Cara Menurunkan Gula Darah
Cara Menurunkan Gula Darah

Dengan aplikasi Hotelcombined kamu bisa mendapatkan informasi hotel dan tempat peristirahatan yang paling murah. Mulai dari hotel-hotel lokal dan Hotel luar negri kamu bisa mendapatkan informasi berharga yg bisa menghemat pengeluaran healing kamu dan termasuk anggota keluarga kamu. Satu hal. Jika kamu belum mendapatkan tiket pesawat kamu bisa menggunakan aplikasi yg sama untuk mendapatkan harga yg paling murah


 

Langkah Mudah Cara Menurunkan Gula Darah

X
Share

SPESIAL.NET – Tak sedikit orang yang berusaha mencari tahu cara menurunkan gula darah saat mengetahui kadar gula darahnya naik. Padahal mengendalikan kadar gula ini sangat tergantung dari faktor penyebabnya, sementara naik turunnya kadar gula disebabkan banyak faktor yang perlu dikenali dengan tepat.

Sebenarnya tubuh sangat membutuhkan gula dalam darah sebagai sumber energi untuk menjalankan aktivitas keseharian. Namun tinggi rendahnya tingkat gula atau glukosa dalam darah juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Jika tingkat kadar glukosa melebihi batas normal atau tidak normal, maka kesehatan bisa terganggu.

Ketidaknormalan kadar glukosa darah terutama berkaitan dengan system kerja insulin tubuh yang terganggu. Kondisi ini pula yang menyebabkan terjadinya penyakit diabetes.

Cara Mengukur Kadar Gula Darah

Memonitor kadar gula darah memang sangatlah penting untuk melihat apakah seseorang berpotensi mengidap diabetes. Namun mengukur kadar glukosa darah juga perlu dilakukan dengan tepat agar hasilnya akurat. Apalagi kadar gula darah bisa bervariasi hasil pengukurannya tergantung dari jenis makanan terakhir yang dimakan. Karena itulah untuk mengetahui atau mengukur kadar gula darah secara tepat harus dilakukan puasa terlebih dahulu.

Untuk melakukan diagnosis diabetes, ada beberapa tanda ata gejala yang umumnya dijadikan pegangan, yaitu meliputi:

  • Jika kadar gula darah saat puasa sama atau atau lebih besar dari 126 mg/dL atau jika tes dilakukan tanpa puasa dan hasilnya lebih dari 200 mg/dL. Hasil inipun masih harus dilihat dengan tes toleransi glukosa oral ataupun tes HbA1c yang harus dilakukan tenaga medis.
  • Mengenali gejala klasik yang oleh kalangan medis popular dengan istilah (3P) yang meliputi Polyphagia atau makan lebih sering, Polydipsia atau minum lebih sering, dan Polyuria atau kencing lebih sering. Gejala 3P ini umumnya dibarengi dengan menurunnya berat badan.
  • Gejala lainnya yang juga perlu dicermati meliputi parestesia (rasa baal, kesemutan, atau rasa tebal) terutama di bagian bawah tubuh, tubuh merasa lemah, pandangan mata kabur, ataupun terjadinya infeksi jamur.

4 Langkah Mudah Menurunkan Gula Darah

Diabetes termasuk jenis penyakit yang belum bisa disembuhkan. Namun agar penyakit ini tidak makin parah dan mengganggu aktivitas, maka yang perlu dilakukan adalah dengan mengontrol kadar gula darah. Berikut ini beberapa langkah mudah cara menurunkan gula darah yang bisa anda lakukan.

  1. Atur pola makan anda dengan menganut prinsip 3J yang meliputi jumlah, jadwal, dan jenis makanan yang dikonsumsi. Hindari makan makanan yang kadar indeks glikemiknya tinggi (atau lebih besar dari 60) agar gula darah anda stabil.
  2. Jika anda mengalami gejala 3P seperti yang telah disebutkan di atas, segera konsultasikan dengan dokter dan monitor kadar glikemik agar kadar glukosa darah tetap stabil.
  3. Lakukan olah raga ringan secara teratur dan terjadwal. Anda bisa melakukan jogging pagi atau sekedar aktivitas fisik ringan lainnya.
  4. Meskipun diabetes belum ada obatnya namun tak ada salahnya anda minum obat anti diabetik untuk menurunkan gula darah. Selain itu anda juga bisa mengikuti terapi suntik insulin meskipun mungkin biayanya yang tidak sedikit.

Itulah sejumlah tips dan cara menurunkan gula darah yang semoga bermanfaat untuk mengendalikan penyakit diabetes anda.

banner 728x90

DCA (Dollar-Cost Averaging) is one of the simplest trading strategies: According to the data, 90% of traders will get better returns if they use DCA instead of manually investing their funds. DCA is a strategy that allows the investor to buy the same dollar amount of investment at regular intervals. The purchases occur regularly at specified timeframes, regardless of the asset’s price at that moment.