Kreasi Hebat, Membuat Meja Makan Kecil DIY
Kreasi Hebat, Membuat Meja Makan Kecil DIY
banner large

Kreasi Hebat, Membuat Meja Makan Kecil DIY

X
Share

Banyak cerita mulai yang terangkai dari kebersamaan Anda bersama keluarga saat makan bersama dalam satu meja makan. Oleh karena itu, untuk menjaga komunikasi tetap hangat, Anda perlu membuat meja makan yang indah. Jika Anda ingin membuat meja makan terbaik tanpa memerlukan banyak biaya, berikut 10 ide meja makan kecil yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

10. Meja Makan Rumah Pertanian Kecil

banner 300x250
Meja Makan Rumah Pertanian Kecil
Meja Makan Rumah Pertanian Kecil

Jika dapur Anda sempit, meja makan kecil ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Ukurannya sangat cocok untuk keluarga kecil Anda. Belum lagi gaya pertaniannya, yang tentunya akan membuat dapur Anda terlihat chic.
Untuk membuat meja ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu beberapa papan, pena, dan cat. Setelah Anda menyiapkan bahan dan peralatan penting lainnya, bor dua lubang di setiap bagian kaki meja. Kemudian, masukkan lem ke lubang sebelum memaku pasak, lalu pasang kaki meja dengan benar dan rangkailah pasak-pasak tersebut hingga membentuk bingkai meja yang kuat dan kokoh, lalu catlah dengan warna yang Anda suka.
Setelah mengecat bingkai meja, sekarang saatnya Anda membuat bagian atas dengan menempelkan beberapa papan dan menyesuaikan ukurannya dengan bingkai. Kemudian, ampelaslah meja dari atas ke bawah, bersihkan residunya, lalu oleskan beberapa lapis cat, dan aplikasikan poliuretan berbasis air pada sesi akhir pengecatan untuk menghasilkan lapisan yang mengilap. Setelah cat mengering dengan sempurna, pasang papan tersebut ke atas bingkai meja dengan menggunakan paku.

9. Meja Palet Kayu dengan Kaki Jepit Rambut

Meja Palet Kayu Dengan Kaki Jepit Rambut
Meja Palet Kayu Dengan Kaki Jepit Rambut

Meja makan kecil ini pasti akan meningkatkan ruang makan Anda dengan sedikit sentuhan pedesaan dan modern. Dan yang lebih penting lagi, meja ini juga sangat mudah dibuat. Untuk membuat meja yang luar biasa ini, Anda harus menghapus bilah kayu dari palet tua. Kemudian, atur dan pasang bilah kayu sesuai keinginan di atas meja. Balik bagian atas meja dan pasang kaki meja dengan kuat. Sebenarnya, Anda bisa menggunakan segala model meja kaki. Tetapi jika Anda ingin membuat meja makan yang terlihat berbeda, gaya kaki meja jepit rambut seperti ini akan menjadi pilihan terbaik.

8. Sudut Sarapan yang Indah

Sudut Sarapan Yang Indah
Sudut Sarapan yang Indah

Jika Anda seorang penghuni apartemen yang kebetulan tinggal di sebuah apartemen kecil, Anda tahu bagaimana rasanya menemukan furnitur terbaik yang sesuai dengan ruang yang ada. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuatnya sendiri dengan bahan yang mudah Anda temukan.
Meja makan kecil ini adalah tempat sarapan yang sempurna untuk apartemen kecil Anda. Untuk membuatnya, siapkan papan kayu lapis birch baltik dengan ukurannya 24”x30” dengan ketebalan ¾”. Lalu, rapikan bagian tepi papan dan ampelas bagian atas dengan orbital sander. Kemudian, beri beberapa lapis poliuretan untuk melindunginya dari tumpahan air saat Anda menggunakannya nanti. Terakhir, pasang kaki kayu, yang telah dicat hitam dan diberi sentuhan warna emas dengan kayu pasak atau dowel pin.

7. Meja Makan Luar Ruangan

Meja Makan Luar Ruangan
Meja Makan Luar Ruangan

Apakah Anda suka menikmati makanan di luar ruangan? Meja makan outdoor ini tentu cocok untuk Anda. Ukurannya cukup besar, dan juga tidak terlalu kecil. Jadi dapat menampung hingga 4 orang, sehingga Anda dapat menikmati makanan sambil bercanda dengan keluarga atau teman. Sebenarnya, langkah membuat meja makan ini sama saja dengan banyak meja lain yang telah disebutkan sebelumnya. Jadi, Anda harus membuat bingkai meja terlebih dahulu sebelum membuat atasnya dengan beberapa papan. Lalu, yang membuatnya sedikit berbeda adalah kaki meja hias. Untuk membuat kaki dekoratif ini, Anda harus memasang papan 5 1/2″ x 3/4″ x 5 1/2″ ke bagian bawah kaki meja dengan lem kayu dan sekrup konstruksi 1 ¼”.

6. Meja Bundar Modern Abad Pertengahan

Meja Bundar Modern Abad Pertengahan
Meja Bundar Modern Abad Pertengahan

Meja makan ini tampak sederhana. Dengan bentuk bulatnya, tentu akan menjadikannya sebgai furnitur yang sempurna untuk rumah modern abad pertengahan Anda. Sebenarnya meja makan bundar ini adalah meja bundar dari keramik bundar yang didukung dengan empat kaki meja model jepit rambut emas. Namun, ada hal lain yang muncul di antara kaki dan puncak meja batu yaitu kayu lapis bundar yang telah dipotong dengan ukuran bagian atas meja dan ditambahkan di sana untuk membuat meja menjadi lebih kuat.

