Tren Shabby Chic DIY, Hadirkan Pesona di Setiap Sudut Ruangan

Tren Shabby Chic DIY, Hadirkan Pesona di Setiap Sudut Ruangan

Jika Anda salah satu dari mereka yang mengambil bagian dalam pengembangan tren interior, Anda pasti pernah mendengar shabby chic. Ya, Anda biasa melihat pernak-pernik gaya shabby chic yang ditampilkan di berbagai pasar dan toko ritel. Shabby chic adalah gaya desain interior yang menggunakan furnitur berpenampilan usang untuk mendapatkan tampilan yang antik. Penggunaan warna-warna yang lembut, dekorasi vintage dan baru, dan aksen feminin, akan menjadi makin menarik. Ini juga akan membawa Anda ke desa-desa indah di Paris yang nyaman dan menenangkan.
Tren shabby chic sering mengarah pada pola bunga yang lembut dan asimetris. Namun keindahannya semakin mencuat karena aksennya yang bebas. Ketika dilakukan dengan benar, gaya ini akan memberikan tampilan yang sempurna. Berikut adalah 10 dekorasi shabby chic DIY yang akan mengubah setiap sudut ruangan Anda makin terlihat memesona.

10. Tunjukkan Cintamu dengan Shutter

Tunjukkan Cintamu Dengan Shutter
Tunjukkan Cintamu Dengan Shutter

Dekorasi cinta warna merah muda yang lembut ini akan menambah gaya shabby chic yang lebih halus ke dalam rumah Anda. Anda dapat membuatnya dengan menyiapkan shutters yang mudah ditemukan di toko barang bekas atau Anda juga dapat membuatnya sendiri dari papan kayu bekas dan catlah dengan warna pink yang lembut. Lalu buatlah kata LOVE dari kayu yang dicat atau kertas tebal dan tempelkan ke papan. Selanjutnya gunakan paku terkecil untuk menggantung hiasan tersebut. Anda dapat menggantungnya di ruang tamu dekat pintu sehingga para tamu akan dengan mudah melihatnya atau di atas dinding perapian Anda.

9. Tempat Lilin Mewah

Tempat Lilin Mewah
Tempat Lilin Mewah

Ide DIY ini akan mengubah sepasang tempat lilin tua menjadi sesuatu yang indah. Pertama, cat tempat lilin dengan dua lapis cat kapur biru Prancis. Kemudian, ampelaslah dengan ringan untuk membuat tampilan usang yang lebih cantik. Terakhir, tempelkan beberapa perhiasan gemerlap pada kandil dengan lem panas untuk melengkapi tampilan chic lusuh yang glamor. Anda bisa menggunakan anting atau bros tua. Bukankah ini sempurna untuk mempercantik meja nakas atau meja resepsi pernikahan?

8. Tempat Lilin Unik

Tempat Lilin Unik
Tempat Lilin Unik

Makan malam bersama orang yang Anda cintai, tentu membutuhkan suasana yang romantis. Anda dapat mengadirkan desain chic lusuh di ruang makan tersebut dengan membuat tempat lilin DIY ini. Caranya, siapkan papan kayu kecil, sendok tua, cat, amplas, dan paku. Setelah itu, warnai papan kayu putih dan ampelas agar terlihat usang. Pasang sendok ke papan dengan paku dan tempat lilin romantis Anda pun siap untuk menemani makan malam spesial Anda.

7. Spiral yang Elegan

Spiral Yang Elegan
Spiral Yang Elegan

Ruffles adalah salah satu bagian dari dekorasi chic yang lusuh. Jadi, ide DIY ini akan memberikan Anda inspirasi untuk membuat bantal spiral ruffle untuk ruang tamu Anda, kamar tidur atau di setiap sudut rumah Anda. Untuk memulai proses pembuatannya, ambil sepotong kain dengan warna yang Anda suka. Lalu potong kain dengan ukuran yang Anda inginkan, lipat, dan jahitlah dengan rapi. Untuk bagian tepi, gunakan potongan dua kali lebih lebar di banding bagian tengah ruffles Anda. Setelah itu, gabungkan ujung pendek masing-masing strip ke berikutnya untuk membuat satu strip secara berurutan, lalu anyamlah hingga membentuk seperti gambar, dengan menjahit atau merekatkannya dengan lem.

6. Bangku Klasik

Bangku Klasik
Bangku Klasik

Ubahlah bangku biasa menjadi lusuh yang chic seperti ini, untuk pasangan meja rias Anda. Caranya, siapkan selembar kain polos, stiker bertema Paris, cat, amplas dan lem panas. Setelah bahan dan perlengkapan sudah siap, ikutilah langkah-langkah berikut. Pertama, ampelas bangku kayu dan catlah dengan warna putih. Kemudian gunakan staples gun untuk menempelkan penutup kain ke bagian bawah kursi. Jangan lupa untuk memasukkan bantal di bawah kain. Lalu transfer grafik Paris ke atas kain dengan alat khusus. Selanjutnya, buat banyak drop kain mawar dan rekatkan pada bagian tepi kursi menggunakan lem panas. Pastikan ukurannya sama dan terpasang rapi di bangku tersebut.

