100 Tempat Wisata dan Kuliner Instagramable di Surabaya

Daftar Isi

21. Monumen Kejayaan Maritim Indonesia Jalesveva Jayamahe Surabaya

Monumen Jalasveva Jayamahe Travelingyukcom
Monumen Jalasveva Jayamahe – travelingyuk.com

Monumen Jalesveva Jayamahe ini berlokasi kawasan pelabuhan Tanjung Perak, lebih tepatnya di ujung barat dermaga Madura berhadap langsung dengan jembatan Suramadu. Monumen berwujudkan manusia berseragam angkatan laut memiliki tinggi sekitar 30,6 meter diprakasai oleh Kepala Staf TNI saat itu (tahun 1990), Laksamana TNI Muhammad Arifin dan mulai diresmikan di Hari Armada Nasional tanggal 5 Desember 1996 oleh presiden kala itu, bapak Soeharto. Di balik indahnya monumen tersebut ada seniman handal yang mengerjakannya, yaitu I Nyoman Nuarta. Perlu diketahui, bahan utama pembuatan monumen tersebut bukanlah beton atau tanah liat, tetapi menggunakan tembaga maka dapat diperkirakan biaya pembuatannya mencapai 27 miliar rupiah saat itu. Di bawah Monumen Jalesveva Jayamahe, berdiri sebuah bangunan melingkar yang merupakan museum dimana anda bisa mengetahui lebih banyak tentang TNI Angkatan Laut.

22. Wisata Edukatif Bekenalan dengan Sejarah Kota Surabaya di Museum Surabaya

Ngopibarengid
Museum Surabaya – ngopibareng.id

Bisa dipastikan ketika anda berjalan-jalan di setiap sudut kota Surabaya adalah saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia, tidak terkecuali di jalan Tunjungan. Jalan yang menjadi saksi bisu perobekan bendera Belanda dan juga gemuruh semangat bung Tomo. Dan seiring perjalanan waktu, jalan ini menjadi salah satu jalan yang damai dan digemari wisatawan. Ada satu bangunan peninggalan investor Inggris yang kini telah menjadi museum bernama Museum Surabaya.

Singkat cerita, dahulu Museum Surabaya adalah gedung pusat penjualan tekstil dan pakaian. Seiring berjalan waktu, berubah menjadi toserba terbesar di wilayah Hindia Belanda. Setelah 28 tahun beroperasi sebagai pusat perbelanjaan pada tahun 1998 tutup karena kalah persaingan. Dan pada tahun 2015, gedung ini dialih fungsi menjadi sebuah museum berisi kapsul waktu sejarah Surabaya dari masa ke masa.

23. Masjid Simbol Toleransi Muhammad Cheng Ho Surabaya

Pegipegicom
Masjid Muhammad Cheng Ho – pegipegi.com

Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda tentang isu Cina anti Islam atau Cina Komunis dan sejenisnya di musim politik seperti sekarang. Tetapi, tahukah anda bahwa di masa lampau, Cina justru menjadi salah satu negara yang berjasa menyebarkan Islam di Indonesia yang saat dulu masih didominasi kerajaan Hindu dan Budha. Muhammad Cheng Ho, seorang Laksamana Angkatan Laut yang berasal dari suku Hui Cina adalah sosok yang berjasa menyebarkan agama Islam masa itu. Suku Hui desa He Dai Kunyang memang terkenal dihuni penganut agama Islam.

Laksamana Cheng Ho sudah berulang kali menuju Nusantara untuk membawa misi perdamaian serta melakukan perdagangan, dan karena sikapnya yang baik Cheng Ho diterima baik di setiap kerajaan. Salah satu misi yang terkenal tercatat sejarah adalah Kaisar Cina Yuang Lo mengutus Cheng Ho ke Majapahit dan dari sinilah awal mula penyebaran agama Islam di Indonesia. Berkat jasa dan kesan baik yang diberikan oleh laksamana, dibangunlah sebuah masjid demi menghormati beliau bernama Masjid Cheng Ho yang kini berlokasi di Jalan Gading kota Surabaya.

