Review Lengkap Dusun Bambu Bandung ! Apa sih Keistimewannya?

Sokis (Sobat Kanal Ini Spesial) , kali ini kita akan membahas tempat wisata hits di Bandung, tepatnya di Kabupeten Bandung Barat. Yapp.. Apalagi kalau bukan Dusun Bambu. Dusun Bambu Cisarua merupakan salah satu tempat wisata di Cisarua KBB yang merupakan tempat rekreasi untuk keluarga yang dikelilingi pemandangan yang indah, asri, dan sangat menyejukkan.

Target didirikannya Dusun Bambu Cisarua KBB adalah untuk menjadi sebuah taman rekreasi sekaligus sarana edukasi seputar budaya tradisional di era kehidupan modern bagi pengunjung.

Oleh sebab itu, Dusun Bambu Cisarua KBB yang telah dibuka masa new normal ini banyak dijadikan opsi oleh keluarga untuk berlibur, khususnya oleh masyarakat dari luar Kota Bandung.

Dusun Bambu menyuguhkan keelokkan alam dan budaya tradisional khas Sunda. Kawasan rekreasi ini sesuai untuk berlibur keluarga. Dusun Bambu didesain atas dasar keprihatinan terhadap sebuah lahan di kawasan Bandung Barat. Ketika itu, Dusun Bambu adalah sebuah lahan yang kurang diperhatikan oleh petani selepas musim panen.

Kemudian keluarlah ide untuk membuat lahan konservasi bambu pada area 15 hektar ini. Konservasi dilaksanakan dengan menanam 100.000 bibit pohon dengan tujuan untuk mengembalikan kawasan hijau di daerah tersebut.
Beragam aktivitas wisata bisa dilakukan di kawasan ini.

Misalnya saja, wisatawan bisa menikmati suasana pedesaan yang syahdu. Selain itu, fasilitas lainnya di kawasan ini terdapat beberapa resto, penginapan, dan wahana lain yang bisa dinikmati pengunjung.

Dusun Bambu dikenal juga sebagai one stop travelling, karena tempat ini memfasilitasi berbagai wahana, penginapan, dan tempat belanja di satu tempat.

Dusun Bambu menyediakan sarana penginapan dengan suasana yang menenangkan. Buat kamu yang ingin menginap bersama keluarga, kamu bisa menyewa villa dengan beberapa opsi tipe yang disediakan.
Kenapa Dusun Bambu cocok buat kamu yang ingin berlibur, Sokis? Alasannya adalah karena banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan di area ini.

Mulai dari aktivitas bermain sampai kegiatan wisata kuliner bisa kamu nikmati di sini.
Tapi, supaya menikmati semua kegiatan di sini, tidak akan cukup kalau Cuma menghabiskan waktu dalam satu hari saja. Apalagi kalau Sokis membawa anak-anak supaya menikmati beragam wahana yang mengandung edukasi seperti di arena Bamboo Playground.

Untuk masuk ke Dusun Bambu, di tahun ini tidak harus membayar tiket masuk alias cukup membayar tiket untuk kendaraan dengan harga Rp. 25.000/mobil dan Rp. 15.000/motor.

Dusun Bambu Resort Bandung

Berlokasi di salah satu lokasi wisata terbaik di dataran tinggi di daerah Bandung Barat Dusun Bambu Bandung adalah hotel favorit banyak wisatan dari penjuru tanah air dan mancanegara. Bagi kamu pencinta masakan sunda, kamu perlu tahu Dusun Bambu juga juaranya kuliner olahan cita rasa Sunda lo guys

Jl. Kolonel Masturi No.KM. 11, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551, Indonesia

Review Tamu
4.5/5

Review dan Kesan Lainnya:

Sokis, setuju ga sih kalau di dunia ini dalam hal apa pun pasti akan selalu ada yang namanya pro kontra? Termasuk tempat wisata satu ini. Supaya adil, kami cantumkan beberapa review baik hingga kurang menyenangkan dari sebagian orang yang telah mengunjungi Dusun Bambu dari Google Review.

Kami cantumkan ini agar nantinya bisa jadi referensi kamu saat hendak mengunjungi tempat ini. Yang harus diingat adalah bahwa pengalaman yang diterima oleh para pendatang pasti berbeda. Jadi kamu harus bijak dalam menanggapi review dari para netizen tersebut.

Dusun Bambu memperoleh rating bintang 4,7/5.

