Tips Menjalankan Diet Sehat di Tahun yang Baru

SPESIAL.NET – Tips Menjalankan Diet Sehat di Tahun yang Baru. Apa pun resolusi tahun baru Anda, menjalani pola makan yang sehat dan seimbang akan memberikan banyak manfaat mulai dari 2019 hingga seterusnya. Apa yang kita makan dan minum dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, serta seberapa besar kemungkinan kita akan mengalami masalah kesehatan di kemudian hari, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Jika Anda berencana menjalankan pola makan yang sehat, Anda bisa mencobanya perlahan dengan melakukan beberapa tips di bawah ini.

  1. Makanlah beragam jenis makanan

Tubuh kita sangat kompleks, dan (kecuali ASI untuk bayi) tidak ada makanan tunggal yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh bekerja sebaik mungkin. Karena itu, menu diet Anda harus mencakup beragam makanan segar dan bergizi agar Anda tetap kuat. Beberapa tips untuk memastikan diet yang Anda lakukan seimbang di antaranya sebagai berikut.

  • Dalam menu diet harian Anda, harus terdapat campuran makanan pokok seperti gandum, beras, dan kentang, kacang-kacangan, banyak buah dan sayuran segar, juga makanan dari sumber hewani, misalnya daging, ikan, telur, dan susu.
  • Pilih makanan yang terbuat dari gandum utuh, seperti oat atau beras. Makanan tersebut kaya akan serat dan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.
  • Untuk makanan ringan, anda dapat mengonsumsi salad, kacang-kacangan tanpa garam, atau buah segar. Hindari makanan yang tinggi gula, lemak, atau garam.
  1. Kurangi konsumsi garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat meningkatkan tekanan darah, yang merupakan faktor utama timbulnya penyakit jantung dan stroke. Beberapa tips untuk mengurangi asupan garam Anda adalah sebagai berikut.

  • Saat memasak dan menyiapkan makanan, gunakan garam secukupnya dan kurangi penggunaan saus dan bumbu yang terlalu asin.
  • Hindari camilan yang mengandung banyak garam, dan cobalah dan pilih camilan sehat yang segar daripada makanan olahan. Anda bisa memilih buah atau sayur sebagai camilan yang sehat.
  1. Kurangi konsumsi lemak dan minyak tertentu

Kita semua membutuhkan lemak dalam makanan kita, tetapi makan terlalu banyak lemak dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan stroke. Lemak trans yang diproduksi secara industri adalah yang paling berbahaya bagi kesehatan. Diet tinggi lemak semacam ini telah ditemukan meningkatkan risiko penyakit jantung hingga hampir 30%. Beberapa tips untuk mengurangi konsumsi lemak di antaranya adalah.

  • Ganti mentega dengan minyak yang lebih sehat seperti minyak kedelai, minyak kanola, atau minyak bunga matahari.
  • Batasi konsumsi daging olahan. Pilih daging putih seperti daging unggas dan ikan yang umumnya lebih rendah lemak daripada daging merah.
  • Cobalah mengukus atau merebus, bukan menggoreng makanan.
  • Periksa label dan hindari makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan yang digoreng yang mengandung lemak trans yang diproduksi oleh industri.
  1. Batasi asupan gula

Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan menyebabkan masalah kesehatan kronis yang serius. Seperti halnya garam, penting untuk melihat jumlah gula yang ada dalam makanan dan minuman olahan. Batasi asupan makanan manis seperti permen, kue, es krim, dan juga minuman manis seperti minuman bersoda, minuman jus, minuman berenergi, teh dan kopi siap minum, atau minuman susu yang memiliki rasa. Sebagai gantinya, perbanyaklah meminum air mineral. Jika Anda kurang menyukai air mineral, Anda dapat menambahkan lemon agar rasanya lebih segar.

Pola hidup sehat harus dimulai dari sekarang. Selain dapat menurunkan berat badan, manfaat lainnya pun dapat Anda rasakan dalam jangka panjang. Cobalah untuk melakukan pola hidup sehat secara bertahap dan rasakan manfaatnya bagi tubuh Anda.

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Related Posts

Blur Calorie Intake Calories 1927500

100 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

SPESIAL.NET – Siapa yang tidak mau memiliki bentuk tubuh yang ideal? Mungkin Anda pun termasuk salah satu orang yang mengidam-idamkannya. Tidak sedikit orang yang mencoba melakukan berbagai…

Active Activity Adult 1308746

Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan. Yoga merupakan olahraga yang kini sedang populer di kalangan masyarakat. Latihan yoga dapat mendukung perkembangan fisik,…

Bowl Close Up Cooking 1266004

Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – Putih Telur dan Beragam Manfaatnya Untuk Kesehatan: Mencerahkan Wajah Hingga Menurunkan Berat Badan. Putih telur (telur tanpa kuning telur) cukup populer di kalangan orang-orang yang…

Chopping Board Food Fresh 1323646

Manfaat Lobak Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat Lobak Untuk Menurunkan Berat Badan Lobak adalah sayuran yang bisa ditambahkan ke semua jenis hidangan dan salad. Selain dibudidayakan untuk konsumsi sebagai makanan, lobak juga kerap…

Drink Drinking Female 1458671

6 Manfaat Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan

SPESIAL.NET – 6 Manfaat Minum Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan. Banyak penelitian mendukung teori bahwa minum air putih cukup dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain…

Beans Close Up Colors 1313643

Kacang Merah, Makanan Kaya Serat dengan Beragam Manfaat

SPESIAL.NET – Kacang Merah, Makanan Kaya Serat dengan Beragam Manfaat. Kacang merah merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan serat, folat, magnesium, fosfor, zinc, dan kalium. Menurut penelitian…