24. Potret Dunia Fantasi Versi Murah di Taman Hiburan Rakyat Surabaya

Tripadvisorcoid
Taman Hiburan Rakyat Surabaya – tripadvisor.co.id

Banyak orang mungkin tidak mengetahui banyak sekali taman bermain berisi wahana-wahana yang memacu adrenalin ada di penjuru tanah air, salah satunya di kota Surabaya. Ada satu taman bermain legendaris bahkan sudah ada semenjak zaman Hindia Belanda dahulu. Meskipun pada zaman dahulu belum ada wahana ekstrim sejenisnya, tapi taman ini sudah menjadi tempat berkumpul warga lokal untuk mencari hiburan berupa melihat kesenian khas Jawa Timur, singkat cerita kelompok lawak Srimulat sering mengisi disini maka dari itu taman bermain ini dinamakan Taman Hiburan Rakyat.

Seperti disebutkan di judul bahwa taman bermain ini memang ramah kantong masyarakat karena memang bertujuan memancing masyarakat dari berbagai kalangan bisa menikmati dan ikut berbahagia. Lokasi taman bermain ini pun relatif strategis dimana dekat dengan HiTech Mall, tepat di antara Tugu Pahlawan dan Monumen Jenderal Sudirman. Jika anda memiliki rencana mengunjungi tempat ini, pastika untuk datang setelah pukul 10 pagi dan pulang sebelum pukul 10 malam.

25. Menikmati Malam Melihat Air Mancur Pelangi di Taman Mundu Surabaya

Faktaperid
Taman Mundu – faktapers.id

Dari sekian taman kota yang dimiliki kota Surabaya, ada satu taman bernama Taman Mundu yang berlokasi di Jalan Juwet. Secara garis besar tidak ada yang signifikan berbeda dengan taman-taman lainnya di kota Surabaya hanya kesan pertama di setiap taman kota selalu spesial yaitu kebersihannya.

Anda bisa mengunjungi taman ini dari pukul 6 pagi hingga 9 malam. Taman ini memiliki dua kolam berbentuk setengah lingkaran terpisahkan jalan di tengahnya yang memancurkan air mancur dari kedua kolam.

Aktivitas yang sering dilakukan di sini adalah duduk-duduk menikmati gemericik suara air yang menenangkan mengingat kondisi kota besar selalu memusingkan terutama kondisi lalu lintas. Selain itu juga, para warga sering melakukan jogging di taman ini mengingat adanya ruang untuk melakukan itu. Sedikit saran, usahakan jogging pada pukul 6 pagi agar cuaca masih menyegarkan.

26. Annyeong Haseyo! Taman Korea Sekarang Ada di Surabaya

Superkidsindonesiacom
Taman Persahabatan Indonesia Korea Selatan – superkidsindonesia.com

Taman yang dibangun Januari 9 tahun silam ini memiliki nama lengkap Taman Persahabatan Indonesia – Korea Selatan atau orang-orang lebih suka menyingkatnya dengan nama Taman Korea. Pembangunan taman seluas 1.848 meter persegi ini menghabiskan dana sebesar Rp 544,5 juta dirancang langsung oleh pihak Korea Selatan sedangkan pemerintah kota Surabaya hanya menyediakan lahan dan perawatan. Inisiatif pembangunan taman ini tiada lain berkat jasa Bambang DH yang berhasil menjalin kerjasama dengan Lim Tae Sun, yang merupakan ketua Asosiasi Masyarakat Korea Selatan di Surabaya. Desain taman ini terinspirasi dari lambang yin dan yang di bendera Korea Selatan.

27. Menguak Misteri Museum Kesehatan Surabaya

Ulinulincom
Museum Kesehatan – ulinulin.com

Setiap tempat pasti memiliki kisah, setiap tempat  pasti memiliki sejarah tak terkecuali Museum Kesehatan di Surabaya. Anda pasti penasaran bagaimana perkembangan teknologi kesehatan di Indonesia, museum ini akan menjawab semuanya. Museum ini sudah berdiri sejak tahun 1990, tetapi barulah pada tanggal 14 September 2004 diresmikan oleh Dr. Achmad Sujudi selaku Menteri Kesehatan saat itu. Pada awalnya di museum ini berisi bahan-bahan pustaka, majalah, hasil rekaman yang menjadi rujukan penelitian sejarah kesehatan di Indonesia.