PW ; Kami keluarga dengan anak 2…liburan kali ini sangat berkesan karena tempat menginap sangat unik…tempat dengan suasana alam yg jauh dari keramaian…tempat rekreasi anak juga sangat beragam…cukup ke satu tempat tidak perlu jauh2 ketempat lain…rekreasi alam,tempat bermain anak2 sampai tempat oleh2 di satu tempat…tempat yg mengesankan….

MF ; Kereeenn..liburan sama keluarga di sini ga ngebosenin. Harga memang cukup mahal tapi terbayar dengan pelayanan, makanan, dan fasilitasnya. Nginep di single deck, malamnya bbq sambil ngobrol dengan istri dengan hangatnya api unggun..cakeeeppp Trust me its worthed !!!

Rina Suwarna ; keren, staffnya ramah, fasilitas ok bersih, hanya harganya saja agak mahal hahhahah tapi worth it sih

Untuk review lebih banyak kunjungi link berikut ini

Lobby hotel dan penyambutan:

Lobby

Dari awal kamu masuk area lobby, kamu langsung bisa merasakan nuansa alami dari Dusun Bambu ini. Cukup dengan melihat lobby yang banyak dihiasi oleh ornament kayu, bikin mata kamu nyaman melihat sekeliling disertai dengan udara sejuk yang membuat betah.

Terdengar juga beberapa suara gemericik air dari kolam di sekitar bangunan. Waah asik ya Sokis!

Penyambutan

Sokis, jika kamu hendak menginap di dusun bambu maka kamu akan mendapatkan pelayanan yang oke dari staff di sini. Mulai dari diantar ke lokasi penginapan bahkan sampai staff di sini memberikan tawaran untuk membawakan barang bawaan kamu tanpa diminta loh.

Kondisi kamar hotel, toilet, dan amenities lainnya:

Seperti sempat disinggung sebelumnya, agar bisa memfasilitasi wisatawan yang ingin menginap, pihak Dusun Bambu tentunya sudah menyiapkan fasilitas penginapan dan penginapan di Dusun Bambu ini memakai konsep resort dan memiliki nama Kampung Layung.

Berada di area Dusun Bambu, Kampung Layung tentunya menyuguhkan pemandangan pegunungan yang asri serta ditemani suasana yang tenang dan sejuk.

Layaknya sebuah tempat bermalam, akomodasi ini sudah memiliki fasilitas yang memadai. Di Kampung Layung, Sokis akan menikmati pemandangan sembari duduk bersantai karena di sini menyediakan teras untuk menghabiskan waktu.

Selain itu, ada juga layanan penyewaan sepeda, tempat bermain anak-anak, taman, area parkir yang lega, dan tak lupa yaitu fasilitas untuk pesta BBQ.

Untuk fasilitas di dalam kamar, beberapa kamar sudah dilengkapi dengan ruang makan dan teras, kamar mandi pribadi dengan shower plus water heater, televisi layar datar, serta sandal. Beberapa unit juga memiliki fasilitas dapur yang telah dilengkapi dengan microwave, pokoknya lengkap deh sokis.

Nah, selain kamu bisa menginap di Kampung Layung, buat Sokis yang ingin menginap dengan suasana camping, Dusun Bambu juga menyediakan fasilitas Glamping loh.

Berbeda dengan Kampung Layung, tentunya fasilitas Glamping tidak selengkap yang Kampung Layung punya. Tenda untuk kamu menginap terbagi menjadi dua bagian, bagian pertama tersedia meja kecil yang dilengkapi cemilan, air mineral, dan teko listrik untuk keperluan makan & minum kamu.

Sementara, bagian lainnya adalah tempat untuk beristirahat. Kamu juga mendapatkan fasilitas api unggun dan BBQ di sekitaran tenda. Dan kamu akan mendapatkan fasilitas delivery food dari pihak Dusun Bambu.

Untuk toilet, tentunya tidak tersedia di dalam tenda, tapi lokasinya dekat dengan tenda kok, Sokis.

1. Kampung Layung ( Villa Dusun Bambu )

Masih mengutamakan konsep wisata yang natural, tempat penginapan ini berciri khas nuansa alam dan pedesaaan, dari design bangunan, suasana dan yang lainnya.

Mempunyai model bangunan khas pedesaan yang bangunannya mayoritas memakai bahan dari bambu, dan kawasan vila Dusun Bambu ini dibuat seperti bangunan di suasana alam pedesaan yang sejuk dan tenang.

