Trik Maksimalkan Fungsi di Kamar Tidur Mungil
Trik Maksimalkan Fungsi di Kamar Tidur Mungil
banner large

Trik Maksimalkan Fungsi di Kamar Tidur Mungil

X
Share

Jika Anda sering beristirahat di kamar tidur yang kecil, apa yang Anda rasakan? Kebanyakan dari Anda mungkin sering merasakan bosan dan tidak nyaman. Itu berarti Anda perlu segera memberikan “sentuhan” agar kamar Anda bisa terasa nyaman kembali.
Mendekorasi kamar Anda kembali, tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. Tapi, dengan 10 trik DIY berikut, kamar Anda bisa terlihat lebih menarik dari sebelumnya. Apakah Anda tidak percaya? Cermatilah ide berikut dengan saksama dan temukan ide yang cocok untuk memperbaiki kamar Anda!

10. Pegboard untuk Kepala Ranjang

banner 300x250
Pegboard Untuk Kepala Ranjang
Pegboard Untuk Kepala Ranjang

Pegboards adalah salah satu cara DIY yang mudah dan sangat fleksibel untuk ditempatkan di mana pun. Dan untuk kali ini, Anda bisa menggunakannya sebagai headboard ranjang Anda.
Untuk mendapatkan tampilan ini, Anda perlu menyiapkan pegboards, sebuah pasak, sekrup drywall, pegboards spacer, gantungan pasak, dan beberapa peralatan pendukung lainnya. Kemudian hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah ukur dan tandai ruang yang akan dipasangi pegboard. Setelah itu, pasang jangkar sekrup di dinding dan pegboards spacer yang jelas di antara dinding, sebelum memasang pergboard di tempatnya. Selanjutnya, pasang pergboard dengan hati-hati. Sekarang, hiasi pegboard Anda dengan beberapa gantungan aksesori yang akan mempercantik tampilan ranjang.

9. Kasur Murphy DIY

Kasur Murphy DIY
Kasur Murphy DIY

Ide berikut ini sangat cocok untuk kamar Anda yang ruangannya sangat terbatas. Ya, untuk membuat tempat tidur murphy ini, Anda perlu membuat kotak dari kayu yang sangat kokoh, lalu kencangkan masing-masing bagian dengan paku. Setelah itu, buat bingkai kasur dari kayu yang sama, lalu kencangkan dengan paku. Setelah itu satukan bingkai kasur dan kotak kayu dengan engsel agar murphy bed ini bisa Anda gunakan dengan mudah. Pastikan Anda telah memasang tiap perangkatnya dengan baik dan benar. Selanjutnya, pasang kasur Anda di sana.

8. Ruang Penyimpanan di Bawah Tempat Tidur

Ruang Penyimpanan Di Bawah Tempat Tidur
Ruang Penyimpanan Di Bawah Tempat Tidur

Ide berikut ini akan membuat kamar tidur Anda terlihat lebih bersih. Selain itu, beberapa tempat penyimpanan di bawah tempat tidur juga memungkinkan Anda menjaga barang-barang tetap rapi dan tidak terlihat secara langsung.
Untuk membuat laci tarik di bawah tempat tidur, Anda perlu menyiapkan kayu lapis, gergaji, pistol paku, paku, roda kastor, bor, pengampelas tangan, ampelas, cat, dan lem kayu. Kemudian, kegiatan pertama yang perlu Anda lakukan adalah memotong kayu menggunakan gergaji. Lalu dengan menggunakan pistol paku dan paku, pasang seluruh sisi kotak penyimpanan Anda secara berurutan hingga membentuk kotak yang sesuai dengan keinginan Anda, kemudian ampelas kotak dan catlah dengan warna yang Anda suka. Selanjutnya, keringkan selama 24 jam. Kemudian, pasang roda kastor ke bagian bawah laci dan tambahkan pegangan agar Anda mudah menariknya ke luar. Akhirnya, laci yang ukurannya sesuai dengan bagian bawah ranjang Anda sudah siap digunakan!