Museum yang terkesan angker karena bentuk bangunannya yang tua, menyimpan warisan-warisan budaya Indonesia, khususnya di bidang kesehatan. Bidang kesehatan ini memiliki arti di bidang medis dan non medis. Jika anda pernah mendengar pengobatan alternatif atau berobat kepada dukun, bisa jadi anda bisa menemukannya di sini. Bahkan saking eksklusifnya, barang-barang medis alternatif tersebut diruangkan khusus dan diberi nama ruang santet.

28. Harga Tiket Galeri 3D De Mata Trick Eye Museum Surabaya

Klikalamatcom
Galeri 3d De Mata Trick Eye – klikalamat.com

Galeri De Mata Trick Eye berlokasi di Jalan Adityawarman, tepatnya di dalam gedung Surabaya Town Square lantai 1. Harga tiket masuk sangat murah berkisar 25 ribu rupiah untuk hari Senin hingga Kamis dan untuk Jumat hingga Minggu berkisar 35 ribu rupiah. Jam operasional galeri ini mulai dari pukul 10 pagi hingga 12 dini hari sedangkan khusus hari Sabtu tutup pada pukul 2 dini hari.

De Mata Trick Eye menghadirkan kurang lebih 200 gambar 3D dan memperluas dengan menambah 50 gambar 3D ditambah wahana 4D serta mirror illusion. Beberapa latar gambar yang bisa diambil dan termasuk populer seperti Pegunungan Alpen, kastil di negeri Kincir Angin Belanda, dan beberapa negara lain seperti Korea Selatan, Jepang dan lainnya. Di sini juga disewakan kostum untuk mensinkronkan dengan latar foto.

29. Pusat Grosir Tertua di Surabaya, Kawasan Kembang Jepun

Panduanwisataid
Kembang Jepun – panduanwisata.id

Sejak zaman dahulu, kawasan ini sudah menjadi pusat perdagangan di Surabaya bahkan semenjak zaman kerajaan Sriwijaya. Bukan hanya pribumi bahkan berbagai macam latar belakang kebangsaan juga bertransaksi disini, salah satunya bangsa Tionghoa atau Cina. Pada zaman Belanda, kawasan Kembang Jepun dibagi menjadi dua yaitu kawasan Pecinan di sebelah selatan Kalimas dan sebelah utara Kalimas diisi oleh kawasan Arab dan Melayu.

Dari dahulu memang sudah banyak bangsa Tionghoa mengadu nasib di Surabaya karena kondisi ekonomi mereka disana kurang baik. Dan salah satu usaha adalah membuka toko-toko hingga sebesar sekarang. Maka tidak aneh jika banyak pemukiman keturunan Tionghoa di kota ini terutama di kawasan Pecinan Kembang Jepun. Untuk menandai daerah Pecinan dibangunlah gapura atau gerbang besar seperti kuil di Cina.

30. 20 Rekomendasi Salon Terbaik di Surabaya Yang Akan Membuat Anda Tampil Beda

Spesialnet
Salon Terbaik Surabaya – spesial.net

Berwisata memang salah satu cara memanjakan diri. Berpergian dan melihat hal baru mungkin bisa menjadi relaksasi tersendiri di luar padatnya jadwal kerja. Tetapi, di sela-sela aktivitas wisata pastinya terkadang terasa kulit kepala sering terasa gatal atau rambut terasa lengket. Keramas di salon terbaik bisa menjadi salah satu solusi dibandingkan harus kembali ke hotel. Dan juga jika anda ingin tampil beda sehingga terlihat keren atau cantik di foto saat berwisata, berikut 20 rekomendasi salon terbaik di Surabaya yang akan membuat anda tampil beda.

31. 20 Info Lengkap Mal di Surabaya

Bisniscom
Info Mal Surabaya – bisnis.com

Berbelanja memang sebuah kegiatan yang menyenangkan terutama bagi kamun hawa. Bagaimana tidak? Menurut psikologi, mengeluarkan uang untuk sesuatu yang kita ingin akan meningkatkan mood anda. Tetapi yang menjadi masalah adalah kelengkapan sebuah pusat perbelanjaan sekelas mal menjadi syarat utama agar terus menjaga konsumen tidak pergi kemana-mana. Sebagai kota besar di Surabaya tentunya mal dengan standar kelengkapan seperti ini telah berdiri di setiap sudut kota. Maka dari itu penulis akan merangkum 20 mal terbaik di Surabaya.