5. Dandani Laci

Dandani Laci
Dandani Laci

Untuk proyek ini, Anda dapat mendandani laci make-up Anda dengan cara yang mudah. Seperti laci ini yang akan menambahkan nuansa chic lusuh ke kamar tidur Anda. Untuk menerapkan ide ini, mulailah dengan membersihkan dan mengampelas laci. Kemudian cat putih, biru atau pink, apa pun yang Anda suka. Untuk bagian depan laci, letakkan selembar kain renda di atasnya dan semprotkan lukisan, tetapi selotip dulu bagian tepi laci untuk menjaga cat putih tidak tercecer ke lemari Anda. Anda juga bisa mengecat gagang dengan warna perak, jika Anda tertarik untuk memberikan warna lain ke dalam meja rias Anda.

4. Guci Mason Merah Muda

Guci Mason Merah Muda
Guci Mason Merah Muda

Stoples batu ini pasti akan cocok untuk setiap sudut ruangan Anda, baik di ruang tamu, kamar tidur, atau bahkan di meja mini teras Anda. Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan ini adalah stoples bekas, alkohol gosok, cat kerajinan akrilik (Bright Baby Pink & Snow Titanium White), kuas cat, ampelas, sealant coat bening di lapisan matte. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan stoples secara menyeluruh. Bersihkan dengan alkohol, cuci dengan air sabun panas dan keringkan. Lalu, cat stoples dengan dua mantel. Mulai dari atas, lalu balikkan stoples dan cat bagian bawah. Biarkan mengering semalaman. Terakhir, tutup cat dua kali dengan sealer bening. Setelah itu, letakkan beberapa bunga merah muda, jika stoples yang sudah benar-benar kering dengan sempurna.

3. Kap Lampu Shabby Chic

Kap Lampu Shabby Chic
Kap Lampu Shabby Chic

Kap lampu rosette lusuh yang chic ini tentu terlihat sangat menawan. Barang-barang yang Anda perlukan untuk proyek ini adalah lem dan tongkat lem, 3 meter kain merah muda, kap lampu, dan dasar lampu. Untuk membuat roset rip strip, potong kain dengan lebar 2”, putar ujungnya, bentuk mawar dan rekatkan dengan lem panas. Anda dapat membuat berbagai ukuran mawar untuk tampilan artistik. Setelah selesai merangkai semua mawar Anda, mulailah menempelkannya ke kap lampu sesuai pola yang Anda inginkan. Setelah selesai, Anda pun dapat melihat lampu yang kini makin cantik dan siap untuk memperindah ruangan Anda.

2. Furnitur Unik

Furnitur Unik
Furnitur Unik

Salah satu karakteristik dari desain chic lusuh adalah furnitur yang sedikit terkelupas yang terlihat tua dan usang. Menggunakan cuka adalah salah satu teknik untuk menekan furnitur hingga mendapatkan tampilan yang seperti ini. Tapi pertama-tama bersihkan furnitur dengan lap basah dan cat dengan dua mantel. Lalu oleskan cuka pada furnitur. Hasilnya sangat asli dan usang, furnitur pun seolah-olah sudah menua secara alami. Teknik ini berfungsi untuk setiap jenis furnitur seperti bangku, meja, laci, dll.

1. Jendela Meja Kopi

Jendela Meja Kopi
Jendela Meja Kopi

Meja kopi pedesaan ini akan sangat menonjol di ruang tamu Anda. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan jendela kaca, engsel, tarikan laci, alas, papan kayu, sekrup, kurung L, cat, gergaji potong, amplas, dan bor. Setelah itu, ikutilah langkah-langkah berikut. Langkah pertama, buat dasar meja dari jendela sehingga Anda dapat membuat penyimpanan di dalam meja kopi. Gunakan gergaji untuk memotong papan kayu ke ukuran yang sama dengan jendela. Buat bagian dasar penyimpanan untuk meja kopi. Gunakan tanda kurung “L” untuk mengamankan kotak penyimpanan tersebut. Langkah kedua, pasang kaki meja menggunakan bor listrik. Langkah ketiga, tutupi kaca jendela untuk bagian atas meja kopi dengan cat semprot karena Anda tentu tidak ingin semua orang melihat apa yang ada di dalam meja tersebut. Langkah keempat, tempelkan jendela ke atas meja menggunakan engsel vintage. Lalu, pasang tarikan laci antik ke sisi lain jendela. Dan, lihatlah hasilnya!

Itulah 10 ide dekorasi chic lusuh DIY yang dapat membuat sudut rumah Anda menjadi lebih menarik. Selain mudah, Anda pun dapat membuatnya dari berbagai barang bekas yang sudah tersedia di sekitar Anda. Apakah Anda tertarik untuk membuatnya?

Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
Rp594,042,911.98
-0.71%
Ethereum (ETH)
Rp44,469,365.82
-0.59%
Tether (USDT)
Rp14,158.25
-1.30%
Binance Coin (BNB)
Rp6,455,288.27
-3.61%
USD Coin (USDC)
Rp14,220.18
-0.79%
Cardano (ADA)
Rp18,761.21
-1.99%
Solana (SOL)
Rp1,905,336.89
-2.22%
XRP (XRP)
Rp10,567.39
-0.51%
Terra (LUNA)
Rp1,144,004.14
-1.43%
Polkadot (DOT)
Rp338,704.28
-2.27%
spesial.net/stat