2. Camping Ground (Glamping Dusun Bambu)

Tempat atau area camping yang letaknya di areal kaki pegunungan ini didesain bernuansa alami. Mengandalkan pemandangan alam pegunungan yang indah dan memberikan kedamaian karena suasananya yang hening, tenang, ditemani sejuknya udara di tempat ini.

Untuk kamu yang ingin camp di tenda yang berkapasitas lebih dari 4 orang, maka bisa memilih opsi Eagle Camping Ground. Ini bangunan dengan bentuk tenda, di mana di dalamnya ada sleeping bag, serta tenda ini memiliki kapasitas untul 6 orang dan fasilitas kamar mandi masing-masing.

Restoran, Makanan, dan Harga:

Di samping semua yang telah disebutkan di atas, terdapat pula beberapa tempat di Dusun Bambu yang bisa Sokis kunjungi untuk kebutuhan mengisi perut. Dan resto yang tersedia di sini mempunyai karakteristik yang berbeda. Berikut listnya:

1. Resto Purbasari

dusun bambu
Foto: Instagram @anttaliem

Resto Purbasari adalah salah satu tempat yang paling dikenal dari Dusun Bambu. Konsepnya resto ini adalah saung-saung kayu yang mengelilingi danau kecil. Di setiap saung juga ada dermaga kecil.

Bentuknya yang merupakan pondok kayu dengan jarak cukup jauh menjadikan privasi kamu menjadi lebih terjaga.

Sambil menunggu makanan atau setelah kamu makan, kamu bisa sewa perahu yang bisa kamu pakai untuk mengelilingi danau. Seru ya, sembari foto, kamu bisa ambil banyak foto dengan background yang indah. Atau, kamu bisa beli makanan ikan untuk nantinya memberi makan ikan-ikan yang ada di danau.

Menu makanan di resto Purbasari adalah makanan Sunda dan Seafood dengan range harga Rp. 50.000 s.d Rp. 200.000 dengan minimal pemesanan 450rb.

2. Resto Burangrang

Foto: Instagram @Dusun_Bambu

Resto Burangrang berbentuk bangunan cafe yang eksotis, letaknya di pinggir danau dan tidak jauh dari resto Purbasari. Dari Resto Burangrang, kamu bisa melihat area danau dari ketinggian.

Jenis makanan yang disediakan resto Burangrang adalah menu makanan Asian dan Western dengan range harga Rp. 50.000 s.d Rp. 100.000/orang.

3. Resto Lembur Urang

Foto: Instagram @Dusun_Bambu

Resto Lembur Urang letaknya ada di area paling atas Dusun Bambu. Resto ini memiliki konsep saung-saung kayu yang berjejer menghadap ke sawah.

Karena letaknya yang di ketinggian, kamu bisa melihat area Dusun Bambu dan sekelilingnya. Di setiap saung, tersedia balkon kecil yang ciamik. Untuk makanan yang tersedia di resto Lembur Urang adalah aneka olahan bebek, dan makanan khas Bali.

Resto Lembur Urang memiliki range harga Rp. 50.000 s.d Rp. 200.000 dengan minimal order Rp. 500.000 untuk 4 orang.

4. Teh Walini, Nusantara Coffee & Galeri Indonesia

Foto: Instagram @Dusun_Bambu

Tempat ini dulunya adalah Gedung tempat Pasar Khatulistiwa. Di sini saat ini berubah menjadi lokasi teh Walini, Nusantara Coffee, dan Galeri Flora Indonesia.

Kamu bisa menikmati beragam jenis teh produksi Walini. Atau bisa juga sekedar beristirahat sembari menikmati berbagai kopi yang disediakan. Selain itu, makan ringan dan snack juga tersedia di sini. Tapi memang tidak sebanyak ketika masih berupa Pasar Khatulistiwa dulu.

Berbeda dengan dulu, di dalam gedung sekarang adalah tempat Galeri Flora Indonesia. Di sini tersedia beragam tanaman hias yang khas dan berasal dari bermacam daerah di Indonesia. Harganya pun beragam. Mulai dari di bawah 100 ribu sampai dengan puluhan juta rupiah.

Disclaimer:
Harga makanan dan minuman bervarisi. Bisa berbeda dan berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Kebijaksanaan perubahan harga sepenuhnya tanggung jawab pemilik tempat makan dan Spesialnet tidak bisa mengikuti perubahan harga tersebut dari waktu ke waktu. Untuk mengupdate harga terbaru sebaiknya menghubungi langsung penyedia jasa tempat makan.