32. 7 Fakta Menarik Mengenai Masjid Sunan Ampel

Republikacoid
Masjid Sunan Ampel – republika.co.id

Perjalanan perkembangan Islam di bumi Nusantara ini memang tidak pendek. Bahkan jauh sebelum Islam berjaya, sudah ada berbagai kepercayaan yang berlaku dan berjaya sebelumnya, seperti kepercayaan Animisme, Dinamisme, hingga berdirinya kerajaan Hindu dan Budha. Pada saat penjajahan dimulai pun, agama Kristen baik itu Protestan dan Katolik sudah lebih familiar di Indonesia. Kemudian, apa yang membuat Islam bisa diterima dengan baik di tengah-tengah kepercayaan yang berlaku di Indonesia. Sejarah mencatat, salah satu yang berjasa di Indonesia adalah keberadaan Wali Songo atau Sembilan Wali. Para wali ini diyakini berperan penting atas penyebaran agama Islam di daerah masing-masing, tak terlepas pulau Jawa khususnya Jawa Timur. Satu di antara para wali tersebut adalah Sunan Ampel. Dan hingga sekarang berdiri sebuah masjid yang diberi nama Masjid Ampel atau Masjid Sunan Ampel. Dan untuk lebih mengenal beliau, berikut fakta-fakta mengenai Sunan Ampel dan Masjid Sunan Ampel.

33. Harga Tiket Kenjeran Water Park Surabaya Tahun 2019

Kenjeran Water Park Spesialnet
Kenjeran Water Park – spesial.net

Secara garis besar, taman bermain air ini bisa menjadi alternatif khususnya bagi anda yang ingin berwisata bersama keluarga dengan budget yang terjangkau. Harga tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah di hari kerja dan 25 ribu rupiah di akhir pekan tentunya tidak akan terlalu memberatkan. Belum lagi fasilitas di dalam Kenjeran Waterpark ini tergolong sudah memadai. Sebagai informasi tambahan, ada biaya tambahan seperti biaya masuk kendaraan untuk motor sebesar 10 ribu rupiah dan mobil 20 ribu rupiah (maksimal 2 orang dan tambahan 5 ribu rupiah per orang).

34. 10 Spot Bermain di Sekitaran Taman Skate & BMX Surabaya

Lelungannet
Taman Skate & BMX Surabaya – lelungan.net

Salah satu lagi tempat bersantai yang murah di Surabaya yaitu Taman Skate & BMX. Sesuai dengan namanya, taman ini memang diperuntukan untuk para penggemar olahraga sejenis papan seluncur (skateboard) dan sepeda atraksi (BMX). Disini kamu bisa melihat-lihat bagaimana para pengguna skateboard dan sepeda melakukan atraksi di sekitaran taman. Dan berkat letaknya yang strategis, tempat ini dikelilingi spot-spot menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah 10 spot bermain di sekitaran Taman Skate & BMX Surabaya versi spesial.net.

35. Cerita Rakyat di Balik Patung Suro dan Boyo

Generasimudaidcom
Monumen Suro & Boyo – generasimuda.id.com

Anda pasti tahu mengenai satu ikon ibukota Jawa Timur ini? Yah, monumen suro dan boyo ini memang sangat ikonik yaitu sebuah monumen ikan suro (hiu) dan boyo (buaya) sedang bertarung. Di balik lambang tersebut tersimpan cerita rakyat menarik di belakangnya tapi sebelumnya mari kita bahas satu persatu fakta monumen satu ini.

Pemilihan ikan sura dan buaya pada pembuatan monumen bukan tiada maksud tetapi memiliki arti tersendiri yaitu berjuang. Tidak aneh jika semangat masyarakat Surabaya saat itu tidak luntur ketika harus berhadapan dengan sekutu bersenjata lengkap. Selain itu, jika dipisahkan, sura berarti selamat dan baya artinya bahaya. Jadi, ikon sura dan baya ini melambangkan kisah masa lalu tentang selamatnya daerah ini dari serangan tentara Tar-tar.

36. Taman Gantung: Oase di Tengah-tengah Teriknya Kota Surabaya

Reresepancom
Taman Gantung Surabaya – reresepan.com

Anda mungkin berpikir bahwa membuat sebuah landmark harus memiliki lahan yang luas. Atau untuk membuat sebuah lahan hijau juga harus berada di lahan yang luas. Tetapi, kenyataannya adalah tidak. Di tangan ibu Risma selaku walikota Surabaya semuanya menjadi mungkin. Bediri di antara gedung lahirnya sebuah taman gantung yang menjadi oase di tengah teriknya panas kota Surabaya.