7. Kotak Perhiasan dengan Cermin

Kotak Perhiasan Dengan Cermin
Kotak Perhiasan Dengan Cermin

Selain lukisan, cermin juga dapat memberikan efek ruangan di sekitarnya lebih luas. Dengan mengekspos lebar ruangan dari pantulan cahaya, membuat kamar tidur mungil Anda terlihat lebih besar secara visual. Berikut segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk membuat hiasan ini. Pertama, siapkan papan 6” x 3 ½”, cermin panjang penuh, sekrup kayu, lem super, cat, gantungan D-Ring (x2), tangkapan kabinet, engsel kuningan 2 ½” (x4), pengait cangkir, wallpaper lepas, dan alat pemotong. Kedua, buat bingkai cermin dari memotong dua dan empat potongan papan kayu. Selanjutnya, satukan empat potongan papan tersebut hingga membentu bingkai yang sempurna dengan sekrup kayu. Lalu, cat bingkai dengan warna yang cocok dengan dinding kamar Anda. Ketiga, pasang dua gantungan D-ring (opsional). Keempat, buat rak untuk aksesori perhiasan Anda menggunakan kayu yang ukurannya sesuai dengan cermin yang sudah Anda buat sebelumnya, catlah dengan warna yang serasi dengan bingkai cermin, dan pasang pengait untuk menggantung perhiasan Anda. Kelima, setelah rak jadi, satukan cemin dan rak menggunakan engsel. Jangan lupa untuk memasang wallpaper di belakang cermin agar terlihat menarik saat Anda membukanya. Keenam, pasanglah di salah satu dinding kamar Anda.

6. Lentera Kertas Berwarna

Lentera Kertas Berwarna
Lentera Kertas Berwarna

Memiliki cahaya redup di kamar Anda – atau tepatnya di nakas – adalah cara yang bagus untuk mendapatkan tidur yang sempurna serta menciptakan suasana romantis yang lebih keren. Lentera kertas berwarna ini bisa membuat istirahat Anda lebih nyaman. Gunakan lampu lilin LED untuk mendapatkan tampilan yang lebih terang dan aman. Jika Anda tertarik untuk membuatnya, pertama, siapkan kaca (lurus), lampu lilin LED, kertas putih, kertas vellum berwarna, dan alat pemotong. Kedua, potong kertas, lalu lipat model kelopak hingga menjadi hiasan kertas 3D. Setelah itu rekatkan beberapa vellum berwarna sebelum menempelkan kertas. Ketiga, pasang lampu di salah satu sudut kamar dan pasang hiasan yang sudah Anda buat sebelumnya, seperti yang Anda lihat di gambar. Keempat, nyalakan lampu hias ini untuk menemani istirahat malam Anda.

5. Dinding Aksen Ombre

Dinding Aksen Ombre
Dinding Aksen Ombre

Ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk memperindah kamar Anda. Ide ini akan membawa efek visual yang cukup bagus. Anda juga tidak perlu seni dinding atau item dekorasi lainnya. Pertama-tama, tentukan aliran warna dan tata letak dinding yang akan Anda gunakan. Sekarang, bagi dinding menjadi tiga atau lima bagian. Lalu gunakan kuas kecil untuk mengecat dasar dinding dengan warna yang cenderung gelap. Kemudian, gunakan cat warna terang untuk bagian atas dinding. Langkah berikutnya, siapkan tiga baki, tuang tiga warna cat yang berbeda, lalu campur cat menggunakan kuas besar hingga menghasilkan warna yang Anda harapkan. Kemudian catlah dinding tadi dengan cat tersebut dengan hati-hati. Setelah kering, Anda akan melihat degradasi warna yang cantik di dinding tersebut.

4. Tambahkan Kaki ke IKEA Cube

Tambahkan Kaki Ke IKEA Cube
Tambahkan Kaki Ke IKEA Cube

Kamar akan terlihat makin indah, jika Anda menempatkan rak seperti ini. Oleh karena itu, kalau Anda memiliki rak kubus IKEA, ada baiknya Anda menambahkan kaki rak di sana. Ini adalah proyek yang mudah dilakukan. Anda hanya perlu menyiapkan rak kubus dan menandai di mana kaki rak akan dipasang, lalu mengebornya untuk membuat lubang. Setelah itu putar setiap kaki rak dengan benar. Dengan menambahkan kaki ke kubus IKEA, Anda telah mengubahnya menjadi meja nakas yang dapat menampung lampu meja dan sekaligus menjadi tempat penyimpanan tambahan yang praktis.

