Kenali Gejala Kolesterol Tinggi Sejak Dini Sebelum Terlambat

By

Kenali Gejala Kolesterol Tinggi Sejak Dini Sebelum Terlambat

Gejala Kolesterol Tinggi

SPESIAL.NET – Mengenali gejala kolesterol tinggi merupakan sebagian cara yang paling efektif untuk mengatasinya. Banyak kasus yang terjadi justru karena penderita tidak atau terlambat dalam menyadari jika mengalami kondisi yang berat tersebut. Parahnya lagi, kasus kolesterol tinggi terjadi dalam bentuk komplikasi dengan penyakit berbahaya lainnya, seperti stroke, penyakit jantung koroner, ataupun karena adanya serangan jantung.

Keterlambatan dalam menyadari adanya kolesterol tinggi dalam tubuh memiliki konsekuensi yang cukup berat. Kenapa? Sebab kondisi ini dapat menyebabkan sejumlah penyakit, seperti aterosklerosis. Dinding pembuluh darah arteri yang tersumbat akibat penumpukan plak akan menyumbat aliran darah sebagian atau seluruhnya. Kondisi inilah yang kemudian memunculkan terjadinya penyakit jantung koroner.

Selain itu, kolesterol tinggi juga bisa menyebabkan serangan jantung. Hal ini bisa terjadi karena adanya gumpalan darah yang terbentuk di permukaan plak yang menghalangi aliran darah ke jantung sehingga otot jantung kekurangan oksigen. Jika konddisi berlangsung terus mmenerus, maka bisa membuat otot jantung tak berfungsi sehingga memicu terjadinya serangan jantung.

8 Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Sebenarnya tidak mudah mengenali gejala yang menyertai kolesterol tinggi. Kalaupun ada tanda atau gejala yang muncul biasanya tidak berdiri sendiri sebagai akibat kolesterol tinggi yang dideritanya.

Cara terbaik mmengetahui apakah anda memiliki kondisi semacam ini atau tidak adalah dengan memeriksakan kadar HDL dan LDL ke klinik terdekat. Pemeriksaan profil lipid secara rutin merupakan langkah bijak untuk mencegah dan mengansitisipasi terjadinya penyakit kronis yang menyertainya.

Berikut ini beberapa gejala kolesterol tinggi yang kerap dianggap sepele padahal perlu diwaspadai.

1. Bau Mulut

Gejala yang kerap terjadi dari kolesterol tinggi adalah keluarnya bau mulut tak sedap. Bau ini terjadi akibat terganggunnya saluran pencernaan yang menyebabkannya mengalami kekeringan sehingga menciptakan bau tak sedap.

2. Sembelit

Sembelit terjadi akkibat adanya penumpukan lipid pada arteri sehingga menyebabkan terganggunya pencernaan.

3. Nyeri Dada

Nyeri dada terjadi akibat adanya penumpukan lemak pada arteri yang menyebabkan aliran darah terganggu. Kondisi ini jika tidak segera diatasi juga bisa memicu terjadinya hipertensi. Namun nyeri dada tidak selalu merupakan gejala kolesterol tinggi karena bisa terjadi akibat penyakit lain.

4. Kembung dan Masalah Pencernaan

Gangguan pada pencernaan ataupun terjadinya kembung sebenarnya bisa dibilang merupakan gejala kolesterol tinggi yang sudah terlambat. Hal ini terjadi karena sudah tidak terkontrolnya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

5. Sakit Kepala

Jika anda sering mengalami pusing dan sakit kepala yang berulang dan tak kunjung sembuh, bisa jadi ini merupakan gejala kolesterol tinggi. Sirkulasi darah yang menuju ke otak dan kepala terganggu karena penumpukan kolesterol pada arteri. Segera periksakan ke dokter untuk memastikannya.

6. Gangguan Penglihatan

Gangguan penglihatan yang disebabkan karena kolesterol tinggi bisa membuat terjadinya iritasi pada mata, mata berubah menjadi kuning, hingga penglihatan menjadi kabur. Jika kondisi ini tidak segera diatasi dapat menyebabkan terjadinya kerusakan permanen pada mata hingga menyebabkan kebutaan.

7. Sebagian Tubuh Membengkak dan Mati Rasa

Akumulasi lipid yang berlangsung terus menerus dapat mengganggu sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Salahstau gejala awal yang muncul adalah terjadinya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh ataupun mati rasa.

8. Tubuh Lelah dan Lemah

Jika anda merasakan tubuh yang lelah dan lemah secara terusmenerus dan seperti hhanya ingin tidur sepanjang hari sebaiknya perlu diwaspadai. Segera cek ke dokter untuk memastikan bahwa ini bukan gejala kolesterol.

Itulah beberapa gejala kolesterol tinggi yang perlu dikenali sejak dini untuk memudahkan dalam menyembuhkannya.

Leave a Comment