Sebenarnya untuk anda yang pernah pergi ke Amerika Serikat atau Singapura mungkin tidak aneh melihat taman gantung sejenis ini. Taman seperti ini dibangun memang memiliki alasan mengoptimalkan lahan kota yang terbatas tetapi memberikan efek yang optimal.

Tepat pada tanggal 26 Juli 2016, taman yang berlokasi di jalan Tunjungan ini diresmikan. Taman sepanjang 30 meter berisikan tanaman-tanaman hijau dan bertujuan untuk tempat beristirahat masyarakat Surabaya sambil melihat pemandangan kota. Panasnya kota Surabaya akan kalah dengan kesejukan yang diberikan tanaman-tanaman di taman gantung.

37. Mengintip Tempat Kos Bapak Proklamasi di Museum Tjokroaminoto

Garvingoeicom
Museum H.O.S Tjokroaminoto – garvingoei.com

Rumah yang berlokasi di jalan Peneleh yang kini dijadikan museum adalah rumah asli bapak Tjokroaminoto. Semenjak dibangun pada tahun 1987, rumah ini mengalami berbagai macam renovasi tanpa menghilangkan struktur bangunan aslinya. Hanya saja berbagai perabotan rumah diganti menjadi replika karena perabotan asli sebagian besar dibawa ahli waris.

Berbeda dengan museum pada umumnya, Museum Tjokroaminoto memiliki arsitektur sebagaimana layaknya rumah pada umumnya zaman itu. Terlihat dari rumah masih berbahankan kayu, berpagarkan bambu serta ubin dan langit-langit yang sangat mencirikan nuansa sejarah.

Di dalam museum ini terdapat foto-foto, ruang tamu, dan ruang-ruang lainnya. Dan ada hal yang menarik, rumah ini memiliki loteng yang bisa diakses melalui tangga seperti yang sering anda lihat di film-film Hollywood. Loteng ini mungkin menjadi salah satu tempat di rumah ini sebagai tempat diskusi para tokoh bangsa. Dan sedikit bocoran, bapak proklamasi Ir. Soekarno pernah menginap disini dalam artian ‘ngekos’.

38. 11 Spot Wisata Yang Bisa Dinikmati di Pantai Ria Kenjeran

Ksmtourcom
Pantai Ria Kenjeran – ksmtour.com

Pantai merupakan salah satu kekuatan pariwisata di Indonesia, tak terkecuali kota Surabaya. Salah satu pantai yang terkenal di Surabaya adalah pantai Ria Kenjeran. Siapa sangka kalau pantai yang indah ini dulunya adalah pantai yang kumuh. Berkat penanganan yang tepat, pantai ini menjadi lebih baik dan berdiri tempat-tempat wisata lain di sekitar.

Pantai Ria Kenjeran terbagi menjadi dua, yaitu pantai Ria Kenjeran Lama dan pantai Ria Kenjeran Baru. Wisata pantai memang tidak pernah habis mengundang penasaran para wisatawan. Meskipun terlihat sama, tetapi setiap pantai memiliki ciri khas tersendiri.

Harga tiket masuk pantai Ria Kenjeran berkisar 15 ribu rupiah dan parkir berkisar 8 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua sedangkan mobil dikenakan 10 ribu rupiah. Dan tentunya pantai ini dibuka selama 24 jam tergantung kondisi cuaca.

39. 10 Potret ala Urban di Jalan Gula Surabaya

Pegipegicom
Jalan Gula – pegipegi.com

Berburu spot foto tidak melulu harus ke tempat yang mahal seperti mal, atau juga tidak perlu pergi jauh ke pantai maupun gunung. Bahkan tempat seperti apapun bisa dijadikan spot foto bagus terutama jika dijadikan ajang pamer ala urban di media sosial. Salah satu tempat yang tak disangka bisa menarik perhatian adalah jalan Gula di Surabaya. Sebenarnya jalan ini tidak memiliki sesuatu yang luar biasa hingga bisa menarik wisatawan datang, hanya saja jalan kecil ini dihimpit dua gedung tua bertembokan bata seolah sebuah mesin waktu membawa anda kepada kesan tempo dulu.

