Furnitur Upcycling, Percantik Ruang Tamu

Jangan terburu-buru mencari furnitur baru untuk memperbarui ruang tamu Anda karena dengan mengubah furnitur lama, Anda juga akan mendapatkan perabot baru yang juga akan menyempurnakan ruang tamu Anda. Proyek furnitur upcycled tentu akan memberikan keuntungan, sekaligus menghemat pengeluran Anda. Jadi, mari bijak dan buat semuanya lebih mudah dengan kreativitas Anda. Dan 10 ide berikut, dapat membantu Anda menemukan trik yang tepat untuk mengubah furnitur lama menjadi sesuatu yang dapat mempercantik ruang tamu Anda.

10. Rak dari Tangga Kayu

Rak Dari Tangga Kayu
Rak dari Tangga Kayu

Tangga tua merupakan salah satu sarana yang cukup fleksibel untuk diubah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Daripada meletakkannya di sudut ruang penyimpanan Anda, Anda dapat mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih berguna dan memberi solusi penyimpanan tambahan, seperti rak pot di dapur atau di ruang tamu Anda untuk menggelar barang dekoratif Anda.
Untuk membuat rak ini, Anda perlu menyiapkan tangga tua dan memotong beberapa anak tangganya. Lalu bingkailah rak dengan beberapa kayu tua dan beberapa tali untuk membuat tampilannya lebih menarik.

9. Rak Buku Unik

Rak Buku Unik
Rak Buku Unik

Toko barang bekas adalah tempat di mana Anda dapat menemukan apa pun yang Anda perlukan untuk meningkatkan tampilan rumah dengan harga murah. Jika Anda dapat menemukan grand piano lama yang tidak berfungsi lagi, maka Anda dapat mengubahnya menjadi rak buku yang unik, seperti ini. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melepas bagian atas dan internal grand piano, kemudian pasang beberapa papan untuk membuat rak di sana. Setelah itu, rak piano ini akan menjadi barang dekoratif yang mengundang siapapun untuk melihatnya.

8. Ubah Bathtub menjadi Sofa

Ubah Bathtub Menjadi Sofa
Ubah Bathtub Menjadi Sofa

Jika Anda kebetulan sedang melakukan proyek perbaikan kamar mandi dan memutuskan untuk mengganti bak mandi Anda dengan yang baru, ada baiknya Anda tidak membuang bathtub lama tersebut karena Anda masih bisa mengubahnya menjadi kursi tamu yang cantik. Caranya, potong satu sisi bak mandi dan mengampelas bagian tepinya hingga permukaannya halus. Kemudian, Anda bisa menerapkan beberapa lapis cat untuk memperbarui tampilannya. Setelah itu, tambahkan spons yang dibungkus dengan kain favorit Anda untuk membuat bantal kursi yang menarik.

7. Meja Kopi Spool Serbaguna

Meja Kopi Spool Serbaguna
Meja Kopi Spool Serbaguna

Untuk Anda yang hobi membaca, satu rak buku saja mungkin tidak cukup untuk menampung semua buku bacaan Anda. Jadi, daripada membeli rak buku baru, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang mudah dan biaya yang murah. Seperti rak buku ini yang akan sangat cocok dengan anggaran dan ruang terbatas Anda. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mendapatkan gulungan kabel kecil, pasak kayu, 4 kastor, cat, sekrup, dan lem cetak. Dengan kreativitas Anda, buatlah rak dengan benda-benda tersebut hingga menjadi rak yang sangat bagus. Hasilnya, Anda bisa menyimpan buku dan majalah Anda. Selain itu, rak ini juga bisa menjadi meja kopi yang sempurna untuk makanan ringan dan minuman, ketika Anda menonton TV di ruangan ini.

6. Kursi Koper Mini

Kursi Koper Mini
Kursi Koper Mini

Upcycling berarti mengubah sesuatu dari perabot lama hingga menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Seperti kursi mini yang terbuat dari koper tua ini. Maka, jika Anda mempunyai sebuah koper vintage, 4 kaki dan 4 sekrup pada lampiran kaki, 1 potong kayu lapis tipis agar muat di dalam koper Anda, busa atau bantal, dan kain putih, Anda juga bisa membuat kursi ini. Sebagai langkah awal untuk membuatnya, cat 4 kaki kursi dengan warna yang Anda suka dan siapkan bantal atau busa yang sesuai dengan ukuran koper. Lalu tutupi bantal atau busa dengan kain dan ratakan. Selanjutnya, letakkan potongan kayu lapis di bagian bawah koper untuk membuatnya lebih kuat. Terakhir, letakkan lapisan lem yang di bagian dalam koper Anda dan dorong bantal di atasnya. Lakukan hal yang sama pada bagian bawah bantal. Kemudian, letakkan kursi koper mini di sudut ruang tamu Anda.

5. Sofa dari Palet Kayu

Sofa Dari Palet Kayu
Sofa Dari Palet Kayu

Sofa adalah furnitur penting untuk ruang tamu Anda. Jika Anda ingin membuat sofa sendiri dari palet kayu bekas, maka ini adalah ide DIY yang tepat untuk Anda. Seperti yang Anda lihat pada gambar, sofa palet kayu yang dibuat model tingkat rendah hanya membutuhkan palet dengan jumlah sedikit. Anda hanya membutuhkan 12 palet kayu persegi dalam ukuran yang sama dan 1 palet yang lebih besar untuk meja samping. Lalu, tumpuk setiap 2 palet kayu hingga membentuk huruf L. Setelah itu perkuat tumpukannya dengan paku dan sekrup. Kemudian buat 6 bantal yang sesuai dengan ukuran palet. Jika memungkinkan, tambahkan beberapa bantal untuk membuat sofa lebih nyaman. Sedangkan untuk meja samping, Anda cukup mengecat permukaan palet dan menambahkan roda kastor di bawah peti. Sangat mudah, bukan?

