Serba Serbi Diet Ketogenic yang Perlu Anda Ketahui

SPESIAL.NET – Serba Serbi Diet Ketogenic yang Perlu Anda Ketahui. Diet ketogenic atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan diet keto adalah diet yang dilakukan dengan cara menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Diet keto disebut dapat menurunkan badan dengan cepat dan efektif. Diet keto dapat dibilang cukup kontroversial, karena bila tidak dilakukan secara tepat, bisa saja membahayakan kesehatan Anda.

Bagi Anda yang ingin mencoba menerapkan diet keto untuk menurunkan berat badan, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu secara mendetail. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai diet keto.

  1. Apa itu diet keto?

Diet keto adalah diet yang dilakukan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan memperbanyak konsumsi lemak. Dalam kondisi tersebut, hati akan mengubah lemak menjadi keton, sumber energi utama untuk tubuh Anda.

Meski masih banyak pro kontra terhadap diet ini, beberapa studi menunjukkan diet keto tergolong aman dan juga efektif untuk dilakukan, terutama oleh penderita kelebihan berat badan atau obesitas, selama hanya dilakukan untuk batas waktu tertentu dan di bawah pantauan dokter. Namun, ada 3 kelompok yang butuh pertimbangan khusus, yaitu:

  • Orang yang menderita diabetes dan membutuhkan insulin
  • Orang yang mengalami tekanan darah tinggi
  • Orang yang sedang hamil dan menyusui
  1. Apa yang harus dimakan saat menjalani diet keto?

Makanan kaya lemak yang dianjurkan dikonsumsi dalam diet keto yaitu:

  • Telur, terutama yang mengandung omega 3.
  • Daging, ayam, kalkun, sosis, steak dan produk daging lain.
  • Ikan tuna, salmon, makarel.
  • Krim, mentega dan keju.
  • Sayur hijau, tomat, bawang, cabai dan sayur lain yang rendah karbohidrat.
  • Kacang dan biji-bijian, seperti almond, wijen, chia dan biji labu.
  • Alpukat, baik dikonsumsi langsung maupun dalam bentuk masakan.
  • Minyak zaitun, minyak alpukat atau minyak kelapa.
  • Garam, merica dan berbagai rempah alami.

Sementara itu, jenis karbohidrat yang dihindari termasuk:

  • Nasi, pasta, sereal dan produk gandum.
  • Umbi-umbian, seperti ubi, kentang, wortel.
  • Makanan atau minuman manis, seperti permen, es krim, cake, jus buah dan soda.
  • Lemak tidak sehat dari minyak sayur atau mayonaise.
  • Minuman yang mengandung alkohol.
  1. Manfaat diet keto

Dengan melakukan diet keto, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh selain dari menurunkan berat badan, di antaranya adalah:

  • Mengontrol gula darah bagi penderita diabetes tipe 2

Diet keto dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Ini sangat baik untuk Anda yang memiliki diabetes tipe 2. Asupan karbohidrat dalam jumlah yang rendah dianggap efektif menurunkan kadar gula darah.

  • Meringankan gejala epilepsi

Diet keto dinilai efektif sebagai terapi untuk meringankan gejala epilepsi pada anak-anak. Namun, kini banyak orang dewasa yang juga melakukan diet keto untuk mengurangi gejala epilepsi yang dialaminya.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung

Diet keto yang dijalankan dengan memperbanyak konsumsi lemak sehat kemungkinan mampu mengurangi risiko menderita penyakit jantung. Hal ini diduga karena diet keto menurunkan kadar insulin sehingga produksi kolesterol dalam tubuh juga ikut menurun. Kondisi tersebut akan mengurangi risiko penyakit jantung maupun tekanan darah tinggi.

Selain dari manfaat di atas, diet keto juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi, mengurangi jerawat, mengontrol migrain, dan menghambat perkembangan kanker.

Diet keto dianjurkan untuk dilakukan dalam jangka pendek (mulai dari 2-3 minggu, hingga batas maksimal 6-12 bulan) sebatas untuk mengurangi lemak tubuh dan memperbaiki kesehatan, untuk selanjutnya diikuti dengan pola hidup sehat. Hal tersebut dilakukan demi menghindari risiko gangguan kesehatan yang mungkin terjadi jika diet keto dilakukan dalam jangka waktu panjang.

Pertimbangkan berbagai manfaat dan risiko diet keto sebelum menjalaninya. Bila perlu, konsultasikanlah dengan dokter atau ahli gizi sebelum melakukan diet keto.

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Related Posts

Blur Calorie Intake Calories 1927500

100 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

SPESIAL.NET – Siapa yang tidak mau memiliki bentuk tubuh yang ideal? Mungkin Anda pun termasuk salah satu orang yang mengidam-idamkannya. Tidak sedikit orang yang mencoba melakukan berbagai…

Active Activity Adult 1308746

Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan. Yoga merupakan olahraga yang kini sedang populer di kalangan masyarakat. Latihan yoga dapat mendukung perkembangan fisik,…

Chopping Board Food Fresh 1323646

Manfaat Lobak Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat Lobak Untuk Menurunkan Berat Badan Lobak adalah sayuran yang bisa ditambahkan ke semua jenis hidangan dan salad. Selain dibudidayakan untuk konsumsi sebagai makanan, lobak juga kerap…

Bowl Close Up Cooking 1266004

Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan. Putih telur (telur tanpa kuning telur) cukup populer di kalangan orang-orang yang…

Drink Drinking Female 1458671

6 Manfaat Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – 6 Manfaat Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan. Banyak penelitian mendukung teori bahwa minum air putih cukup dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain…

Beans Close Up Colors 1313643

Kacang Merah, Makanan Kaya Serat dengan Beragam Manfaat

SPESIAL.NET – Kacang Merah, Makanan Kaya Serat dengan Beragam Manfaat. Kacang merah merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan serat, folat, magnesium, fosfor, zinc, dan kalium. Menurut penelitian…