Meskipun sebuah jalan kecil, jalan Gula relatif bersih. Mungkin karena sering dikunjungi wisatawan sebagai spot foto sehingga sering dibersihkan. Entah sengaja atau tidak, gedung-gedung di sekitar jalan Gula tetap dibiarkan seperti itu. Tembok-tembok gedung yang tak terurus ini justru menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki konsep berbeda. Siapapun yang punya keinginan berfoto disini sangatlah mudah karena tidak dipungut biaya terkecuali parkir. Disini juga anda bisa dipinjamkan sebuah sepeda ontel milik penjaga, maka dari itu lebih baik datang agak siang saat penjaga sudah ada di tempat. Dikarenakan jalan ini adalah jalan aktif, jadi jangan heran dan kesal jika ketika berfoto banyak kendaraan melintas. Anda tinggal mencari sudut tertentu agar foto tetap bagus tanpa harus merasa terganggu oleh kendaraan lewat. Penasaran dengan koleksi foto-foto di jalan Gula, berikut deretan potret ala urban di jalan Gula.

40. Berburu Foto di Gudang Bangkai Gerbong Kereta Api Stasiun Sidotopo Surabaya

Dolandolencom
Gerbong Kereta Sidotopo – dolandolen.com

Stasiun ini adalah stasiun kelas tiga yang berfungsi sebagai lalu lintas kereta barang maka dari itu akses menuju tempat ini tidak umum terutama perizinan. Sebelum mengambil foto disini, dahulukan minta izin kepada petugas. Konon katanya, dahulu sempat terjadi insiden kebakaran akibat api yang menjalar dari rerumputan.  Maka dari itu, sangat dilarang untuk merokok disini demi kebaikan bersama. Berfoto di latar unik seperti barisan bangkai gerbong kereta api tentunya menambah antusias tersendiri bagi seorang fotografer. Dengan sedikit efek, maka kesan historis pun bisa didapatkan.

 Jika kamu belum bisa menemukan informasi yg kamu butuhkan termasuk hotel atau tempat wisata yg bikin kamu penasaran, kamu bisa menggunakan fitur search berkut ini:

Related Posts

3.hotel Kuning Spesial Angadarthotel Spesial.net

Angad Arts Hotel, Hotel yang Menyediakan Kamar Sesuai Emosi Pengunjung

Liburan telah tiba. Ini berarti saatnya untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga sambal menjelajahi petualangan yang mengesankan. Tapi, tunggu dulu! Sebelum memutuskan untuk bepergian, Anda sebaiknya…

Tokyostorynet

Tempat Wisata di Tokyo: Menonton Seni Wayang Orang Khas Jepang, Kabuki

Spesial.net – 歌舞伎 atau Kabuki terdiri atas tiga susunan huruf kanji, yaitu (歌 =ka/uta, berarti nyanyian, musik atau dialog, 舞 = bu/mau, yang berarti tarian dan 伎…

Bonsaiempirecom

Wisata ke Jepang: Belajar Membuat Bonsai, Kaligrafi Jepang dan Replika Makanan

Spesial.net – Ketika anda mendapatkan pengalaman mempelajari budaya lain dengan sepenuh jiwa raga, maka itu akan menjadi pengalaman terbaik yang pernah anda alami. Kelas kursus singkat sangat…

2

Wisata Hiking di Gunung Takao Kota Tokyo

Spesial.net – Jika berbicara gunung di Jepang, tentunya gunung Fuji adalah yang paling terkenal. Tetapi, tentunya ada gunung lain yang dapat anda temui di kota Tokyo khususnya,…

Geihinkangojp

Wisata ke Jepang: Gedung Tamu Kehormatan Akasaka Palace di Tokyo

Spesial.net – Gedung Akasaka Palace berlokasi di distrik Akasaka yang berada di pusat kota. Pada awalnya gedung ini adalah gedung untuk menyambut tamu kehormatan semenjak tahun 1974…

Underwaterroom Dome Via Spesial.net Courtesy Themantaresort.com

6 Daftar Hotel Bawah Laut Menakjubkan di Dunia

Pernahkah Anda merasakan berada pada suatu aquarium raksasa yang dikelilingi oleh pemandangan bawah laut lengkap dengan ikan-ikan yang berenang? Past menarik, bukan? Ini bukan ada di negeri…