Travelokacom
traveloka.com

Dengan aplikasi Hotelcombined kamu bisa mendapatkan informasi hotel dan tempat peristirahatan yang paling murah. Mulai dari hotel-hotel lokal dan Hotel luar negri kamu bisa mendapatkan informasi berharga yg bisa menghemat pengeluaran healing kamu dan termasuk anggota keluarga kamu. Satu hal. Jika kamu belum mendapatkan tiket pesawat kamu bisa menggunakan aplikasi yg sama untuk mendapatkan harga yg paling murah


 

Sensasi Makan Kuliner Khas Surabaya Nasi Empal Pengampon Yang Menggugah Selera

X
Share

Spesial.net – Indonesia memang kaya akan keberagaman budaya termasuk kuliner khas daerah masing-masing. Kota Surabaya juga merupakan salah satu daerah di Indonesia yang masih melestarikan kuliner daerahnya. Dari sekian kuliner rakyat kota Surabaya, ada kuliner yang cukup tersohor yaitu Nasi Empal Pengampon.

Lokasi Nasi Empal Pengampon Surabaya memang bukan di pinggir jalan besar. Sebaliknya, tempat makan enak ini terletak di sebuah gang kecil. Untuk menuju ke sana, wisatawan pun tidak bisa menggunakan kendaraan. Karena gang tersebut tidak berukuran besar, para wisatawan terpaksa harus berjalan kaki. Kurang lebih sekitar 50 meter, warung sederhana akan bisa dijumpai.

Menu apa saja yang dijual di sini? Depot ini sudah dibuka cukup lama dan mempunyai 2 menu andalan. Yang pertama yaitu:

1.Bubur ayam. Bubur ini memiliki porsi yang cukup besar, dan waktu disajikan kita akan diberi beberapa mangkuk melamin berukuran kecil yang biasanya dipakai untuk kuah pangsit mie beserta sendoknya. Bubur ini memiliki 4 macam pilihan yaitu menggunakan ayam, babi, ikan, dan bubur Hongkong. Bubur ini disajikan panas-panas. Selain itu bubur ini dilengkapi dengan potongan cakue, bawang goreng, tung jay. Dan jika anda ingin lebih asin/pedas, di meja juga sudah disediakan kecap asin, sambal. Silahkan anda mengolahnya sendiri sesuai dengan selera anda.

2.Nasi empal Pengampon begitulah nama menu kedua ini dikenal orang. Jika digambarkan, nasi empal ini terdiri dari sepiring nasi putih yang dilengkapi dengan daging empal yang sudah disuwir kecil-kecil, sayuran wortel, kubis, dan kacang panjang yang dipotong kecil-kecil, kering kentang tempe, irisan timun segar beserta sambalnya. Nah sambal inilah yang terkenal. Rasanya pedas dan enak sekali cocok jika dinikmati bersama dengan nasi empal.

Kedua menu ini adalah menu andalan mereka, tetapi selain itu depot ini juga menyediakan menu Chinese Food, seperti: Aneka mie seperti mie ayam, mie baikut, mie babat; sahohun; bakwan campur; siomay goreng/kuah; babat kuah. (surabayarek.com)

Sebagai catatan, makanan yang ditawarkan di sini beragam. Termasuk di antaranya adalah menu dengan babi dan tanpa babi. Bagi traveler muslim, hal ini tentu menjadi hal yang memberatkan. Mengingat, peralatan masak yang dipakai selama aktivitas memasak kemungkinan besar bersinggungan dengan bahan-bahan yang tak halal. (reresepan.com)

Nah, teruntuk anda yang ingin mencoba nasi empal ini, tetapi masih khawatir dengan kehalalannya, maka penulis akan membagikan resep nasi empal ala Pengampon. (cookpad.com)

Bahan-bahan

  • 500 grdaging sapi tanpa lemak (yg bagus)
  • 1 btgserai, geprek & 5 lbr daun jeruk

Bumbu halus :

  • 5 siungbawang putih
  • 7 siungbawang merah
  • 1 sdtketumbar sangrai
  • 1/4 sdtjintan sangrai
  • 3 cmkunyit
  • 2 sdmgula pasir (sesuai selera)
  • secukupnyagaram

 

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Rebus daging dgn 1 liter air sampe empuk, saya presto kurleb 15 menitan. Sblm daging di masukkan, tunggu sampe mendidih dulu.
  2. Tiriskan daging lalu potong2 searah serat kurleb 5 cm.
  3. Gepuk2 daging lalu suwir2 dgn garpu.
  4. Tumis bumbu, serai dan daun jeruk sampe harum, tambahkan air kaldu daging (air utk merebus daging tadi) masukkan daging…masak sampe bumbu meresap…test rasa ya, manis gurih.
  5. Setelah air susut, tambahkan sedikit minyak, aduk rata dan sat. Nasi Empal Pengampon itu tdk terlalu kering/garing tapi juga tdk basah shg warnanya msh agak putih kekuningan…tapi bumbunya meresap.
  6. Siap di hidangkan dgn nasi hangat dan pelengkapnya.

 

 

==

Beberapa info menarik tentang Surabaya

banner 728x90

DCA (Dollar-Cost Averaging) is one of the simplest trading strategies: According to the data, 90% of traders will get better returns if they use DCA instead of manually investing their funds. DCA is a strategy that allows the investor to buy the same dollar amount of investment at regular intervals. The purchases occur regularly at specified timeframes, regardless of the asset’s price at that moment.