4. Meja Kopi dari Koper

Meja Kopi Dari Koper
Meja Kopi Dari Koper

Apakah Anda memiliki koper kulit tua yang tidak lagi digunakan? Jika Anda masih memilikinya, mari ubah menjadi meja kopi untuk ruang tamu Anda. Sebelumnya, Anda harus membersihkan koper sebelum meletakkannya di ruang tamu. Kemudian, Anda dapat menumpuk di atasnya dengan beberapa koper lain. Sebagai tambahan, Anda dapat membangun struktur kecil yang terbuat dari kayu untuk meletakkan koper. Setelah itu, meja kopi unik ini pun sudah siap untuk melengkapi kesempurnaan ruang tamu Anda.

3. Meja Kopi Transparan

Meja Kopi Transparan
Meja Kopi Transparan

Ini adalah contoh furnitur kelas atas yang bagus dan mewah. Dari pintu atau jendela lemari reklamasi yang terbuat dari kaca dapat diubah menjadi meja kopi yang cantik. Selain itu, meja kopi transparan ini juga bisa dibuka sehingga Anda bisa meletakkan buku yang sudah setengah dibaca dan melihatnya kembali di sana dengan mudah.
Untuk membuat meja ini, potong pintu kaca sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Lalu, buat kotak kayu persegi dan paku pintu kaca di atasnya. Terakhir, tambahkan kaki ke bagian bawah meja. Hasilnya, meja kopi transparan ini pun siap memberikan sentuhan berbeda di ruang tamu Anda.

2. Kursi Ban Nyaman

Kursi Ban Nyaman
Kursi Ban Nyaman

Ban bekas biasanya dapat diubah menjadi ayunan di halaman belakang rumah. Bahkan, ada begitu banyak ide daur ulang lain yang bagus untuk memanfaatkan ban dengan baik. Salah satu adalah mengubah ban lama menjadi kursi yang nyaman. Untuk menghadirkan tampilan baru, cat ban dengan warna pilihan Anda, atau bungkus ban dengan tali besar, seperti ini. Kemudian tambahkan kaki untuk kursi ban, dari kaki logam atau besi. Terakhir, tambahkan rentangkan topper kursi tali anyaman di bagian tengah ban untuk membuat rasa nyaman saat Anda duduk di atasnya. Simpel dan sangat mudah, bukan?

1. Sofa Mobil Tua

Sofa Mobil Tua
Sofa Mobil Tua

Mungkin Anda memerlukan sedikit bantuan dari tenaga profesional untuk membuat sofa dari mobil tua ini. Siklus kreatif ini adalah hal yang sangat penting untuk menghadirkan suasana retro yang nyata ke ruang tamu Anda. Untuk memulainya, Anda perlu menemukan sendiri kap mobil lama kemudian berkonsultasi dengan pandai besi untuk menyoldernya. Setelah itu, bersihkan dan tempelkan beberapa kaki kursi dari kayu yang cukup kokoh. Kemudian, tambahkan papan kayu daur ulang dan catlah dengan warna pedesaan untuk memberikan sentuhan vintage. Lalu lihatlah hasilnya, bagian depan mobil tua ini pun telah berubah menjadi sofa yang unik untuk ruangan Anda.

Sekarang, Anda tahu bahwa untuk memperbaharui ruang tamu Anda tidak harus mahal. Dengan sedikit kreativitas dan memberikan warna yang berbeda, Anda dapat mengubah rongsokan menjadi furnitur yang dapat menambah seni di ruang tamu Anda. Selain peduli dengan lingkungan, Anda pun telah berhasil menjadi salah satu orang yang kreatif dalam memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar Anda.

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Related Posts

Blur Calorie Intake Calories 1927500

100 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

SPESIAL.NET – Siapa yang tidak mau memiliki bentuk tubuh yang ideal? Mungkin Anda pun termasuk salah satu orang yang mengidam-idamkannya. Tidak sedikit orang yang mencoba melakukan berbagai…

Silverkriscom

100 Tempat Wisata dan Kuliner Instagramable di Surabaya

Siapa sih yang tidak mengenal Kota Surabaya? Semua pasti mengenalnya terutama dengan julukannya sebagai Kota Pahlawan berkat peristiwa heroik 10 November 1945. Sebagai salah satu kota terbesar…

10 Ide Dekorasi DIY Spesial untuk Ruang Tamu Kecil

10 Ide Dekorasi DIY Spesial untuk Ruang Tamu Kecil

Ruang tamu adalah salah satu ruang yang paling hidup di rumah Anda. Di sinilah Anda menerima tamu dan menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Maka tak khayal…

Active Activity Adult 1308746

Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan. Yoga merupakan olahraga yang kini sedang populer di kalangan masyarakat. Latihan yoga dapat mendukung perkembangan fisik,…

10 Room Makeover Ideas For Cheap Via Simphome Featured

10 Ide Makeover Rumah dengan Biaya Murah

Rumah merupakan tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Di situlah Anda akan menemukan ketenangan dan kebahagiaan. Namun, ketika Anda berpikir bahwa rumah sudah mulai suram dan membosankan, berarti…

Tokyostorynet

Tempat Wisata di Tokyo: Menonton Seni Wayang Orang Khas Jepang, Kabuki

Spesial.net – 歌舞伎 atau Kabuki terdiri atas tiga susunan huruf kanji, yaitu (歌 =ka/uta, berarti nyanyian, musik atau dialog, 舞 = bu/mau, yang berarti tarian dan 伎…