3. Jadikan Window Shade untuk Mengamankan Ruang Privasi

Jadikan Window Shade Untuk Mengamankan Ruang Privasi
Jadikan Window Shade Untuk Mengamankan Ruang Privasi

Ini adalah cara yang bagus untuk menambahkan lebih banyak privasi untuk kamar tidur Anda. Anda juga tidak perlu menjahit untuk mewujudkan trik ini. Yang Anda butuhkan hanyalah kain 1 meter, lem kain, gunting, pita pengukur, besi, 4 batang penekan (roman shade), 2 batang gorden (nuansa terpotong), bros dekoratif atau anting alip. Selanjutnya, saatnya Anda memanfaatkan kreativitas Anda untuk membuat naungan indah Anda sendiri. Anda dapat menggunakan salah satu dari cara-cara tersebut untuk memulainya.

2. Tingkatkan Kamar Tidur Anda dengan Tanaman

Tingkatkan Kamar Tidur Anda Dengan Tanaman
Tingkatkan Kamar Tidur Anda Dengan Tanaman

Apakah Anda membutuhkan udara segar di dalam kamar? Cobalah untuk mengisi kamar Anda dengan tanaman indoor seperti ini. Berikut beberapa tanaman yang cocok untuk diletakkan di ruang istirahat Anda.

  • English Ivy, merupakan tanaman yang tumbuh merambat dan salah satu pilihan terbaik untuk memerangi polusi udara, juga meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.
  • Lili Paris, merupakan jenis tanaman indoor yang menyerupai rumput. Tanaman ini cocok sekali di gantung di dekat jendela kamar. Lili Paris ini bisa tumbuh dengan lebat dan sangat baik jika berada di tempat dengan cahaya matahari secara tidak langsung.
  • Peace Lily, merupakan pilihan ideal saat Anda memilih tanaman untuk kamar Anda. Bunga ini hanya membutuhkan penyiraman seminggu sekali, bahkan akan tumbuh dengan baik di bawah lampu neon. Selain itu tanaman ini juga berfungsi sebagai penetral dari racun berbahaya.

1. Aksen Dinding dengan Bunga Kertas Raksasa

Aksen Dinding Dengan Bunga Kertas Raksasa
Aksen Dinding Dengan Bunga Kertas Raksasa

Bunga kertas raksasa memang tren sekarang ini. Dekorasi sederhana ini dapat Anda pilih untuk mempercantik dinding karena berbagai alasan. Selain ekonomis, Anda juga dapat membuatnya dengan mudah. Ini juga menjadi proyek yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anggota keluarga Anda yang lain di rumah.
Untuk membuat bunga kertas raksasa ini, Anda memerlukan lem, kertas karton, kawat 18-gauge, gunting kawat, gunting, paku kayu tipis untuk menggulung dan membuat lingkaran 3 inci. Setelah semuanya sudah tersedia, pilih dan tentukan model kelopak bunga yang diinginkan dengan ukuran yang berbeda-beda. Setelah itu aplikasikan ke kertas karton, sesuai dengan model yang sudah Anda buat sebelumnya. Selanjutnya, guntinglah pola tersebutdengan hati-hati. Kemudian, tempelkan secara menumpuk dari kelopak paling besar ke yang terkecil, hingga terbentuk bunga seperti yang Anda harapkan. Jangan lupa untuk menggulung ujung kelopak untuk menghasilkan bunga 3D. Setelah jadi, tempel bunga di dinding kamar menggunakan lem. Dan hasilnya, Anda akan melihat titik fokus yang menakjubkan di kamar Anda.

Berdasarkan 10 ide di atas, Anda sudah mendapatkan gagasan yang cerdas untuk membuat kamar Anda makin bersih dan nyaman. Selain suasana kamar makin baik, istirahat Anda pun dijamin dapat lebih berkualitas. Maka, inilah saatnya yang tepat untuk Anda berkreasi dengan menerapkan trik tersebut guna menciptakan kamar tidur yang seperti Anda impikan.

banner 728x90

DCA (Dollar-Cost Averaging) is one of the simplest trading strategies: According to the data, 90% of traders will get better returns if they use DCA instead of manually investing their funds. DCA is a strategy that allows the investor to buy the same dollar amount of investment at regular intervals. The purchases occur regularly at specified timeframes, regardless of the asset’s price at that moment.