Tips Menurunkan 1 Kilogram Berat Badan dalam Waktu Seminggu

Siora18 632987 Unsplash

SPESIAL.NET – Tips Menurunkan 1 Kilogram Berat Badan dalam Waktu Seminggu. Apakah Anda merasa kesulitan dalam menurunkan berat badan? Mungkin ada beberapa hal yang terlewat atau keliru dilakukan sehingga menghambat proses penurunan berat badan Anda. Anda dapat menurunkan 0,5-1 kilogram dalam satu minggu jika mempunya motivasi kuat dan rencana makan yang sehat dan benar. Makanan yang kaya akan serat dan protein adalah kunci utama agar Anda merasa kenyang lebih lama sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Konsumsi makanan utuh sambil mengurangi makanan olahan dan gula juga penting untuk dilakukan. Mulailah dengan melakukan tips penurunan berat badan di bawah ini. Hanya dalam waktu empat minggu, tubuh Anda bisa menjadi lebih sehat dan ramping.

  1. Tetapkan kalori harian Anda

Kalori adalah yang Anda butuhkan sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas Anda sehari-hari. Untuk itu, pemenuhan cukup kalori per hari untuk fungsi tubuh sangat diperlukan, walaupun Anda sedang diet. Rata-rata wanita memerlukan asupan sebanyak 2000 kalori per harinya, sedangkan pria rata-rata membutuhkan asupan sebanyak 2500 kalori per hari. Untuk menurunkan berat badan, idealnya Anda hanya perlu mengurangi 500 kalori setiap hari. Sehingga, wanita membutuhkan 1500 kalori dan pria membutuhkan 2000 kalori per hari untuk menurunkan berat badan. Dengan pengurangan 500 kalori per hari, Anda dapat kehilangan 0,5-1 kilogram berat badan Anda per minggu.

  1. Tulis apa saja yang Anda makan

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki buku catatan makanan yang dikonsumsi dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian lain, partisipan yang mencatat makanan yang masuk ke dalam tubuh berhasil menurunkan berat badan dua kali lipat dibanding mereka yang tidak pernah mencatat. Dengan mencatat makanan apa saja yang telah Anda makan, Anda lebih bisa mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Perbanyak konsumsi serat

Memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian seperti oat, barley, dan quinoa dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Hal itu dikarenakan makanan tersebut mengandung serat, yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama dengan lebih sedikit kalori yang masuk ke dalam tubuh. Menurut studi di Journal of Nutrition, dengan meningkatkan konsumsi serat sebanyak 8 gram untuk setiap 1.000 kalori Anda bisa kehilangan sekitar 4 1/2 pound berat badan.

  1. Tambahkan protein dalam makanan dan camilan Anda

Mengonsumsi protein bisa membuat Anda merasa lebih kenyang ketimbang mengonsumsi karbohidrat atau lemak. Memasukkan makanan kaya protein ke dalam menu makanan atau camilan bisa membuat Anda merasa lebih berenergi sepanjang waktu. Cobalah untuk menambahkan daging ayam atau salmon ke dalam salad Anda. Jika Anda sedang menjalankan diet vegetarian, Anda bisa menambahkan tofu atau kacang merah. Anda juga bisa menambahkan protein pada camilan, seperti menambahkan selai kacang pada apel atau menambahkan keju pada buah-buahan.

  1. Nikmati camilan sehat saat diet

Mengonsumsi camilan sehat baik untuk mengatasi rasa lapar di antara jam makan. Namun, Anda harus bijak memilih camilan ketika sedang menjalankan program penurunan berat badan. Jika Anda menginginkan sesuatu yang manis, tidak masalah untuk sesekali mengonsumsinya selama Anda menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Itulah tips-tips yang merupakan kunci penting dalam program penurunan berat badan Anda. Jika Anda konsisten dalam menjalankannya, berat badan Anda bisa turun satu kilogram dalam waktu satu minggu. Selain menjalankan pola makan sehat, jangan lupa juga untuk rutin berolahraga. Anda juga harus memiliki strategi mental yang baik agar diet Anda sukses.

Leave a Comment