Wahana Dusun Bambu Lembang

Sokis, sembari menginap, kamu dan orang terdekatmu bisa menikmati berbagai wahana yang telah disiapkan Dusun Bambu. Ada beberapa wahana yang bisa dinikmati oleh siapa pun tanpa dibatas oleh usia. Berikut di antaranya:

1. Kampung Ulin

Menyuguhkan sensasi wisata adventure atau petualangan kamu bersama keluarga karena menyediakan beragam permainan yang menyenangkan dan kegiatan positif yang edukatif.

Di Kampung Ulin, kamu bisa memberi makan kelinci, memetik buah strawberry, atau bermain paintball, latihan melempar pisau, berkeliling naik ATV, Flying Hammock, serta masih banyak yang lainnya.

2. Taman Arimbi

Taman Arimbi merupakan kawasan taman yang mengelilingi dusun bambu, dan tanaman ini tersusun dengan sangat rapi dengan aliran sungai kecil ditengahnya. Instagramable banget ya Sokis.

Kita bisa berjalan – jalan menikmati taman, mengajak anak – anak bermain air atau bahkan mencari spot di bermacam spot indah yang dimiliki taman ini.

Untuk kamu yang gemar jalan-jalan atau Jogging, kawasan taman ini menyuguhkan lokasi terbaik dan sehat tentunya, karena area ini memiliki lahan yang cukup luas dan memiliki pemandangan pegunungan yang sangat indah sebagai jaminan kamu menghirup udara yang fresh, sejuk, dan menyehatkan.

Alamat Dusun Bambu Bandung:

Alamat Dusun Bambu Lembang :  Jl. Kolonel Masturi KM. 11 Kartawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat 40551.

Tarif Sewa Kamar Di Dusun Bambu:

Kampung Layung (Villa Dusun Bambu)

Tipe Harga
Suite Deck IDR 1.181.000
Rumah Village IDR 1.753.000
Residence Family IDR 2.647.000

Glamping Dusun Bambu

Glamping Dusun Bambu berharga sekitar 1,4 juta sampai 2,5 juta. Ini bisa jadi alternatif pilihan kamu bersama keluarga, teman atau orang terdekat laiinya untuk liburan. Catatan: Harga sewaktu – waktu bisa berubah.

Tempat-tempat wisata seru di sekitar Dusun Bambu

1. Lembang Zoo

Dengan jarak kurang dari 5km dari lokasi Dusun Bambu, Sokis dan keluarga bisa menghabiskan waktu untuk melihat beragam satwa di Lembang Zoo. Di mana Lembang Zoo adalah kebun binatang yang memiliki konsep modern zoo.

Jika kondisi jalanan lancar, kamu hanya butuh 20 menit untuk sampai ke sini selepas atau sebelum berkunjung ke Dusun Bambu.

2. Curug Pelangi Cimahi

Curug ini berlokasi kurang dari 2km dari lokasi Dusun Bambu. Curug ini menyuguhkan pemandangan yang cantik dan suasana yang asri ditemani suhu yang cukup dingin. Kamu bisa menikmati suasana curug sambil memberi makan monyet liar yang berada di sekitaran curug.

Kamu hanya butuh sekitar 7 menit dari Dusun Bambu untuk bermain di curug ini.

3. The Great Asia Africa

Buat Sokis yang ingin merasakan liburan tanpa harus pergi ke luar negeri, kamu bisa mengunjungi The Great Asia Afrika. Di sini kamu bisa menjelajahi 10 negara hanya dalam 1 lokasi. Kamu akan mendapatkan pengalaman berkeliling desa tradisional Jepang, kota pink di India, serta tempat-tempat indah lainnya yang tak terlupakan.

Lokasinya sekitar 10km dari Dusun Bambu dan dapat ditempuh dengan waktu 30 menit saja jika kondisi jalanan sedang lancar.

Selain daftar di atas, ada juga beberapa tempat wisata terdekat lain yang bisa Sokis kunjungi, berikut daftarnya:

Tempat Wisata Jarak Dari Dusun Bambu (Kilometer)
 Dago Dreampark 15,4
 Jendela Alam 6,3
 Hobbiton Lembang 10,5
 Orchid Forest Cikole 19
 Curug Tilu Leuwi Opat 2,6
 The Great Asia Africa 10,5
 Amazing Artgames 11,5
 Stone Garden Citatah 22,4
 Rabit Town 17
 Curug Maribaya 21,9