5. Meja Alas Bulat

Meja Alas Bulat
Meja Alas Bulat

Pada dasarnya, ide berikut ini hampir sama dengan ide sebelumnya. Jadi, buatlah atas meja dengan model lingkaran. Anda dapat membuatnya dari papan kayu. Pertama, siapkan papan kayu, lalu ukur diameter lingkaran sesuai dengan Anda inginkan. Setelah itu, potonglah papan menggunakan gergaji. Setelah papan dalam bentuk lingkaran sudah jadi, haluskan permukaannya menggunakan ampelas. Lalu bersihkan dan mulailah mengecatnya dengan warna yang menurut Anda paling pas dengan ruangan makan Anda, kemudian biarkan mengering.
Sambil menunggu atas meja kering, Anda bisa mulai membuat kaki meja, seperti di gambar. Ide ini memang sedikit berbeda dari kaki meja pada umumnya. Pada model ini, kaki meja disatukan dengan lem kayu, lalu buatlah kokoh dengan mengebor dan memasang sekrup di sana. Setelah itu, haluskan kaki meja dengan ampelas. Kemudian, catlah dengan warna yang sesuai dengan atas meja yang sudah Anda buat sebelumnya. Setelah cat kering, satukan keduanya dengan sekrup kayu. Selanjutnya, aturlah meja dengan kursi yang serasi.

4. Meja Putih dengan Kaki Tembaga

Meja Putih Dengan Kaki Tembaga
Meja Putih Dengan Kaki Tembaga

Tampilan meja ini cukup menarik. Mejanya terlihat mengilap dengan kaki tembaga yang ramping, membuat meja ini makin menawan. Dan Anda, dapat membuat meja ini dengan beberapa tahap berikut. Pertama, buatlah atas meja dari papan dengan ukuran 4 1″x 1″x 8” dan buatlah beberapa papan lain untuk membuat bingkai meja. Kemudian, potong papan menjadi atas meja dan papan lain sebagai bingkai meja. Setelah itu, satukan meja dengan bingkai tersebut menggunakan lem kayu. Selanjutnya, buatlah kaki meja. Anda harus membuat lubang di setiap ujung penyangga kayu. Pastikan lubang tersebut memiliki lebar yang sama dengan pipa tembaga. Ukur 5″dari tepi pipa tembaga. Setelah itu, borlah hingga membentuk lubang dan pasang potongan pasak kayu 5”. Setelah itu, pasang kaki meja tersebut dengan atas meja dan bingkai yang telah Anda buat sebelumnya.

3. Meretas Meja IKEA

Meretas Meja IKEA
Meretas Meja IKEA

Melakukan proyek pengubahan dari produk IKEA selalu merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Dan meja makan oval ini adalah proyek Anda berikutnya. Yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan bagian atas meja yang sebelumnya berbentuk persegi panjang. Setelah itu, potonglah hingga berbentuk oval. Setelah itu, satukan dengan alas meja Docksta IKEA. Karena meja makan ini berbentuk oval, meja ini dapat menampung lebih banyak orang. Dengan begitu, Anda dapat mengundang teman untuk datang dan makan malam bersama di sana.

2. Meja Makan Kayu Reklamasi

Meja Makan Kayu Reklamasi
Meja Makan Kayu Reklamasi

Apakah Anda menyukai model tampilan pedesaan? Jika Anda sangat tertarik dengan gaya tersebut, cobalah untuk membuat meja dari kayu reklamasi ini. Caranya, Anda hanya membutuhkan beberapa potongan kayu. Lalu haluskan permukaannya, lalu satukan dengan lem kayu hingga membentuk alas meja. Setelah itu, pasanglah alas meja dengan kak-kaki meja yang juga bisa Anda buat dari kayu yang sama, namun lebih kokoh, dengan menggunakan paku.

1. Meja Makan Drop Leaf

Meja Makan Drop Leaf
Meja Makan Drop Leaf

Apakah Anda masih bingung untuk menentukan membuat meja makan kecil atau yang lebih besar? Jika Anda masih galau dalam mengambil keputusan, mengapa Anda tidak membuat keduanya? Ya, cobalah membuat meja makan 2-in-1 seperti meja makan drop leaf ini. Sebenarnya, ini seperti meja biasa dengan kaki-kaki pipa. Namun, Anda perlu memasang penyangga dan engsel daun jatuh, yang agak sulit tapi mudah dilakukan. Cukup ikuti instruksi yang disertakan pada perangkat keras drop leaf dengan benar, akhirnya Anda pun akan mendapatkan meja dengan hasil yang menakjubkan, seperti meja ini.

Meja makan yang bersih dan dapat menampung sejumlah orang, tentu akan sangat menyenangkan. Dan dengan 10 ide di atas, Anda juga telah mendapatkan inspirasi yang tepat untuk membuat meja makan dengan mudah. Jika Anda sudah berniat untuk segera melakukan proyek ini, mari siapkan segala perlengkapan yang mendukung ide Anda dan isi akhir pekan Anda dengan kegiatan yang menyenangkan ini. Selamat bekerja!

banner 728x90

DCA (Dollar-Cost Averaging) is one of the simplest trading strategies: According to the data, 90% of traders will get better returns if they use DCA instead of manually investing their funds. DCA is a strategy that allows the investor to buy the same dollar amount of investment at regular intervals. The purchases occur regularly at specified timeframes, regardless of the asset’s price at that moment.