Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan. Putih telur (telur tanpa kuning telur) cukup populer di kalangan orang-orang yang sedang menjalankan proses penurunan berat badan. Dikenal sebagai superfood, telur diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Tetapi karena kandungan lemak dan kalorinya, kuning telur seringkali dibuang dari menu diet. Hal ini mungkin karena keyakinan bahwa kuning telur dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan dapat berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol tinggi juga bisa berbahaya bagi penderita penyakit jantung. Putih telur, di sisi lain, rendah kolesterol dan kaya nutrisi dan vitamin esensial. Putih telur juga aman dikonsumsi untuk penderita penyakit jantung. Selain rendah lemak dan kalori, putih telur juga tinggi protein, yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga bisa mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Nutrisi Putih Telur

Menurut U.S. Department of Agriculture, putih telur besar memiliki sekitar 17 kalori, kurang dari 1 gram karbohidrat, kurang dari 1 gram gula, dan sekitar 3,5 gram protein. Putih telur tidak mengandung kolesterol dan juga lemak. Sebaliknya, kuning telur memiliki sekitar 55 kalori, 4,5 gram lemak, 0,5 gram karbohidrat, kurang dari 1 gram gula, 185 miligram kolesterol, dan 2,7 gram protein. Dari sudut pandang penurunan berat badan, putih telur lebih unggul daripada kuning telur karena kurang padat energi. The Centers for Disease Control and Prevention menjelaskan bahwa makanan yang memiliki kepadatan energi rendah sering kali memiliki kadar air yang tinggi dan kandungan kalori yang rendah.

Putih Telur Untuk Menurunkan Berat Badan

Diet tinggi protein dan rendah karbohidrat bisa menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan dalam jangka pendek. Selain putih telur, makanan lain dengan kandungan protein yang tinggi di antaranya daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian dan produk susu rendah lemak atau tanpa lemak.

Bagaimana putih telur secara efektif membantu menurunkan berat badan? Jawabannya ada hubungannya dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Makanan yang memiliki jumlah protein tanpa lemak yang tinggi cenderung lebih memuaskan dan cepat membuat kenyang daripada makanan dengan jumlah karbohidrat atau lemak yang tinggi, sehingga mereka dapat mengurangi rasa lapar dan membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori. Makanan yang tinggi serat, seperti oatmeal, memiliki beberapa sifat yang sama dan juga kondusif untuk menurunkan berat badan.

Manfaat Lain Putih Telur

Selain menurunkan berat badan, rutin mengonsumsi putih telur juga bisa memberikan manfaat lain bagi kesehatan, di antaranya:

  • Asupan untuk pertumbuhan otot

Putih telur mengandung protein yang tinggi. Protein merupakan komponen yang penting dalam membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh. Bagi orang-orang yang menjalani latihan kekuatan atau olahraga secara rutin, asupan protein dan karbohidrat yang cukup sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot.

  • Berpotensi menurunkan tekanan darah

Khasiat putih telur diduga juga dapat menurunkan tekanan darah. Menurut penelitian, senyawa peptida RVPSL yang ditemukan pada putih telur memiliki efektivitas yang sama dengan obat captopril dalam menurunkan tekanan darah. RVPSL bekerja dengan menghalangi kinerja enzim pengubah angiotensin (angiotensin converting enzyme/ACE). Enzim ini merupakan enzim yang diproduksi oleh tubuh dan mampu meningkatkan tekanan darah. Hanya saja, penelitian ini baru dilakukan sebatas pada tikus dan masih membutuhkan pembuktian lebih lanjut untuk mengetahui potensi yang sama bagi manusia.

  • Membersihkan wajah

Khasiat putih telur juga bisa diterapkan pada tubuh bagian luar, seperti wajah. Putih telur yang dikombinasikan dengan lemon bisa dijadikan masker yang dipercaya efektif mencerahkan dan mengencangkan kulit, serta membuat pori-pori tampak mengecil.

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Related Posts

Blur Calorie Intake Calories 1927500

100 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

SPESIAL.NET – Siapa yang tidak mau memiliki bentuk tubuh yang ideal? Mungkin Anda pun termasuk salah satu orang yang mengidam-idamkannya. Tidak sedikit orang yang mencoba melakukan berbagai…

Active Activity Adult 1308746

Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan. Yoga merupakan olahraga yang kini sedang populer di kalangan masyarakat. Latihan yoga dapat mendukung perkembangan fisik,…

Chopping Board Food Fresh 1323646

Manfaat Lobak Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat Lobak Untuk Menurunkan Berat Badan Lobak adalah sayuran yang bisa ditambahkan ke semua jenis hidangan dan salad. Selain dibudidayakan untuk konsumsi sebagai makanan, lobak juga kerap…

Drink Drinking Female 1458671

6 Manfaat Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – 6 Manfaat Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan. Banyak penelitian mendukung teori bahwa minum air putih cukup dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain…

Beans Close Up Colors 1313643

Kacang Merah, Makanan Kaya Serat dengan Beragam Manfaat

SPESIAL.NET – Kacang Merah, Makanan Kaya Serat dengan Beragam Manfaat. Kacang merah merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan serat, folat, magnesium, fosfor, zinc, dan kalium. Menurut penelitian…

Movie Popcorn Snack 57043

Popcorn, Camilan Enak dengan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

SPESIAL.NET – Popcorn, Camilan Enak dengan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan. Mengemil sebenarnya bukanlah hal yang dilarang saat sedang menjalani proses penurunan berat badan karena justru bisa membuat Anda…