Tempat Makanan atau restoran  dan tempat jualan oleh-oleh di sekitar Dusun Bambu

Nama Jarak Dari Dusun Bambu (Km)
 The Peak Resort Dining  12, 2
 Burangrang Dapur Indonesia < 1
 Purbasari Makan Di Tepi Danau  < 1
 Equator Stable & Resto 2,1
 Dapoer Kayoe 3

Cara mendapat tiket menginap murah di Dusun Bambu

Berikut adalah komparasi perbandigan harga sewa harga hotel menggunakan 3 aplikasi hotel yg umum di media Sosial dan media publikasi lainnya di Indonesia:

Tanggal Traveloka Tiket.com Hotelscombined.com
11 Aug 2022 3.400.000 3.132.000 2.052.257
12 Aug 2022 3.060.000 3.060.196 2.052.257
13 Aug 2022 3.400.000 3.131.367 2.052.257
14 Aug 2022 3.400.000 3.060.196 2.052.257
15 Aug 2022 N/A 3.131.367 2.052.257
16 Aug 2022 3.400.000 3.060.000 2.052.257
17 Aug 2022 3.400.000 3.131.367 2.052.257
Cek harga terbaru Update Harga Terbaru Update Harga Terbaru Update Harga Terbaru

Tabel harga diatas dilakukan mulai tanggal 11 Agustus 2022 sampai 17 Agustus 2022 menggunakan aplikasi web yg disediakan oleh masing-masing penyedia. Harga diatas bisa berubah atau berbeda sewaktu-waktu sesuai kebijakan masing-masing penyedia aplikasi yg bersangkutan

Cek harga sewa melalui Tiket.com

Kenapa Pilih Tiket.com?

Kemungkinan kamu sudah sering mendengar iklan Tiket.com di Youtube dan sosial media lainnya. Dengan berbagai tawaran diskon dan promo menarik lainnya sudah banyak yg menggunakan layanan Tiket.com untuk mendapatkan pengalaman terbaik selama masa liburan mereka tanpa harus merasa terlalu berhemat. Tunggu apa lagi, hari ini mungkin giliran kamu mendapatkan kesempatan berlibur hemat ala Tiket.com. Cek situsnya sekarang!

Cek harga di hotelscombined

Apa itu Hotelscombined?

Cukup satu aplikasi bagi kamu untuk bisa menemukan harga sewa hotel terhemat yg bisa kamu gunakan untuk menyempurnakan moment-moment healingmu. Dalam satu aplikasi kamu bisa menemukan harga terbaik yg bisa ditawarkan Trip.com, Expedia, Pesan hotel, Prestigia, Agoda, Hotels.com, termasuk Booking.com. Kunjungi Hotelscombined sekarang!


Review Lebih Lanjut:

Video: youtube.com/watch?v=IjS5GsTPLCo
Tayang : Jan 29, 2022
Info tambahan yg bisa berubah sewaktu-waktu
Update Harga Permainan di Dusun Bambu :
- Playground IDR 50.000/orang (blm termasuk pendamping ya)
- Sampan IDR 20.000
- E-scooter IDR 20.000
- Sepeda Bambu IDR 30.000
- EZ-GO IDR 130.000
- Paket dokumentasi photo IDR 50.000 (10 soft file)
- Paket dokumentasi Video Drone IDR 150.000 (1 menit termasuk editing)

Aktifitas gratis bagi tamu menginap (saat video di buat) :
-Free tiket sampan 2 untuk orang
-Free tiket playground 2 anak dibawah 12 tahun
*(Sepeda tidak free)

Buka setiap hari 10.00-20.00
Jangan lupa juga follow IG, FB dan Tiktok Bocan supaya dapet update duluan :
IG : https://www.instagram.com/bobocantikdotcom/
Tiktok : @bobocantikdotcom
FB : https://www.facebook.com/boboocantik
Music by : YT Donkgedank

Thumbnail: Nativeindonesia

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Related Posts

Exterior THE GAIA Bandung

Review Lengkap The Gaia Hotel Bandung, Apa Sih Spesialnya?

Bandung emang gak pernah salah untuk dijadikan tempat wisata. Kenapa bisa? Soalnya kota ini adalah kota metropolitan terbesar di Jawa Barat yang mempunyai tempat-tempat istimewa yang keren…

Kompasianacom

Menikmati Rujak Cingur Harga Bintang Lima dengan Rasa Bintang Lima di Rujak Cingur Ahmad Jais Surabaya

Spesial.net – Rujak cingur merupakan salah satu kuliner yang sering dicari ketika berkunjung ke Surabaya. Keunikannya adalah menggunakan bahan daging hidung sapi atau kerbau (cingur) di dalam…