Keripik Nangka dan Cara Membuatnya Tanpa Mesin alias Secara Manual

0
7512
Keripik Nangka
Keripik Nangka

SPESIAL.NET – Keripik nangka merupakan salah satu jenis makanan ringan yang dibuat dari buah-buahan yang banyak digemari. Keripik buah menjadi salah satu jenis oleh-oleh favorit yang banyak dijual di berbbagai tempat oleh-oleh bagi wisatawan di seluruh wilayah di Indonesia.

Sebagai negara tropis, Indonesia dikenal sangat kaya dengan hasil buminya, termasuk jenis buah-buahan yang banyak sekali jenisnya. Dari buah nangka, apel, salak, mangga, hingga buah naga telah banyak diolah menjadi olahan keripik yang renyah dengan rasa buah aslinya yang cukup dominan.

Advertisement

Umumnya buah-buahan musiman memiliki umur yang cukup pendek setelah dipanen. Buah-buahan tropis semacam ini paling lama hanya bisa bertahan selama seminggu untuk dikonsumsi. Itupun hanya bisa dinikmati saat musim buah tiba karena memang merupakan jenis buah musiman.

Keripik Nangka
Keripik Nangka

Olahan pasca panen menjadi keripik merupakan langkah tepat. Selain agar buah tidak cepat busuk, olahan ini juga dapat meningkatkan nilai ekonomis buah yang dihasilkan para petani atau pengusaha buah. Selain itu masyarakat juga membutuhkan kreasi olahan yang awet daya tahannya namun dengan cita rasa asli buahnya yang masih kuat.

Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Buah nangka merupakan jenis buah musiman dengan rasanya yang masih dan kulit buahnya yang cukup tebal. Selama ini buah nangka banyak dimanfaatkan untuk campuran es buah ataupun olahan kue. Namun sebaiknya jangan makan terlalu banyak buah nangka karena bisa menimbulkan gas dalam perut.

Buah nangka memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan. Berikut ini sejumlah manfaat buah nangka untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

1. Untuk kekebalan tubuh

Buah ini banyak mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dalam meningkatkan kekebalan atau system imun tubuh sekaligus mencegah dan menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh.

2. Mencegah Anemia

Buah nangka juga mengandung zat besi yang sangat penting untuk membantu proses pembentukan sel-sel darah merah. Karena itulah buah ini sangat baik dimakan untuk mencegah gejala kurang darah ataupun anemia

3. Sumber Energi Alami untuk Tubuh

Buah nangka juga banyak mengandung fruktosa dan sukrosa, jenis gula alami yang menjadi sumber energi penting untuk tubuh. Uniknya, gula alami nangka ini tidak mengandung lemak jenuh atau kolestrol sehingga aman untuk tubuh.

4. Menguatkan Tulang dann Anti Osteoporosis

Kandungan magnesium dalam buah ini bermanfaat untuk memperkuat tulang dan mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah nangka juga kaya dengan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata dan mencegah resiko penyakit mata seperti degenerasi macula maupun rabun senja. Vitamin A juga baik untuk meningkatkan kesehatan kulit tubuh.

Cara Membuat Keripik Nangka Tanpa Mesin

Jika selama ini keripik buah nangka dihasilkan dengan menggunakan mesin vacuum fryer, maka kali ini akan dipaparkan cara membuat keripik nangka tanpa mesin alias secara manual. Yuk simak saja ulasan selengkapnya di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat keripik nangka antara lain:

  • buah nangka segar 1 kg
  • air kapur sirih secukupnya
  • minyak goreng 2 liter
  • garam 75 gram
  • gula pasir 150 gram
  • air 1,5 liter

Untuk cara membuat keripik nangka adalah sebagai berikut:

  1. Pisahkan daging buah nangka dari bijinya lalu belah menjadi dua bagian dengan memotong pada ujungnya
  2. Selanjutnya rendam buah nangka dalam air kapur sirih selama sekitar 5 jam terutama untuk menghilangkan lengket getahnya.
  3. Setelah itu cuci bersih buah nangka lalu dikeringkan
  4. Setelah itu siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng agak banyak dan panaskan dengan api besar.
  5. Masukkan buah nangka ke dalam wajan hingga tenggelaam dalam minyak goreng dan masak hingga matang dan kering. Angkat setelah tak ada lagi buih yang muncul dan tiriskan.
  6. Setelah agak dingin dan kering masukkan dan simpan dalam toples atau bungkus plastik yang kedap udara agar tahan lama dan awet renyahnya. Keripuk buah nangka pun siap disajikan.

Demikianlah informasi tentang keripik nangka dan cara membuat keripik nangka tanpa mesin yang semoga bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here