Manfaat Kacang Almond dan Resep Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil

SPESIAL.NET – Dibandingkan jenis kacang-kacangan lainnya, manfaat kacang almond untuk kesehatan ternyata jauh lebih besar, khususnya untuk ibu hamil. Pada postingan kali ini admin akan mengulas beragam manfaat kacang yang cukup mahal harganya ini lengkap dengan resep olahan kacang almod yang baik untuk cemilan sehat bagi anda yang sedang hamil.

Yaps, benar sekali, harganya yang cukup mahal membuat makanan ini lebih banyak dikonsumsi masyarakat menengah ke atas. Padahal kacang almond termasuk jenis kacang super yang kaya nutrisi penting untuk tubuh. Ada dua jenis almond yang sering dikonsumsi, yaitu almond dengan rasa manis dan jenis yang rasanya pahit. Kacang almond manis sering dijadikan camilan yag enak sedangkan kacang almond pahit lebih banyak dimanfaatkan kalangan industri untuk diolah menjadi minyak almond.

Manfaat Kacang Almond
Manfaat Kacang Almond

Kacang almond memiliki banyak kandungan minyak yang mencapai 49 persen. Sedangkan kandungan nutrisi kacang ini juga cukup beragam, antara lain asam lemak omega-9, asam lemak omega-6, asam lemak omega-3, asam palmiat, karbohidrat, vitamin B, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, lemak nabati, lemak tidak jenuh, tinggi serat, asam amino esensial, fenilalanin, biotin, tembaga, magnesium, kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi. Kacang almond juga dikenal kaya kalori dan tinggi zat antioksidannya.

Beragam Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi dan gizinya tersebut, ada banyak manfaat kacang almond untuk kesehatan yang sebaiknya anda tahu. Manfaat itu antara lain :

Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan beragam jenis mineral penting dalam kacang almond, seperti kalsium, kalsium, magnesium, tembaga, mangan sangat baik untuk menangkal dan mengatasi kolesterol jahat pada dinding arteri. Karena itu sering makan kacang ini baik untuk meningkatkan kesehatan jantung

Menekan risiko penyakit kanker usus besar

Hasil penelitian menemukan bahwa kandungan lemak dalam kacang almond mampu menekan dan meminimalisir risiko kanker usus besar.

Mengatasi peradangan

Mengkonsumsi kacang almond dapat memasok flavonoid antioksidan k edalam tubuh yang berfungsi menangkal virus atau bakteri sering menyerang dinding arteri. Ini juga akan bermanfaat untuk mengatasi peradangan dalam tubuh.

Menstabilkan kadar kolesterol

Kandungan vitamin E dalam kacang almond juga berguna untuk mentsabilkan kadar kolesterol tubuh, mencegah ternjadinya penyumbatan arteri akibat kolesterol, dan antioksidan penting yang berguna untuk melindungi sel darah terhadap kerusakan. Makan kacang ini akan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menekan kolesterol jahat (LDL).

Manfaat Almond untuk Ibu Hamil dan Janin

Kacang almond juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Berikut ini beragam manfaat almond untuk ibu hamil dan janin.

Sebagai Sumber Energi

Mengkonsumsi kacang almond yang kaya karbohidrat dan protein dapat memberikan energy yang cukup yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Kacang ini juga akan memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil agar tubuhnya menjadi bugar dalam menjalankan aktivitasnya.

Mencegah Bayi Lahir Cacat

Kandungan asam folat dalam kacang almond sangat bagi bagi ibu hamil karena bisa menghindarkan dan menekan risiko kelahiran bayi yang cacat. Karena itu ibu hamill sebaiknya mengkonsumsi kacang ini sesuai takaran yang diberikan dokter.

Menjaga Kesehatan dan Pertumbuhan Janin

Banyaknya kandungan asam lemak omega dalam kacang almond sangat baik untuk pertumbuhan otak janin dan membuat anak lahir sempurna. Begitu juga kandungan vitamin C dalam almond juga sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil maupun janin dalam kandungannya.

Resep Cemilan Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Di bawah ini disampaikan resep cemilan kacang almond untuk ibu hamil sebagai cemilan sehat.

Bahan yang diperlukan antara lain:

  • Kacang Almond secukupnya
  • keju secukupnya
  • pisang muli (yg kecil-kecil) 5-10 buah
  • SKM atau susu bumil 2 sachet

Untuk cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Pisang dikupas dan dipotong lalu letakkan di piring. Keju diarut di atas pisang dan tambahkan SKM atau susu bumil dan taburkan kacang almond secukupnya. Tambahkan air jika diperlukan.
  2. Untuk menambah rasa, bisa tambahkan toping coklat atau remahan biskuit.

Itulah informasi tentang manfaat kacang almond lengkap dengan resep cemilan sehat untuk ibu hamil yang semoga bermanfaat.

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Cemilan lovers yg kadang-kadang juga suka nulis dan baca. Akrab dengan berbagai macam cemilan sejak usia dini mengubah dia menjadi sedikit terobsesi dengan makanan ringan dan topik yg terkait dengannya.

Related Posts

Silverkriscom

100 Tempat Wisata dan Kuliner Instagramable di Surabaya

Siapa sih yang tidak mengenal Kota Surabaya? Semua pasti mengenalnya terutama dengan julukannya sebagai Kota Pahlawan berkat peristiwa heroik 10 November 1945. Sebagai salah satu kota terbesar…

Menu Ramadhan

Menu Ramadhan dan Tips Penting yang Wajib Diketahui

SPESIAL.NET – Bagaimana sih mempersiapkan menu Ramadhan yang sehat tapi juga tidak ribet? Menu apa saja yang cocok dan tepat untuk berbuka maupun untuk sahur agar puasa…

Resep Buka Puasa Dan Sahur

Resep Buka Puasa dan Sahur yang Sehat, Bergizi, dan Simpel

SPESIAL.NET – Buat Anda yang sedang mencari resep buka puasa dan sahur yang sehat dan bergizi, sebaiknya simak artikel ini hingga tuntas. Selain menawarkan nutrisi yang penting…

Menu Sahur Praktis Untuk Sebulan

Menu Sahur Praktis Untuk Sebulan yang Enak dan Bergizi

SPESIAL.NET – Merencanakan dan mempersiapkan menu sahur praktis untuk sebulan bukanlah hal yang sulit. Untuk membantu Anda menemukan ide, postingan kali ini akan disajiakn inspirasi menu sahur…

Menu Makanan Buka Puasa

Menu Makanan Buka Puasa Sebulan yang Bisa Anda Siapkan

SPESIAL.NET – Merencanakan dan mempersiapkan menu makanan buka puasa ternyata gampang-gampang susah. Mungkin gampang karena ada banyak sekali pilihan menu yang bisa dipilih. Namun ternyata mengambil eksekusi…

Menu Untuk Sahur

Tips Bijak Memilih Menu untuk Sahur

SPESIAL.NET – Mempersiapkan menu untuk sahur sebenarnya tak jauh berbeda dengan menu untuk berbuka. Namun jika makanan buka puasa ditujukan untuk menyuplai nutrisi yang dibutuhkan tubuh setelah…