Saat menopause, tubuh tidak akan menghasilkan estrogen dalam jumlah banyak. Padahal estrogen yang terkandung di dalam tubuh bermanfaat untuk melakukan banyak hal termasuk di dalamnya mencegah terjadinya masalah pada tulang. Itulah kenapa wanita disarankan minum susu. Kandungan kalsium dalam susu baik untuk tulang. Dengan asupan kalsium yang cukup setiap harinya, seorang wanita tidak akan mudah mengalami keropos tulang yang memicu kondisi berbahaya seperti osteoporosis. Selain susu, kalsium dapat Anda temukan dalam yogurt, keju, ikan dengan tulang (seperti sarden dan ikan teri), brokoli, dan kacang-kacangan.

  1. Kurangi konsumsi makanan berlemak

Lemak sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Namun, terlalu banyak lemak dalam tubuh juga tidak baik. Selain itu, perhatikan juga jenis lemak yang Anda konsumsi. Cobalah memenuhi kebutuhan lemak tubuh yang bersumber dari lemak tak jenuh (seperti alpukat, salmon, dan minyak zaitun). Sebaliknya, batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans (seperti daging berlemak, margarin, dan makanan yang digoreng). Hal ini dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

  1. Kurangi konsumsi gula

Anda sebaiknya menghindari makanan yang terlalu banyak tambahan gula. Apa saja yang terlalu manis tidak disarankan untuk wanita yang memasuki fase menopause. Selain mempercepat terjadinya obesitas, tubuh Anda juga akan mengalami gangguan gula darah.

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Related Posts

Blur Calorie Intake Calories 1927500

100 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

SPESIAL.NET – Siapa yang tidak mau memiliki bentuk tubuh yang ideal? Mungkin Anda pun termasuk salah satu orang yang mengidam-idamkannya. Tidak sedikit orang yang mencoba melakukan berbagai…

Active Activity Adult 1308746

Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan. Yoga merupakan olahraga yang kini sedang populer di kalangan masyarakat. Latihan yoga dapat mendukung perkembangan fisik,…

Chopping Board Food Fresh 1323646

Manfaat Lobak Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat Lobak Untuk Menurunkan Berat Badan Lobak adalah sayuran yang bisa ditambahkan ke semua jenis hidangan dan salad. Selain dibudidayakan untuk konsumsi sebagai makanan, lobak juga kerap…

Bowl Close Up Cooking 1266004

Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan. Putih telur (telur tanpa kuning telur) cukup populer di kalangan orang-orang yang…

Drink Drinking Female 1458671

6 Manfaat Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – 6 Manfaat Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan. Banyak penelitian mendukung teori bahwa minum air putih cukup dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain…

Beans Close Up Colors 1313643

Kacang Merah, Makanan Kaya Serat dengan Beragam Manfaat

SPESIAL.NET – Kacang Merah, Makanan Kaya Serat dengan Beragam Manfaat. Kacang merah merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan serat, folat, magnesium, fosfor, zinc, dan kalium. Menurut penelitian…