Menu Untuk Sahur
Menu Untuk Sahur

Dengan aplikasi Hotelcombined kamu bisa mendapatkan informasi hotel dan tempat peristirahatan yang paling murah. Mulai dari hotel-hotel lokal dan Hotel luar negri kamu bisa mendapatkan informasi berharga yg bisa menghemat pengeluaran healing kamu dan termasuk anggota keluarga kamu. Satu hal. Jika kamu belum mendapatkan tiket pesawat kamu bisa menggunakan aplikasi yg sama untuk mendapatkan harga yg paling murah


 

Tips Bijak Memilih Menu untuk Sahur

X
Share

SPESIAL.NET – Mempersiapkan menu untuk sahur sebenarnya tak jauh berbeda dengan menu untuk berbuka. Namun jika makanan buka puasa ditujukan untuk menyuplai nutrisi yang dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa, maka makanan sahur terutama agar kita mendapat nutrisi yang tahan lama agar kita kuat dalam menjalankan aktivitas harian meski berpuasa.

Dibandingkan hari biasa, aktivitas selama sebulan berpuasa praktis berubah. Dari frekuensi makan yang biasanya tiga kali menjadi dua kali sehari. Berkurangnya asupan makanan tentunya akan membuat tubuh kurang cukup mendapat asupan nutrisi yang dibutuhkannya. Karena itulah porsi aktivitas fisik pun umumnya berkurang dibandingkan hari biasa.

Ada sebagian yang beranggapan bahwa makan saat sahur harus lebih banyak ketimbang saat berbuka. Karena menurut kabarnya hal itu untuk mencukupi kebutuhan tubuh seharian yang tidak mendapat asupan. Sebaliknya, tak sedikit pula yang seringkali menyepelekan makan sahur dengan menu seadanya.

Menu Untuk Sahur yang Disarankan

Memilih menu untuk sahur yang baik bertujuan agar tubuh mendapat asupan yang sesuai untuk beraktivitas selama seharian. Karena itulah banyak ahli gizi yang menyarankan agar menu makanan untuk sahr harus memenuhi dua unsur penting, yaitu cukup air dan serat.

Menu Untuk Sahur
Menu Untuk Sahur

Berikut ini menu untuk sahur yang sangat disarankan, yaitu meliputi

1. Makanan Sayuran

Sayuran juga merupakan makanan kaya gizi yang perlu ada dalam menu unsur sahur. Selain kaya dengan vitamin, kalsium dan mineral yang dibutuhkan tubuh, sayuran juga banyak mengandung serat yang akan membuat tubuh kuat lebih lama saat berpuasa. Beberapa menu sahur yang bisa disiapkan dari sayuran antara lain, sop ayam, capcay, orak-arik sayur, dan lainnya.

2. Buah—buahan

Selain sayuran, buah-buahan sebaiknya juga masuk menu untu sahur. Selainkandungan nutrisi yang snagat penting untuk tubuh, memilih buah yang kaya serat juga akan membuat kenyang lebih lama. Beberapa jenis buah yang sangat baik untuk sahur antara lain pisang, pepaya, melon, dan lainnya. Menu buah ini bisa dijadikan sebagai menu penutup, seperti dijadikan sop buah, dessert, ataupun dimakan langsung.

3. Makanan Biji-bijian

Bahan makanan dari jenis biji-bijian diketahui sangat kaya serat yang sangat berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan sekaligus membuat kenyang lebih lama. Biji-bijian juga kaya vitaminn B yang akan memberikan energi yang cukup untuk tubuh. Bahan makanan ini antara lain kedelai, kacang tanah, kacang polong, kacang hijau, jagung, dan buncis. Karena itulah Anda bisa menyiapkan menu untuk sahur seperti tumis buncis, sayur bayam jagung, atau sayur asem.

4. Makanan Daging

Daging, seperti daging sapi atau ayam juga sangat dianjurkan masuk dalam daftar menu sahur Anda. Selain untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh untuk menghasilkan energi, daging juga kaya serat. Makanan berdaging tentunya akan membuat kenyang lebih lama dan tubuh juga lebih kuat dalam menjalankan aktivitas harian. Agar menu berdaging juga bisa mengandung air, Anda bisa membuat beberapa menu seperti sop ayam, opor ayam telur, rawon daging, atau tumis sayur daging.

Menu Untuk Sahur yang Sebaiknya Dihindari

Selain menu yang sangat disarankan di atas, ada juga makanan yang ebaiknya justru dihindari sebagai menu untuk sahur. Berikut ini menu makanan sahur yang sebaiknya dihindari.

1. Makanan Asin dan Amat Pedas

Makanan yang terlalu asin ataupun terlalu pedas saat sahur sebaiknya memang dihindari. Selain akan membuat Anda akan lebih terasa rasa hausnya, juga tidak baik untuk tubuh. Karena itu sebaiknya makanan ini dihindari saat sahur.

2. Makanan Terlalu Manis

Selain makanan yang terlalu asin dan pedas, makanan yang terlalu manis dengan banyak gula juga sebaiknya dihindari untuk menu sahur. Makanan manis dengan banyak gula umumnya tinggi kalori tapi rendah nutrisi, sehingga akan membuat Anda akan merasa sering haus.

Demikianlah beberapa tips bijak memilih menu untuk sahur yang semoga bermanfaat untuk Anda.

banner 728x90

DCA (Dollar-Cost Averaging) is one of the simplest trading strategies: According to the data, 90% of traders will get better returns if they use DCA instead of manually investing their funds. DCA is a strategy that allows the investor to buy the same dollar amount of investment at regular intervals. The purchases occur regularly at specified timeframes, regardless of the asset’s price at that moment.